Penyebab Dan Solusi Speaker Aktif Bass Yang Kurang Nendang
Customer Care -

Penyebab Dan Solusi Speaker Aktif Bass Yang Kurang Nendang

Penyebab Dan Solusi Speaker Aktif Bass Yang Kurang Nendang
7 July
2020

Mungkin Anda pernah ketika memutar musik namun speaker aktif suara bassnya kurang nendang. Ada berbagai penyebab yang menjadikan speaker aktif bass ini menjadi tak maksimal. Mengenali penyebabnya secara rinci sangat dibutuhkan, terutama untuk Anda yang ingin membeli perangkat audio agar tak salah pilih karena kualitas juga menentukan suaranya. Untuk itu Anda bisa menyimak ulasan mengenai speaker aktif bass kurang nendang berikut.


Penyebab Speaker Aktif Bass Kurang Maksimal dan Kurang Nendang

1. Jenis Kotak Speaker Yang Digunakan

Box speaker juga memiliki pengaruh mengapa suara speaker bass menjadi kurang mantap. Dimensi kotak sendiri akan membuat kualitas suara yang dihasilkan berbeda. Memang ada patokan untuk menentukan dimensi box speaker yang berkualitas. Anda bisa menyesuaikan ukurannya dengan kebutuhan Anda. semakin besar ukuran speakernya maka ukurannya juga harus lebih besar. Begitu juga sebaliknya, kualitas bass akan berkurang jika ukurannya tak sesuai.


2. Memiliki Daya Output Amplifier yang Terlalu Kecil

Jika Anda ingin mendapatkan audio dari speaker bass yang nendang, maka harus mempertimbangkan daya outpun dari amplifiernya. Karena ternyata hal ini bisa menjadi faktor penyebab mengapa kualitas speaker bass menjadi tak maksimal. Semkin besar daya output amplifiernya, maka juga akan menjadikan kualitasnya jauh lebih baik. Sebab, output amplifier akan menjadi penggerak membran di dalam speaker.


Untuk itu jika Anda mengalami speaker aktif bass kurang nendang, mungkin ada masalah pada output amplifiernya. Umumnya daya output yang ideal berkisar di 30 hingga 100 watt, untuk kepentingan di ruangan yang luas dan terbuka. Sementara untuk ruangan yang ak terlalu besar, maka bisa menggunakan yang lebih kecil. daya 10 watt saja sudah bisa digunakan untuk ruangan yang kecil dan tak digunakan di luar ruangan.


3. Desain System Speaker

Yang menjadikan speaker aktif tidak nendang berikutnya adalah desain system speakernya. Penyebab satu ini memang masih belum banyak yang mengetahui, terutama untuk para pemula yang belum begitu memahami. Karena sebetulnya di dalam box speaker memiliki rangkaian atau blok yang dinamakan dengan cross over. Cross over ini memiliki fungsi yang sangat vital. Untuk itu sebaiknya memilih desain system speaker yang tepat dan sesuai.


4. Fullrange atau Woofer

Penyebab speaker aktif bass kurang nendang selanjutnya adalah fullrange atau woofernya. Fungsi fullrange atau woofer ini sebenarnya mirip dengan loudspeaker, yaitu menghasilkjan suara yang nanti bisa didengar manusia. Namun ada banyak jenis yang juga memiliki respon yang berbeda. Jika ingin mendapatkan suara bass terbaik, maka sebaiknya memilih woofer. Karena memang dikhususkan untuk suara rendah semakin mantap jika ada dukungan cross over.


5. Ukuran Membran Speaker Yang Terbatas

Tahukah Anda jika kekuatan amplifier tidak akan maksimal jika driver yang bekerja memiliki ukuran yang terbatas? Untuk itu semuanya harus disesuaikan. Misalnya jika daya output yang digunakan 60 watt tetapi speakernya hanya 3 inchi. Maka hasil audio yang dikeluarkan tidak akan maksimal. Inilah yang menjadi penyebab speaker aktif bass kurang nendang. Lebih baik gunakan driver speaker ukuran 8 inch ke atas atau bahkan double woofer agar lebih mantap.


Masalah audio memang tidak boleh sembarangan, jika Anda menginginkan kualitas suara terbaik maka harus menggunakan perangkat yang baik pula. Ukuran masing masing komponen maupun dayanya juga harus disesuaikan. Karena jika ada satu saja yang ukurannya kurang pas akan memberikan pengaruh pada speaker bass Anda. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk melihat dengan detail sebelum membelinya. Semoga bermanfaat.

Add Comment