Blogs
Bantuan -

All Blogs

Memilih Audio Sound System Berdasarkan Space yang Anda Miliki

Audio sound system merupakan pilihan yang sangat umum bagi orang-orang yang gemar menonton film atau mendengar lagu dengan suara yang menyegarkan telinga. Untuk anda yang sedang berkeinginan untuk membeli sistem audio, salah satu hal yang perlu anda perhatikan adalah mengenai space atau ruangan yang anda miliki. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu anda perhatikan ketika akan membeli sistem audio berdasarkan space yang anda miliki.

 

Ukuran Ruangan Anda

Memilih sistem audio memang bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Apalagi jika anda adalah orang yang memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap seni musik, maka memilih sistem audio tentunya bukan hal yang mudah untuk anda. Anda tentunya tidak ingin salah pilih bukan? Mengingat sistem audio memang bukan benda yang murah? Ketika anda datang ke toko sistem audio atau bertanya pada rekan anda yang lebih profesional mengenai sistem audio mana yang perlu anda beli yang sesuai untuk anda, maka hal pertama yang mungkin akan anda dapatkan adalah mengenai seberapa besar ruangan yang anda miliki. Idealnya, pertanyaan ini tidak digunakan untuk menentukan seberapa besar Audio sound system yang bisa mereka jual pada anda. Melainkan mereka menanyakan pertanyaan ini untuk mendefinisikan efek seperti apa yang akan dimiliki oleh ruangan anda berdasarkan sistem audio yang anda beli. Hal ini akan anda dapatkan jika anda berkonsultasi dengan orang yang benar-benar profesional dalam hal musik ya, bukan SPG dari sebuah brand.

 

Selain mengenai ukuran, anda juga perlu mendefinisikan seberapa terbuka ruangan yang anda miliki. Bisanya ruangan yang kecil dan tertutup dengan dinding pada seluruh sisinya bukan merupakan lingkungan yang tepat untuk sebuah sistem audio yang besar. Alasannya, mereka terlalu memakan banyak tempat dan juga suara yang dihasilkan tidak akan maksimal. Tapi jika anda memiliki ruangan yang besar dan terbuka, speaker yang besar dapat membantu anda untuk mendapatkan suara yang mirip seperti suara panggung, seamless dan juga lebih immersive.

 

Dinding dan Juga Lantai

Permukaan yang halus dan juga keras merupakan salah satu musuh terbesar yang dimiliki oleh Audio sound system. Tidak peduli seberapa baik speaker yang anda miliki, jika di sekelilingnya terdapat banyak sekali permukaan yang halus, maka suara akan memantul dan akan mengubah kualitas suara yang akan anda dengar. Untuk memastikan apakah suara yang anda dengar pada ruangan anda akan sesuai dengan kualitas suara yang anda inginkan, maka anda bisa mencobanya dengan sebuah cara. Cara tersebut adalah dengan berdiri di tengah ruangan dan menepuk kedua tangan anda.

 

Ketika anda berdiri di tengah ruangan dan menepuk kedua tangan anda, dengarkan baik-baik suara yang dihasilkan. Jika suara yang dihasilkan memiliki banyak echo dan juga suara berdering, maka akan lebih bijak untuk dilakukan adalah memindahkan speaker anda ke ruangan lainnya. Tapi jika ruangan lain juga memiliki efek suara yang sama, maka hanya ada 1 cara yang bisa anda lakukan yaitu mengubah pengaturan dari ruangan anda untuk membuat echo menjadi lebih tenang. Cara yang bisa dilakukan untuk menenangkan echo ini bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu memberikan karpet, tanaman atau hal-hal lainnya yang akan membantu memecah suara yang memantul di dinding anda dan lantai anda yang keras dan halus.

 

Dekorasi

Hal lainnya yang perlu anda perhatikan ketika anda akan membeli Audio sound system adalah dekorasi yang dimiliki oleh ruangan anda. Ketika anda akan menggunakan sistem audio untuk ruangan dimana anda dan keluarga sering menghabiskan waktu bersama, maka anda perlu memilih Audio sound system yang memiliki tampilan yang indah. Mengapa? Untuk anda yang tidak begitu mempermasalahkan penampilan mungkin hal semacam ini tidak perlu diperhatikan, tapi jika anda adalah orang yang menyukai tampilan seni yang tinggi, maka anda akan melihat bagaimana penampilan sistem audio yang anda beli tanpa memandang desainnya dapat merusak dekorasi keseluruhan ruangan anda. Oleh karena itu, pastikan anda tidak hanya membeli sistem audio berdasarkan dengan suara yang dihasilkannya saja tapi juga perhatikan mengenai desain Audio sound system yang dimilikinya. 

0 Comment
25 February
2019
Langkah Membeli Speaker Aktif terbaik untuk Rumah Anda

Speaker aktif belakangan ini memang menjadi salah satu topik hangat yang diperbincangkan. Pasalnya jenis ini memiliki banyak sekali keuntungan dibandingkan dengan speaker pasif. Hal ini menyebabkan banyak orang berusaha mencari-cari Speaker aktif terbaik yang cocok untuk digunakan di rumahnya. Bagi anda yang sedang mencari jenis speaker aktif yang terbaik untuk digunakan di rumah anda.

 

Kelebihan dari Speaker Aktif

Sebelum kita masuk ke tips untuk membeli speaker aktif yang terbaik untuk penggunaan dalam rumah, maka terlebih dahulu kita perhatikan apa saja kelebihan yang dimiliki oleh speaker aktif untuk memastikan bahwa anda tidak salah dalam memilih jenis speaker untuk kebutuhan di rumah anda.

 

·         Lebih hemat tempat

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh speaker aktif adalah ia tidak memakan banyak tempat. Seperti yang kita tahu sebuah speaker aktif dilengkapi dengan power ampli sehingga anda tidak lagi membutuhkan power ampli eksternal untuk menggunakannya. Hal ini menyebabkan penggunaan dari speaker aktif ini lebih hemat tempat

 

·         Lebih rapi

Dengan adanya power ampli built in, maka anda tidak perlu repot mencari kabel dan juga menata kabel lebih banyak karena semua settingan kabel antara speaker aktif dengan power ampli sudah di setting di bagian dalamnya.

 

·         Lebih minim pengeluaran

Dengan menggunakan speaker aktif ini, maka yang perlu anda perhatikan hanyalah harga dari speaker ini. Lebih mudah dalam perencanaan dan tentunya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan penyusunan sistem audio dengan speaker pasif.

Ada sangat banyak bukan kelebihan yang dimiliki oleh speaker aktif ini? Jika anda sudah yakin untuk menggunakan speaker aktif ini, maka berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa anda ikuti untuk mendapatkan speaker aktif terbaik di rumah anda.

 

Perhatikan Ukuran Ruangan Anda

Hal pertama yang perlu anda perhatikan ketika akan mencari Speaker aktif terbaik adalah mengenai ukuran ruangan anda. Speaker aktif bisa ditemukan dalam berbagai jenis ukuran. Pada dasarnya setidaknya ada 4 ukuran dari speaker aktif yang bisa anda temukan di pasaran. Jenis speaker aktif ini antara lain bisa ditemukan dalam ukuran 8 inch, 10 inch, 12 inch dan juga 15 inch. Ukuran dari speaker aktif ini akan menentukan seberapa besar suara bass yang bisa dihasilkan. Makin tinggi ukurannya, maka makin rendah nada bass yang bisa diproduksi oleh speaker aktif ini. Untuk anda para penggemar suara dengan debum bass yang kencang tentu akan mencari speaker aktif dengan ukuran yang besar bukan?

 

Tapi jangan terlalu cepat mengambil keputusan. Ukuran speaker aktif yang besar mungkin menjanjikan ukuran bass yang besar. Akan tetapi, ukuran bass yang besar tidak menjamin bahwa suara yang dihasilkan oleh speaker aktif anda nyaman untuk didengarkan. Hal ini kembali lagi dengan ukuran ruangan yang anda miliki. Jika ukuran ruangan anda kecil dan anda menggunakan speaker aktif dengan ukuran yang besar, maka suara yang dihasilkan mungkin tidak akan terdengar nyaman di telinga anda. Jadi pastikan anda memilih speaker aktif dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan ruangan anda.

 

Perhatikan Kekuatan Amplifier

Amplifier merupakan hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika anda akan membeli Speaker aktif terbaik. Power ampli merupakan hal yang menyebabkan speaker aktif menjadi banyak diperbincangkan. Tapi juga perlu diperhatikan. Ketika anda akan membeli speaker aktif, perhatikan power ampli yang dimilikinya. Biasanya power ampli dari speaker aktif di sajikan dalam 2 angka yaitu RMS dan juga Peak. RMS merupakan angka yang mewakili nilai dari nilai power rata-rata yang dihasilkan oleh power ampli dari speaker aktif sedangkan nilai Peak adalah nilai power maksimal yang bisa dihasilkan oleh sebuah speaker aktif. Nilai power ampli ini mempengaruhi kekuatan suara yang dihasilkan oleh Speaker aktif terbaik ini. Makin besar ruangan yang anda miliki, maka makin besar juga nilai power ampli yang mungkin anda butuhkan tapi perhatikan juga sebaliknya. Jika anda menggunakan speaker aktif dengan power ampli yang terlalu besar, maka hal ini bisa menyebabkan speaker aktif menghasilkan suara yang tidak anda inginkan. 

0 Comment
25 February
2019
Cara untuk Memilih Speaker Aktif Terbaik

Untuk memilih Speaker aktif terbaik yang akan digunakan di rumah anda, maka anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini. Apa saja? Mari kita simak ulasannya.

 

Apa itu speaker aktif?

Sebelum berbelanja speaker aktif ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu apa itu speaker aktif. Speaker aktif sering juga disebut dengan powered speaker. Speaker aktif memiliki perbedaan yang cukup besar dengan speaker pasif. Meski begitu banyak yang masih bingung mengenai keberadaan dua jenis speaker ini. Perbedaan yang mendasar dari kedua jenis speaker ini ada pada power amplifier yang dimilikinya. Pada speaker pasif, ia tidak memiliki power ampli di dalam speaker nya. Oleh karena itu, speaker pasif membutuhkan banyak komponen dibandingkan dengan speaker aktif. Sebaliknya, speaker aktif merupakan speaker yang dilengkapi dengan power ampli di bagian dalam nya sehingga memiliki lebih banyak kelebihan. Mulai dari kemudahan dipindahkan, lebih minim tempat penggunaan masih lebih minim komponen yang dibutuhkan untuk menggunakannya. Hal ini menyebabkan lebih banyak orang yang beralih dan mencari Speaker aktif terbaik agar lebih banyak kemudahan yang didapatkan. Terutama bagi mereka yang menggunakan sistem audio untuk kebutuhan rumah tangga.

 

Untuk anda yang ingin membeli speaker aktif, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam pemilihannya.

 

Mengenai Ukurannya

Salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan ketika akan membeli speaker aktif adalah melihat ukurannya. Speaker aktif bisa ditemukan dalam banyak jenis ukuran, mulai dari 8 inch, 10 inch, 12 inch hingga 15 inch. Ukuran-ukuran yang dimiliki oleh speaker aktif ini akan menentukan ukuran woofer yang dimiliki oleh speaker. Woofer biasa juga disebut dengan driver untuk low frekuensi. Ukuran dari speaker aktif ini menentukan seberapa besar suara dengan nada bass yang mungkin anda akan dapatkan dengan menggunakan speaker aktif tersebut. Makin besar ukuran woofer, maka makin rendah nada bass yang bisa anda dapatkan dari speaker aktif tersebut.

 

Penggunaan Daya

Terkadang ketika memilih Speaker aktif terbaik banyak yang terkecoh dengan penggunaan dayanya. Banyak yang berpikir bahwa speaker aktif yang menggunakan daya yang lebih tinggi memiliki kualitas yang lebih baik. Hal ini tidak ada pengaruhnya sama sekali. Untuk anda yang ingin menggunakan speaker aktif dengan volume yang tinggi anda perlu memperhatikan desibel yang dihasilkan oleh speaker aktif. Makin tinggi volume yang bisa dihasilkan, maka makin tinggi desibel yang harus anda pilih.

 

Lalu apa yang dipengaruhi dengan penggunaan daya yang tinggi? Ketika anda memilih speaker aktif dengan penggunaan daya yang tinggi artinya anda memiliki speaker aktif dengan amplifier yang lebih kuat. Pasalnya makin kuat ampli dari sebuah Speaker aktif terbaik, maka makin tinggi penggunaan dayanya. Makin tinggi ampli, maka makin tinggi juga volume yang dihasilkan oleh speaker aktif ini.

 

Mengenal Wattage dari Speaker Aktif

Biasanya produsen speaker aktif akan memberikan 2 jenis wattage dalam spesifikasi speaker aktif yang ia miliki. Spesifikasi wattage yang dimiliki oleh speaker aktif ini antara lain adalah RMS wattage dan juga Peak wattage. Peak wattage merupakan daya maksimal yang dapat dihasilkan oleh sebuah power ampli dalam waktu singkat. Sedangkan RMS wattage merupakan daya rata-rata yang dapat dihasilkan oleh power ampli dalam waktu yang panjang.

 

Biasanya jenis wattage yang paling sering digunakan sebagai ukuran dari Speaker aktif terbaik adalah jenis peak wattage nya. Banyak orang yang juga lebih memilih speaker aktif dengan peak wattage yang tinggi untuk pilihan speaker aktif untuk penggunaannya. Tapi jangan pernah berpikir bahwa speaker yang keras merupakan speaker yang terbaik, untuk penggunaan luar ruangan mungkin hal ini bisa menjadi jaminan, tapi jika anda menggunakannya di dalam ruangan speaker aktif dengan suara yang terlalu kencang dapat menyebabkan suara menjadi mengganggu dan memekakkan telinga. Jadi pastikan anda perhatikan kembali mengenai penggunaan dari speaker aktif ini ketika akan membeli. Selain itu jangan lupakan mengenai kualitas suara dan juga efisiensi ketika akan membeli Speaker aktif terbaik menurut anda.

0 Comment
25 February
2019
Tips Memilih Audio Sound System yang Tepat untuk Anda

Audio sound system yang stereo dapat ditemukan dalam banyak pilihan. Mulai dari desain, fitur dan juga harganya. Ketika anda memiliki beberapa pilihan untuk jenis audio stereo yang anda inginkan, anda mungkin akan bingung dalam memilih mana yang tepat untuk anda. Bagi anda yang masih merasa kesulitan untuk memilih, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda perhatikan mengenai cara memilih audio stereo yang tepat bagi anda.

 

Definisikan Apa Yang Anda Butuhkan

Hal pertama yang perlu anda perhatikan ketika akan menentukan pilihan audio stereo mana yang akan anda gunakan adalah mengetahui seberapa sering anda akan menggunakan audio stereo yang anda miliki. Selain itu, hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah menulis mengenai jenis musik yang ingin anda dengarkan dari sistem audio stereo anda. Apakah anda ingin mendengarkan musik untuk background kegiatan anda atau mendengarkan musik yang mudah untuk didengarkan. Jika musik adalah passion yang anda miliki, maka lebih baik anda menggunakan komponen terpisah untuk jenis sistem audio stereo yang anda gunakan.

 

Definisikan Budget Yang Anda Ingin Habiskan Untuk Audio Sound System Anda

Banyak orang melakukan hal yang terbalik. Mereka membidik sistem audio stereo yang mereka inginkan terlebih dahulu baru mengumpulkan uang untuk membelinya. Hal ini sesungguhnya bukan hal yang salah. Akan tetapi, banyak orang membidik jenis sistem audio stereo yang mereka inginkan hanya dengan bermodal spesifikasi tanpa konsiderasi dari hal lainnya. Padahal dari segi budget saja sudah ada banyak hal yang perlu diperhatikan.

 

Contohnya, apakah sistem audio stereo yang akan anda beli juga bermanfaat untuk keluarga anda. Hal ini akan membantu anda untuk menentukan range harga sistem audio stereo yang cocok untuk anda. Misalnya, jika sistem audio stereo juga akan digunakan oleh keluarga anda, maka sistem audio stereo akan lebih banyak digunakan untuk menonton film, mendengarkan musik dan juga bermain game. Jika memang digunakan untuk hal-hal ini, maka mungkin anda akan membutuhkan budget yang lebih besar untuk membangun sistem audio stereo yang pas untuk kebutuhan. Tapi jika penggunaan dari Audio sound system memang tidak begitu penting, maka anda bisa membeli sistem audio stereo dengan harga yang lebih murah.

 

Gunakan Internet

Hal lain yang perlu anda lakukan sebelum membeli sistem audio stereo yang sesuai dengan kebutuhan anda adalah dengan menggunakan internet anda. Di internet anda bisa melihat banyak sekali informasi bermanfaat mengenai sistem audio stereo yang akan anda beli. Mulai dari review, spesifikasi dan masih banyak hal yang lainnya. Dengan mencari tahu terlebih dahulu mengenai produk Audio sound system yang akan anda bali, maka akan lebih mudah bagi anda untuk menentukan mana yang terbaik untuk anda. Dengan menggunakan internet anda juga bisa mencari pembanding untuk sistem audio stereo yang anda miliki. Dengan menggunakan pembanding ini, mungkin anda juga bisa mendapatkan produk sistem audio stereo yang memiliki spesifikasi yang mendekati kebutuhan anda tapi dengan harga yang lebih mudah. Sangat menguntungkan bukan?

 

Tempat Membeli Sistem Audio Stereo

Hal selanjutnya yang bisa diperhatikan sebelum membeli sistem audio stereo yang anda miliki adalah menentukan dimana anda akan membeli sistem audio stereo ini. Sesungguhnya ketika anda akan membeli sistem audio stereo akan lebih baik bagi anda untuk mencobanya terlebih dahulu di toko offline Audio sound system yang ada di sekitar anda. Setelah anda memastikan suara yang dihasilkan oleh sistem audio stereo yang anda inginkan ini sesuai dengan kebutuhan anda, anda bisa mencarinya di internet. Membeli sistem audio stereo secara online bisa memberikan banyak keuntungan bagi anda. Mengapa? Hal ini biasanya disebabkan karena harga sistem audio stereo secara online biasanya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga Audio sound system yang ada di toko. Tapi, pastikan toko sistem audio stereo yang anda pilih merupakan toko online yang terpercaya ya! Anda bisa memilih toko online yang terpercaya ini berdasarkan review yang dimilikinya.

 

0 Comment
25 February
2019
10 Tipe Mikrofon

Suara adalah hal yang menakjubkan. Semua suara yang berbeda yang kita dengar disebabkan oleh perbedaan tekanan/menit di udara sekitar kita. Apa yang menakjubkan tentang itu adalah bahwa udara mentransmisikan perubahan-perubahan tekanan begitu baik – dan begitu akurat

Anda sudah tahu mengenai mikrofon pertama, diafragma logam yang melekat pada jarum, dan jarum ini tergores pola ke sepotong foil metal. Perbedaan tekanan di udara yang terjadi ketika seseorang berbicara ke arah diafragma menggerakkan diafragma, yang memindahkan jarum, yang kemudian direkam pada foil. Ketika jarum itu kemudian berpindah kembali atas foil, getaran tergores pada foil kemudian akan memindahkan diafragma dan menciptakan kembali suara. Fakta bahwa sistem murni mekanik ini bekerja menunjukkan berapa banyak energi getaran yang dimiliki di udara.

Semua mikrofon modern berusaha untuk mencapai hal yang sama seperti aslinya, tetapi melakukannya secara elektronik bukan mekanis. Mikrofon ingin mengambil berbagai gelombang tekanan di udara dan mengubahnya menjadi sinyal listrik yang bervariasi. Ada beberapa teknologi yang berbeda yang biasa digunakan untuk mencapai konversi ini.


Berikut 10 tipe mikrofon – termasuk salah satu yang pertama ditemukan oleh Alexander Graham Bell :


1. Liquid Microphone / Mikrofon Liquid

Mikrofon Liquid, ditemukan oleh Alexander Graham Bell dan Thomas Watson, berada di antara mikrofon pertama yang bekerja untuk dikembangkan, dan mereka adalah pelopor untuk apa yang kemudian akan menjadi mikrofon kondensor. Mikrofon cair awal menggunakan cangkir logam diisi dengan air dan asam sulfat. Diafragma ditempatkan di atas cangkir dengan jarum di sisi penerima diafragma. Gelombang suara akan menyebabkan jarum untuk bergerak di dalam air. Sebuah arus listrik kecil berlari ke jarum, yang dimodulasi oleh getaran suara. Mikrofon cair bukan perangkat yang fungsional, tapi merupakan percobaan ilmiah yang besar.


2. Carbon Microphone / Mikrofon Karbon

Mikrofon tertua dan paling sederhana menggunakan debu karbon. Ini adalah teknologi yang digunakan dalam telepon pertama dan masih digunakan di beberapa telepon sampai sekarang. Debu karbon memiliki logam tipis atau diafragma plastik di satu sisi. Begitu gelombang suara memukul diafragma, mereka menekan debu karbon, yang mengubah resistance. Dengan menjalankan arus melalui karbon, perlawanan mengubah perubahan jumlah arus yang mengalir.


3. Fiber Optic Microphone

Sistem serat optik, yang menggunakan untaian super tipis dari kaca untuk mengirimkan informasi bukan kabel logam , telah merevolusi bidang telekomunikasi dalam beberapa tahun terakhir, termasuk teknologi mikrofon. Jadi apa masalahnya? Tidak seperti mic konvensional, yang seringkali besar dan mengirim sinyal listrik, mikrofon serat optik bisa sangat kecil, dan mereka dapat digunakan dalam lingkungan elektrik sensitif. Mereka juga dapat diproduksi tanpa logam, yang membuat mereka sangat berguna dalam magnetic resonance imaging (MRI) aplikasi dan situasi lain di mana gangguan frekuensi radio adalah masalah.


4. Dynamic Microphone

Sebuah mikrofon dinamis mengambil keuntungan dari efek elektromagnet. Ketika magnet bergerak melewati kawat (atau kumparan kawat), magnet menginduksi arus mengalir dalam kawat. Dalam mikrofon dinamis, diafragma menggerakkan baik magnet atau kumparan ketika gelombang suara memukul diafragma, dan gerakan menciptakan arus kecil.


5. Electret Microphone / Mikrofon Electret

Mikrofon electret adalah mikrofon yang paling banyak digunakan di muka Bumi ini. Karena mereka murah dan relatif sederhana, mikrofon electret digunakan dalam ponsel, komputer dan handsfree headset. Sebuah mikrofon electret adalah jenis kondensor mikrofon di mana muatan eksternal diganti dengan bahan electret, yang menurut definisi dalam keadaan permanen polarisasi listrik.


6. Ribbon Microphone / Mikrofon Pita

Dalam mikrofon pita, pita tipis – biasanya aluminium, duraluminum atau nanofilm – ditangguhkan dalam medan magnet. Gelombang suara menggerakkan pita, yang mengubah arus yang melalui pita tersebut. Mikrofon Ribbon adalah mikrofon dua arah, yang artinya mereka mengambil suara dari kedua sisi mic.

RCA PB-31 adalah salah satu mikrofon pita pertama. Diproduksi pada tahun 1931, dan mengubah industri audio dan penyiaran karena menetapkan standar baru pada clarity suara yang dihasilkan. Beberapa pembuat mikrofon lain membuat model yang sebanding, termasuk BBC-Marconi Tipe A dan ST & C Coles 4038.


7. Laser Microphone / Mikrofon Laser

Sebuah mikrofon laser bekerja dengan menangkap getaran off dari pesawat, seperti kaca jendela, misalnya, dan mengirimkan sinyal kembali ke detektor foto, yang mengubah sinar laser dipantulkan menjadi sinyal audio. Bila suara memukul kaca jendela, suara akan menekuk dan menyebabkan sinar laser untuk membelok, yang dapat diterjemahkan ke suara menggunakan fotosel. Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah mengembangkan jenis baru mikrofon laser yang bekerja dengan streaming asap di sinar laser yang ditujukan untuk photocell, yang kemudian dikonversi ke signal audio.


8. Condensor Microphone

Sebuah mikrofon kondensor pada dasarnya adalah sebuah kapasitor, dengan satu kapasitor bergerak dalam menanggapi gelombang suara. Gerakan ini mengubah kapasitansi dari kapasitor, dan perubahan ini diperkuat untuk menciptakan sinyal terukur. Mikrofon kondensor biasanya membutuhkan baterai kecil untuk memberikan tegangan kapasitor.


9. Cardioid Microphone

Jika Anda mencari untuk merekam suara yang terletak di depan dan di sisi mic – tapi tidak di belakang itu – mikrofon cardioid adalah untuk Anda. Sebuah polar plot untuk gain dari cardioid berbentuk hati, dengan sensitivitas tertinggi terletak langsung di depan mic, dan sedikit di sisi. Karena itu, mic cardioid ideal untuk merekam pertunjukan live tanpa menangkap terlalu banyak suara bising kerumunan, dan banyak mikrofon genggam yang digunakan untuk memperkuat vokal adalah mic cardioid.


10. Crystal Microphone

Kristal tertentu mengubah sifat listrik mereka karena mereka berubah bentuk. Dengan menempelkan diafragma pada kristal, kristal akan membuat sinyal ketika gelombang suara memukul diafragma.

Seperti yang Anda lihat, hampir setiap teknologi yang dapat dibayangkan telah dimanfaatkan untuk mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik. Satu hal yang paling memiliki kesamaan adalah diafragma, yang mengumpulkan gelombang suara dan menciptakan gerakan dalam teknologi apa pun yang sedang digunakan untuk membuat sinyal.


Source : http://electronics.howstuffworks.com/

Source : http://krezt.co.id/10-tipe-mikrofon/

0 Comment
28 December
2018
Peavey USB-P USB Playback

Peavey USB-P adalah perangkat audio konverter digital to analog (D/A) dengan balanced stereo output yang berfungsi sebagai penghubung (interface) antara laptop dengan live sound system. Terkadang menghubungkan perangkat komputer / laptop ke dalam sound system dapat menimbulkan masalah baru, diantaranya ground loops. Dengan fitur dual transformer sebagai konverter di dalamnya, USB-P menghasilkan balanced stereo output dan ground isolation, dimana hal tersebut sangat dibutuhkan pada saat menghubungkan computer / laptop ke sound system.



Dengan sirkuit analog di dalam konstruksi body metal yang kokoh, Peavey USB-P menggaransi tidak akan ada gejala lagmaupun ism latency. USB-P sangat sesuai untuk kebutuhan playback audio bahkan untuk DJ show. Pengaplikasiannya pun juga sangat simple. Tidak memerlukan power yang besar. Cukup menghubungkan USB-P ke port USB laptop melalui sebuah kabel USB, maka akan otomatis mengaktifkan USB-P.


Fitur USB-P

  • Standard USB Audio Device
  • Transformer Isolation
  • Ground Lifted balanced output
  • USB Powered
  • Stereo / Mono operation
  • Rugged constructions


source: http://kairosmultijaya.blogspot.com/2016/06/peavey-usb-p-usb-playback.html


0 Comment
26 December
2018
Bedanya Microphone Dynamic dan Condenser

Bedanya Microphone Dynamic dan Condenser

Seringkali ketika akan membeli microphone di toko, kita ditanya balik oleh sang penjual, “Bapak/Ibu mau cari microphone dynamic / condenser?” Tentunya kita yang orang awam akan microphone akan bingung ditanya pertanyaan seperti itu. Selain penggunaannya yang sudah jelas berbeda, berikut perbedaan dari bentuk fisik dan teknis.

Perbedaan Fisik

Perbedaan mic condeser dan mic dynamic, secara kasat mata memang akan terlihat jelas perbedaannya dari sisi bentuk fisik dan besar mic tersebut. Mic condenser terlihat jauh lebih kecil, simple dan ringan, walaupun ada beberapa tipe condenser yang juga agak besar bentuknya seperti microphone gooseneck yang biasa digunakan untuk resepsionis atau information desk, sedangkan mic dynamic terlihat besar dan agak berat itu.

Perbedaan Teknis

Mic Condeser

Mic condeser pada umumnya berbentuk bulat dengan ukuran kecil dimana didalam mic condeser tersebut terdapat dua buah plat yang sangat tipis sebagai diafragma, dimana kedua plat tersebutlah yang akan menerima setiap getaran-getaran yang bersumber dari luar atau yang disebabkan adanya perbedaan tekanan udara pada setiap detiknya sehingga menghasilkan getaran.

Pada mic condeser getaran tersebut diterima plat oleh sebab itu mic condeser dapat  merespon suara yang jauh atau frekuensi tinggi, prinsip kerjanya sendiri mic condeser tidak dapat bekerja jika tidak diberikan tegangan berbeda dengan mic dynamic yang bisa langsung berfungsi jika dihubungkan ke preamp mic. Pada mic condeser terdapat polaritas positif dan negatif artinya pada saat pemasangan mic tidak boleh terbalik dan harus mendapat tegangan supply arus searah, meskipun membutuhkan suplay tegangan.  Mic condeser cukup disuplay dengan tegangan yang kecil.

Mic Condenser tidak bisa dipergunakan secara langsung, harus ada tambahan rangkaian opamp karena mic condenser harus disupply tegangan baru dapat merubah getaran suara menjadi elektromagnetik.

Mic Dynamic
Mic dynamicc atau dynamic microphone, bentuknya besar didalamnya terdapat kumparan dan magnet, sedangkan untuk diafragmanya terbuat dari bahan plastik tipis yang akan menggerakkan kumparan didalamnya, pada prinsipnya hampir mirip dengan speaker kalau speaker menerima tegangan dan mengubahnya menjadi getaran suara dan impedansinya 4,8 – 16 Ohm. sedangkan pada mic Dynamic impedansinya sebesar 600 Ohm merubah getaran suara menjadi tegangan listrik yang kemudian dikirim dan diperkuat oleh preamp mic.

Dynamic mic membutuhkan getaran yang kuat untuk menggerakan kumparan yang terdapat didalam medan mangnet untuk menghasilkan besaran tegangan, jadi mic dynamic kurang sensitif jika dibandingkan dengan mic condeser karena membutuhkan getaran yang kuat dari luar, oleh karena itu suara yang dihasilkan lebih cenderung medium bass. Dan biasanya jarak antara mic dengan sumber suara dekat untuk menghasilkan suara yang sempurna.

Apakah perbedaan diafragma akan berpengaruh dengan suara?
Sebelum kita membahas ke penguatan seperti preamp dan efek suara apakah benar perbedaan diafragma berpengaruh dengan suara, menurut saya benar mic condenser diafragmanya dari plat sehingga hasilnya suaaranya lebih ke medium treable, sedangkan mic dynamic lebih ke medium bass, nada tinggi dan rendah, juga berpengaruh terhadap kepekaan atau sensitifitas. Sama halnya dengan speaker jika kita perhatikan diafragma pada speaker untuk nada tinggi (treble), dan nada rendah (bass) umumnya diafragma untuk speaker yang menghasilkan nada tinggi terbuat dari plastic, dan plat, sedangkan untuk bass umumnya terbuat dari karet, artinya bahan dan besar diafragma mempunyai peranan penting.

Mic dengan diafragma yang besar akan menghasilkan bunyi lebih keras jika dibandingkan diafragma yang kecil, bunyi atau suara yang keras tidak banyak memmbutuhkan Gain Mic, memungkinkan suara hilang lebih sedikit dan sudah pasti noise dari pre-amp juga akan lebih kecil.

Jadi mic mana yang lebih baik jika digunakan untuk suara saya ? 
Ini sebenarnya pertanyaan yang menarik dan tidak sedikit yang dari mereka berusaha menggonta-ganti mic dan menambah preamp juga efek untuk menghasilkan suara yang sesuai dengan keiginannya dan tentunya enak untuk didengar.

Setiap orang sekalipun masih satu keluarga atau satu keturunan belum tentu suaranya sama, kekuatan atau getar suaranya, pasti ada perbedaan meskipun sedikit ada yang tinggi dan rendah, suara pelan bukan berarti rendah, begitu juga suara yang kuat belum tentu tinggi. suara seorang perempuan akan cendrung lebih tinggi dari laki-laki (frekuensi suara). dikebanyakan studio rekaman menggunakan mic type condensor karena lebih sensitif.

narasumber : www.duniakomunikasi.com

0 Comment
28 November
2018
Counterfeit (fake) Shure products

Question:

I have heard reports of counterfeit Shure products being sold on the Internet. Is it true? How can I avoid being sold a counterfeit Shure product? 


Answer:

It is true. There are Shure counterfeit products being sold on the Internet and in stores. Any company that has a brand known around the world is subject to counterfeit goods; examples include Sony, Rolex, Hermes, Coach, Levi's. Shure has an ongoing worldwide effort to find and stop entities that produce counterfeit Shure products, and to remove counterfeit goods from being sold on the Internet. It is an effort that never ends.

Note: Customers often provide photos of suspected Shure products and ask Shure to ascertain that the products are counterfeit based only a serial number or on photos. In certain instances, the photos have enough clues that Shure can determine that the product is counterfeit. But this is not always the case. Some counterfeit products are such good copies that they must be examined by experts at Shure to ascertain that they are indeed counterfeit. This is no different than counterfeit currency that must be examined by government experts. At times, photos, no matter how detailed, do not provide enough proof.

Also, photos alone, no matter how detailed, cannot provide enough proof that a product is genuine Shure.  For this determination, the product in question must be sent to Shure for examination.


To protect yourself, we recommend these steps:

1) Purchase from a dealer that buys directly from Shure.

If you are uncertain if a dealer buys directly, and you are in the United States, you may use the Shure dealer locator: http://www.shure.com/americas/where-to-buy/in-store

or you can contact Shure directly: 800-25-SHURE http://www.shure.com/americas/about-shure/contact-us

Note: there are legitimate dealers that do not buy directly from Shure; instead they buy from a distributor of Shure products. Though not a direct customer of Shure, these dealers also can be sources for genuine Shure products.

2) If you are outside of the United States, contact the Shure agent for your country: http://www.shure.com/americas/countries/americas/

3) To get an idea of typical selling prices for the Shure product that interests you, look at mail order catalogs and visit local music stores or audio electronic stores. If the price you find online is much lower than the catalogs or the stores, be cautious as the product might be counterfeit, though an unusually low price does not always indicate a counterfeit product.

4) Be very careful when purchasing a Shure product via eBay or other online auction sites. Though there are many honest individuals and legitimate dealers selling genuine Shure products on such sites, there are also many people selling counterfeit Shure products. Again, if the price seems too good to be true, be suspicious.

5) Finally, beware if the Internet auction site dealer is in a different country than you. History has proven that many counterfeit Shure products are being sold from one country into another.

Shure has been asked to provide a list of ways to determine if a product is a counterfeit. There are two reasons that we do not:

#1) Many differences are subtle and cannot be adequately described in words or photos, such as the texture or shade of a product's outer finish.

#2) If Shure published the exact differences between Shure genuine products and counterfeit products, the criminal counterfeiters would know how to improve their fakes! Not a good idea for Shure or for our customers.

1 Comment
22 February
2018
Mixing Inside Your Drum Loops

Deconstruct & Unmix Your Samples With Accusonus Regroover Essential

Accusonus Regroover Essential's intelligent unmixing algorithm is based on Machine Learning-derived algorithms that let you break down mixed loops into their constituent musical components. While this undoubtedly offers many creative possibilities for electronic musicians and remixers, what most people don't realise is that it's also an excellent general-purpose mixdown tool, providing powerful new ways of manipulating the internal components within mixed rhythmic loops. Let me explain a few of the things you can use it for.

For the sake of example, we'll assume you've got a drum loop where you're you're not happy with the snare tone. If you try to remedy that by just EQ'ing the whole loop in a traditional way, you'd end up mangling the sound of everything else into the bargain: the kick, hi-hat, percussion, and whatever other instruments are lurking in the shadows. On the other hand, if you let Regroover split the loop up into its components first, you can use the plug-in's built-in EQ effect to implement the change in a much more independent way. For the most targeted results, I like to use the Annotation tool to select all non-snare audio on the snare Layer. You could also try removing any residual snare energy from other Layers, but I don't worry too much about that personally, because I've found that the EQ processing is still very effective when operating on only the lion's share of the sound's frequency content.


You can use the Annotation tool to make any audio processing of a snare-drum Layer more targeted.

If I want to enhance the attack of the snare, then that Layer's Compressor module is the thing to use. Try a 6:1 Ratio as a starting point, with Attack and Release settings of 80ms and 250ms respectively, and then pull down the Threshold slider until you get a good dose of gain-reduction registering in the display. Now use the Make-up Gain to bring the subjective loudness of the hits back to where it was (toggle the Compressor's bypass button to check this) and you'll be rewarded with a harder and more well-defined attack transient.


The per-Layer compressor module can add a tremendous amount of extra transient to individual drum sounds if you use a comparatively slow Attack time and them pile on the gain-reduction.

You might also use fast-attack Compressor settings to round off the drum's spike, perhaps if you're getting unwanted flamming between your loop and another sample layered alongside. However, the best attack-reduction actually comes courtesy of the Gate processor. The trick here is to use as high a Threshold setting as you can get away with (while still causing the gate to trigger reliably on each hit) and then increase the Attack time to around 40ms. This will completely remodel the onset envelope of the snare into a smooth upwards ramp, effectively erasing any transient spike.


Although the compressor can soften drum transients, the Gate can be much more savage — effectively removing a drum's attack completely!


If you want to get even more surgical with processing that snare Layer, then here's a little dodge that allows you to separate it out for treatment with whatever other plug-ins you have in your arsenal. First duplicate the track with Regroover Essential in it. Then solo the snare Layer on the original track, while muting the snare layer on the duplicate track. Because Regroover's Layers always add up predictably, you'll now hear exactly the same thing from the two instances (as long as they're MIDI triggered simultaneously) that you initially heard from your single instance. Now you can insert whatever other plug-ins you like to process the snare-Layer-only Regroover track.

Sources: https://global.focusrite.com/news/mixing-inside-your-drum-loops


2 Comment
20 February
2018