Cara Merakit dan Membuat Crossover Sendiri Dengan Mudah
Customer Care -

Cara Merakit dan Membuat Crossover Sendiri Dengan Mudah

Cara Merakit dan Membuat Crossover Sendiri Dengan Mudah
7 July
2020

Anda tentunya tidak asing dengan penggunaan sound system agar suara menjadi lebih keras. Manusia sendiri bisa mendengar suara dari mulai 20 Hz sampai 16 Khz. Dan range bandwith inilah yang nantinya akan dikeluarkan oleh bagian bagian yang ada dalam speaker. Agar suara menjadi lebih baik maka dibutuhkan crossover. Crossover ini ternyata bisa dirakit sendiri, untuk lebih tahu yuk simak ulasan mengenai cara merakit crossover sendiri berikut.


Mengenal Crossover dan Fungsinya

Crossover merupakan bagian dari sound system yang fungsinya untuk memisahkan range frekuensi dalam suara. Tugasnya sendiri untuk membagi sinyal masuk audio pada band terpisah agar tidak saling bersinggungan untuk menghasilkan sinyal output. Tujuan menggunakan crossover sendiri untuk membuat suara yang dihasilkan lebih jelas dan berkualitas. Bukan hanya itu, perangkat satu ini juga berguna untuk mengamankan driver pada loudspeaker.


Kerusakan pada driver ini bisa terjadi karena tidak sesuainya respon frequency yang masuk ke dalam High End. Dalam pengolahan distribusinya, Crossover dibedakan menjadi 3 reange frekuensinya yaitu frekuensi tinggi, menengah hingga rendah. Masing masing frekuensi ini memiliki suara dan juga driver yang berbeda. Karena memiliki fungsi yang kompleks, maka dalam soundy system dibutuhkan crossover dan cara merakit crossover sendiri tidaklah sulit.


Sementara untuk jenisnya dibedakan menjadi crossover pasif dan juga crossover aktif. Keduanya juga memiliki kelebihan tersendiri, pada crossover pasif kelebihannya lebih ekonomis sebab hanya membutuhkan 1 alat pemisah saja. Sementara untuk crossover aktif menjadikan suara lebih open serta jernih. Hal ini dikarenakan dipisahkan sebelum amplifier. Hanya saja untuk crossover aktif akan dibandrol lebih mahal dibandingkan yang pasif.



Cara Sederhana Untuk Membuat Crossover Rakitan Sendiri

Crossover audio ini terbilang memiliki harga yang mahal, apalagi jika kualitasnya yang unggulan. Jika akan digunakan di rumah, anda bisa merakitnya sendiri. Ada 3 cara sederhana yang bisa anda tiru untuk membuat rangkaian komponen satu ini. Dalam rangkaiannya terdapat 3 bagian yani tweeter, squawker dan juga woofer. Ditiap bagian dalam cara merakit crossover sendiri, akan memiliki sirkuit dengan daya yang berbeda. Seperti pada sirkuit mid range yang terdiri dari L3 C3 serta L4 C2.


Sirkuit ini akan membantu kelancaran pada gulungan di frekuensi yaitu 500Hz dan 5 Khz. Roll off curvesnya nanti akan berada di sekitar 14dB setiap oktafnya. Sementara untuk bagian tweeter akan mencakup L5 C4 yang efektifnya menangkan frekuensi pada daya di atas 15 Khz, di titik melintang. R5 R6 akan diatur untuk atenuator guna pencocokan tingkat pada 6dB dekat agar menghasilkan respons akut. Setelah bagian ini selesai akan masuk di tahan woofer.


Bagi yang tidak familiar membuat rangkaian seperti ini mungkin akan bingung. Mengingat nantinya akan ada 3 rangkaian dengan fungsi masing masing. Untuk memudahkan anda bisa melihat bagannya terlebih dahulu. Crossover sederhana ini terbukti berhasil digunakan jika memang memahami sound system dengan baik. Pengerjaannya memang cukup detail dan rumit namun cara merakit crossover sendiri ini wajib untuk anda jajal agar miliki crossover tanpa beli.


Crossover memiliki peranan penting dan memang dibutuhkan untuk membuat kualitas audio yang dihasilkan semakin bagus. Hanya saja untuk mendapatkan crossover, anda harus merogoh kocek cukup dalam. Sehingga jika anda memang terbiasa dengan sound system anda bisa menjajal langkah mudah untuk membuat crossover sendiri di rumah. Mudah dipelajari jika anda sebelumnya memang sudah tahu tiap tiap bagiannya.


Add Comment