Cara Setting Mixer Sound System yang Baik - Bliaudio.com
Customer Care -

Cara Setting Mixer Sound System yang Baik - Bliaudio.com

Cara Setting Mixer Sound System yang Baik - Bliaudio.com
23 March
2020

Sound-Mixing console gampang dan bagus menerima beragam asal suara. Bisa dari microphone, media musik, CD player, tape deck, ataupun DAT. Dari sini dengan mudah mampu dicoba untuk pengaturan level masukan dan keluaran mulai dari yang sangat lembut hingga keras.

Kalau suatu system audio tersebut diumpamakan menjadi tubuh manusia, snake cable menjadi system syaraf, dan mixing console menjadi jantungnya. Mixer Sound Audio adalah sebuah perlengkapan sound sistem untuk 2 (dua) ataupun lebih Channel Audio Input sebagai satu kesatuan sistem penyuaraan.

Sangat penting untuk mengenal dan mengetahui fungsi dari tombol pemutar dalam Mixer Sound System. Kondisi tatanan tombol setiap pabrik seringkali berbeda-beda.


Cara Setting Mixer Sound System Dengan Mudah


  1. Input Channel Jack
    Posisinya berada di bagian atas mixer untuk input dari microphone ataupun perangkat musik. Untuk perlengkapan seperti Keyboard pada jalur ini mesti mengecilkan gain sensitive paling tidak di angka 0 dB Meter. Pada input channel ini ada dua jenis yakni Jack XLR Female dan Jack Phone TRS yang memiliki fungsi yang sama.

  2. Tombol LOW Cut Switch
    Ini ialah saklar On/Off untuk memangkas nada rendah atau biasa dinamakan HPF (High Pass Filter). Tombol ini bermanfaat untuk mengurangi adanya suara dari hembusan angin ataupun dari hembusan mulut seorang vokal di microfon. Saran saya tidak usah menghidupkan saklar ini pada aliran musik yang dicolok.

  3. Tombol Gain Sensitive (Gain Sens)
    Fungsi dari tombol ini untuk menguatkan kepekaan input source. Untuk memperbesarnya cukup dengan memutarnya ke arah kanan dan kebalikannya untuk mengecilkan. Dengan begitu Gain Sens akan menyerahkan ruang penguatan yang lumayan luas pada tingkat depan Pre Amp Mixer. Untuk sebuah VCD Player usahakan menyetel Gain Sensitive di bawah 0 dBu agar menghindari overload level.

  4. Tombol EQ High, Tombol EQ Middle, Tombol Middle Freq, Tombol EQ Low
    Silahkan atur besar kecilnya untuk masing-masing tombol ini sebab untuk vokal terkadang berbeda lagi pengaturannya. Kepekaan telinga untuk mendengar sangat diperlukan supaya dapat menata suaranya dengan baik. Untuk suara vokal pria dan wanita sangat bertolak belakang, jadi usahakan suara yang muncul sama dengan aslinya.

  5. Tombol Channel Level Control (Volume Cannel)
    Berfungsi untuk memperbanyak dan mengecilkan audio level pada channel. Tombol pada mixer console profesional seringkali berbentuk volume geser (slider) yang di dalamnya memakai komponen elektronik berupa potensiometer geser (variable resistor geser). Gunakan tombol ini andai suara terlampau besar atau kecil dengan mengesernya yakni naik dan turunkan.

  6. Tombol Main Master Level Control
    Pada tombol Master ini bermanfaat untuk memperbanyak atau mengecilkan volume secara keseluruhan. Ada dua tombol volume bagi posisi salon sebelah kiri dan sebelah kanan jadi usahakan kedua tombol ini berimbang saat mengeluarkan suara. Cara yang tepat agar imbang ialah anda mendengarkannya di tengah dan jauh kedepan agar suara bisa terdengar secara keseluruhan.


Nah itulah informasi mengenai cara setting Mixer Sound yang benar dan mudah. Tutorial ini lumayan singkat sebab ini ialah teknik dasar dan bukan profesional. Di samping mengenal Mixer, Anda juga mesti memperhatikan situasi kabel dan sound yang digunakan.

Add Comment