Cara Merawat Kabel Audio Agar Tidak Mudah Rusak
Customer Care -

Cara Merawat Kabel Audio Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Kabel Audio Agar Tidak Mudah Rusak
23 January
2020

Kabel adalah piranti yang sangat vital dalam setting audio di perlengkapan sound system Anda. Oleh sebab itu diperlukan perawatan eksklusif dengan penjadwalan yang baik.

Memang belum ada yang dapat memutuskan kapan jadwal terbaik untuk merawat kabel audio, namun jika ingin kabel audio Anda awet, sudah semestinya dilakukana sebuah perawatan rutin. Berikut teknik yang baik untuk menjaga dan merawat agar kabel audio Anda tidak mudah rusak.

Untuk merawat kabel audio dan jack audio ada sejumlah alat yang bisa dipersiapkan untuk menjaga kualitas performa kabel dalam situasi yang baik. Alat-alat yang dibutuhkan ialah sebagai berikut :

1.       Kain lap basah

Kabel audio yang sering dipakai sudah tentu memiliki keadaan yang kotor, kain lap basah ini diperlukan untuk membersihkan selaput luar kabel supaya tetap bersih hingga ketika dipakai kembali dapat bersih dan terlihat dengan baik.

2.       Multi tester

Alat ini bermanfaat untuk mendeteksi kerusakan awal pada kabel audio Anda sehingga hal yang perlu ditindak lanjui dari kerusakan yang terjadi dapat segera ditangani.

3.       Tang potong

Yang potong bermanfaat untuk mengupas serat kabel pada kabel yang rusak agar dapat digunakan kembali.

4.       Solder dan timah

Solder difungsikan guna memanaskan timah supaya dapat menyambungkan kabel yang hendak dibetulkan dengan menyambungkannya kembali ke pin jack yang bakal digunakan.


Nah itulah 4 perangkat yang dibutuhkan untuk merawat kabel audio Anda. Sekarang ialah langkah yang mesti dilaksanakan dalam membersihkan dan merawat kabel audio anda.

1.       Kumpulkan gulungan gulungan kabel jack yang akan dirawat dan dibersihkan.


2.       Siapkan kain lap yang telah basah dengan air, kemudian lap kabel yang Anda miliki dengan teknik menarik dari ujung kabel ke ujung kabel lainnya dengan memakai lap basah tadi.

3.       Kumpulkan kabel-kabel yang sudah bersih tadi dan keringkan dengan kipas angin supaya cepat mengering.

4.       Untuk pengecekan pakai multitester dan cek tiap-tiap pin jack apakah masih dalam kondisi yang tersambung atau tidak.


5.       Pisahkan kabel yang masih dalam kondisi bagus dengan kabel yang telah rusak.

6.       Perbaiki kabel yang rusak dengan memakai tang potong, solder dan timah. Caranya adalah :

·         Potong kulit luar kabel analog, ukuran potongan usahakan tidak lebih dari 80mm.

·         Setelah kulit luar kabel dikupas akan tampak serat kawat yang terajut rapih, gunakan ujung multi tester agar dapat mengurai rajutan pembungkus supaya terurai dan gampang dipilin.

·         Pilin atau putar serat serabut kawat pembungkus tersebut, serat kawat ini nantinya akan Anda jadikan ground pada kabel.

·         Setelah terkelupas, serat terurai dan dipilin dengan rapih bakal nampak 2 buah kabel berwarna lainnya diikuti sejumlah benang nylon yang menjaga kabel selaput dalam.

·         Potong dan bersihkan benang benang tersebut memakai cutter atau tang potong. Hal ini berguna supaya selama proses penyodetan tak terganggu oleh benang benang tersebut.

·         Kupas dua kabel berwarna, seringkali merah berpasangan dengan putih, atau merah dengan biru, atau hitam dengan putih.

·         Kupas ujung kabel supaya seratnya terlihat, tidak butuh panjang jarak pengupasan antara kulit kabelnya, hanya sekitar 2mm sampai kabel bisa dibubuhi timah solder.

·         Berikan timah ke serat yang telah dipilih.

·         Sebelum menyambung kabel dengan pin tidak lupa memasukkan penutup ulir jack ke kabel terlebih dahulu. Agar sesudah disorder Anda tidak bingung menyambungkan cap xlr dengan penutup ulirnya.


7.       Apabila seluruh kabel telah kembali ke keadaan yang baik, simpan kabel Anda ke dalam penyimpanan kabel audio yang Anda miliki.

Add Comment