7 Tips Mudah Belajar Bermain Piano Untuk Pemula Secara Otodidak
Customer Care -

7 Tips Mudah Belajar Bermain Piano Untuk Pemula Secara Otodidak

7 Tips Mudah Belajar Bermain Piano Untuk Pemula Secara Otodidak
26 December
2019

Piano ialah salah satu perangkat musik populer yang tidak sedikit dimainkan oleh orang. Siapa sih yang tidak mau mahir bermain piano? Akan ada kebanggan tersendiri andai kita sukses menguasai kiat bermain piano yang baik dan benar. Namun, tidak seluruh orang dapat mempelajari piano. Alasannya? Terkadang mereka tidak mempunyai waktu guna mengikuti ruang belajar musik atau mereka tidak mempunyai uang lebih supaya bisa mengikuti ruang belajar musik tersebut.

Apakah mengikuti les musik satu-satunya teknik belajar agar mahir bermain piano? Tentunya tidak. Ada beragam cara belajar piano secara otodidak. Tak jarang, tidak sedikit juga yang sukses hanya dengan belajar secara otodidak. Jika mereka bisa, pastinya Anda juga dapat melakukannya bukan? Jangan khawatir, di dalam tulisan ini kami bakal membahas seluruh hal yang diperlukan untuk belajar piano secara otodidak supaya Anda mahir dalam memainkannya.


Tips Mudah Belajar Piano Untuk Pemula Secara Otodidak

1.       Belajar Mengasah Kemampuan Telinga

Hal  yang mesti dilakukan pertama supaya bisa menguasai piano dengan baik ialah dengan menajamkan kemapuan telinga. Dimana Anda harus mengetahui dengan baik perangkat musik tersebut. Piano sendiri adalah alat musik yang mempunyai 88 buah tuts yang mempunyai jenis suara autentik yang didapatkan oleh getaran senar. Pahami terlebih dahulu piano yang bakal kalian mainkan tersebut.

2.       Memahami Dasar Bermain Piano

Pelajari dulu nada-nada dasar pada tuts piano sebelum mulai memainkannya. Sebelum memulai, usahakanlah cari posisi yang pas guna mulai bermain. Kenali sejumlah nada dasar layaknya :

·         Nada tengah

·         Nada datar atau bagian sebelah kiri

·         Nada tajam berupa tuts sebelah kanan

·         Nada bas

·         Nada tinggi

·         Dengarkan dengan baik dan rasakan bagaimana nada pada tuts piano ketika dimainkan. Carilah dimana perbedaannya dan fahami kapan Anda harus memakai nada-nada tersebut. Latih terus kepekaan pendengaran dan permainan jemari dalam bermain piano.

Nada dasar major kunci C=do pada piano ialah seperti :

 

1 = C

2 =D

3 = E

4 = F

5 = G

6 = A

7 = B

8 = C

Susunan tangga nada tersebut ialah tangga nada major, yang mesti diketahui ialah mi(3) ke fa(4) ialah 1/2 nada sama dengan la(B) ke (C)do pada nada tinggi. Latih juga kelincahan jari Anda dalam bermain piano.

2 Hal dasar yang harus diperhatikan adalah :

·         tuts natural berjumlah 7 yaitu : C, D, E, F, G, A, B

·         tuts accidental ada 5 di setiap oktaf

3.       Mengatur Posisi Duduk

Disengaja atau tidak, dalam urusan dasar bermain piano sangat dipentingkan oleh bagaimana atau penataan dari posisi duduk. Dimana ada sejumlah jenis posisi duduk dalam bermain piano, ada yang melakukan posisi duduk tegak, ada pun yang memakai posisi duduk membungkuk, bahkan ada yang menjauhkan badan dengan letak piano mereka. Coba posisi itu dan pilih yang membuat Anda nyaman dalam memainkan piano. Usahakan menemukan posisi yang menciptakan rasa rileks dan tidak menciptakan tubuh gampang lelah, pegal ketika berlatih bermain piano.

4.       Posisi Tangan

Posisi tangan yang bagus dan dianjurkan ketika belajar bermain piano ialah meletakan jemari secara baik di atas tuts tetapi tidak terlampau tegang dan tidak terlampau rapat. Namun, bukan berarti jemari Anda harus lunglai atau lemas, namun buatlah senyaman dan serileks mungkin. Karena tidak bakal menyulitkan saat belajar scale atau yang umum disebut latihan jari. Belajar posisi tangan dapat Anda coba seraya memainkan tuts pada kunci major, do, re, mi, fa, sol, la, si, do secara teratur.

5.       Mengatur Posisi Lengan

Kamu pun harus tahu bahwa posisi dari lengan ketika bermain piano akan mempengaruhi suara yang dikeluarkan piano dan akan mepengaruhi kecepatan ketika bermain piano tersebut? Inilah mengapa Anda harus melatih posisi yang tepat dimana tidak mengeluarkan tenaga tambahan saat bermain piano. Karena piano ialah alat musik yang memerlukan penekanan pada jemari bukan pada pergelangan tangan. Paling sulit belajar kiat yang pas andai nantinya yang bertitik berat dalam permainan ialah lengan bukan jemari.

6.       Belajar Membaca Not Balok

Walaupun sebenarnya mengetahui not balok tidak me*sti selalu diperhatikan oleh semua pemula dalam menguasai piano. Ketika Anda sudah mempelajari not balok maka bakal lebih mengetahui dan memahami susunan nada dan melodi musik yang dimainkan.

7.       Mengulangi Satu Lagu Sampai Mahir

Setiap orang yang jago memainkan piano, pastinya dulu adalah seorang pemula yang berlatih secara terus menerus tanpa berhenti. Mulailah dari satu lagu hingga Anda paham dan mahir, setelahnya Anda dapat mencoba lagu selanjutnya. Tips paling ampuh adalah mengulang secara terus menerus hingga Anda mahir.  


Itulah informasi mengenai 7 tips mudah belajar piano untuk pemula. Terus lakukan pengulangan dan latihan secara berkesinambungan agar Anda menjadi mahir memainkan piano dan menghasilkan lagu maupun suara yang indah. Jika Anda menginginkan piano dengan suara maupun kualitas terbaik, Anda dapat membelinya di BliAudio.com 


Baca juga :

Mengenal Alat Jenis Musik Keyboard dan Jenis-jenisnya 

Merek Speaker Aktif Terbaik

Add Comment