Apa Saja yang Diperlukan untuk Membuat Home Recording Studio?
Customer Care -

Apa Saja yang Diperlukan untuk Membuat Home Recording Studio?

Apa Saja yang Diperlukan untuk Membuat Home Recording Studio?
23 August
2019

Membuat studio sendiri di rumah alias home recording studio bukan lagi barang mustahil. Dengan beberapa perangkat sederhana yang bisa anda dapatkan dengan harga terjangkau, impian memiliki studio pun dapat terwujud. Hasil dari studio rekaman rumahan juga tidak berbeda jauh dengan studio profesional asal penggunaan perangkatnya (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) benar. Keutamaan hasil rekaman biasanya didominasi oleh skill dari manusia yang mengerjakannya. Perangkat adalah pendukung. Lalu, apa saja yang diperlukan untuk membuatnya?

1.    Komputer

Sudah barang tentu komputer adalah perangkat utama yang harus dimiliki. Pengolahan data dilakukan di sini. Gunakan komputer yang berspesifikasi lumayan atau setara dengan komputer untuk permainan (gaming) agar tidak tersendat dalam mengolah lagu. Software yang digunakan untuk rekaman juga biasanya memakan cukup banyak ruang memori. Maka, spesifikasi yang mumpuni mmbantu berjalannya proses rekaman dengan baik.

2.    DAW (Digital Audio Workstation)

Digital Audio Workstation adalah software atau perangkat lunak yang digunakan untuk para musisi dalam mengerjakan lagu-lagu ciptaannya. DAW memiliki fasilitas untuk merekam, membuat, dan mengedit lagu. DAW juga memiliki efek-efek yang dibutuhkan dalam pembuatan lagu. DAW memiliki berbagai merk dengan khasnya masing-masing. Tergantung pada genre dan hasil akhir seperti apa yang diinginkan, maka berbeda pula DAW yang dibutuhkan. DAW juga memiliki berbagai variasi kesulitan mulai dari yang diciptakan khusus untuk pemula dengan tidak terlalu banyak opsi di dalamnya, ada juga yang dibuat khusus untuk para profesional dengan fasilitas lengkap.

3.    Audio Interface

Audio interface adalah perangkat untuk menyambungkan ke komputer saat merekam dan keluar dari komputer saat melakukan playback.

4.    Mikrofon

Mikrofon dapat dikatakan salah satu benda paling esensial dari sebuah proses rekaman sebab mikrofon enghantarkan berbagai suara dari berbagai instrumen termasuk vokal ke dalam pengolah suara (dalam hal ini komputer).

5.    Headphone

Digunakan bagi perekam untuk mendengarkan suara agar lebih detail.

6.    Monitor Studio

Monitor atau speaker untuk mendengar flat atau tidaknya output dari perangkat.

7.    Kabel

Tentunya kabel sangat berguna untuk menyambungkan berbagai perangkat. Baik antar perangkat keras ataupun perangkat lunak ke perangkat keras dan sebaliknya.

8.    Microphone Stands

Fungsinya adalah untuk menjaga mikrofon tetap pada tempatnya dan tidak menimbulkan getaran yang dapat memberikan noise pada saat proses perekaman.

9.    Pop Filter untuk menyaring suara terutama dari pengucapan P dan B yang belum banyak orang tahu bahwa pengucapan kedua huruf tersebut dapat menciptakan noise atau suara yang tidak diperlukan.

Setelah memiliki barang-barang di atas dan menyusunnya di dalam satu ruangan, rumah anda sudah dapat dikatakan menjadi home recording studio yang dapat melakukan proses perekaman dari awal hingga mixing dan mastering.

Add Comment