Tips Memilih Jenis Musik untuk Relaksasi
Customer Care -

Tips Memilih Jenis Musik untuk Relaksasi

Tips Memilih Jenis Musik untuk Relaksasi
4 July
2019

Setelah melalui hari-hari yang sibuk, ada kalanya diri butuh dimanja dan diistirahatkan. Mendengarkan musik adalah salah satu alternatif untuk mengistirahatkan pikiran setelah diajak bekerja seharian. Pemilihan jenis musik untuk relaksasi bisa anda atur sendiri sesuai dengan selera. Anda juga dapat membuat playlist dengan genre yang bercampur namun tetap dalam ranah genre kesukaan anda, jadi anda tidak perlu repot ginta-ganti lagu dan mengetik ulang nama musisi atau judul lagunya.

Pada umumnya, musik untuk relaksasi adalah musik dengan tempo yang pelan dan instrumen melodik seperti piano dan gitar. Namun, anda juga dapat menemukan musik-musik yang tenang dari musik tradisional seperti musik tradisional suku Indian. Berikut kami sertakan tips memilih jenis musik untuk relaksasi.

1.    Memilih Genre

Genre yang dapat dipilih ada berbagai macam, anda dapat memulainya dari musik klasik. Setelahnya, anda dapat mengeksplor ke jazz, atau genre-genre lain yang mengusung tema ketenangan. Anda dapat mencoba aliran-aliran tradisional seperti gamelan Jawa, musik dari suku Indian, musik tradisional India ataupun Cina. Anda dapat dengan leluasa memilih dan sesuaikan dengan kebutuhan anda. Suara-suara alam juga dapat anda masukkan ke dalam playlist mengingat suara alam adalah salah satu sumber ketenangan. Kelompokkan lagu-lagu yang menurut anda cocok untuk masuk playlist musik relaksasi anda.

2.    Membuat Playlist

Setelah lagu-lagu dikumpulkan, buatlah playlist dan beri judul sesuai keinginan anda. Misal: “Playlist Musik Relaksasi” untuk menghindarkan dari pemutaran lagu secara random yang akan merusak suasana ketika sedang ingin istirahat dan menyegarkan pikiran. Susunlah lagu-lagu sesuai dengan pilihan anda atau anda dapat memutarnya secara acak. Pastikan lagu yang ada di dalam playlist tidak ada yang keluar dari genre yang merelaksasi.

3.    Sound System

Playlist sudah siap, giliran untuk output pendukungnya. Sesuaikan dengan kebutuhan anda, apakah anda ingin menyendiri di ruangan dengan speaker berspesifikasi bagus sehingga musik yang terdengar akan lebih berkualitas atau anda cukup melangkahkan kaki ke pojok ruangan dan menempatkan earphone di telinga anda sambil memejamkan sejenak mata anda yang lelah. Atau di beberapa kondisi, bisa saja anda sambil yoga bersama teman-teman, maka gunakan speaker yang dapat mencakup seluruh ruangan sehingga anda dan teman-teman dapat bermeditasi lebih menyenangkan diiringi dengan suara-suara alam atau lagu-lagu yang menenangkan pikiran yang sudah anda susun di playlist tadi.

4.    Pendukung

 Anda dapat membuat lebih nyaman suasana beristirahat anda dengan cara menyusun ruangan yang digunakan untuk istirahat lebih rapi dan tidak memasukkan elemen pekerjaan agar pikiran anda tidak terganggu. Sound system yang mumpuni juga sebagai elemen pendukung dalam rangka kegiatan relaksasi ini. Menyeduh teh atau kopi kesukaan anda juga dapat menambah hangatnya suasana relaksasi. Jangan lupa siapkan cemilan untuk pertolongan pertama apabila anda merasa lapar. Apabila anda ingin beristirahat dilanjut dengan tidur, maka persiapkan tempat untuk anda merebahkan diri dengan nyaman dan pastikan tidak ada gangguan yang sepele kecuali ada kondisi darurat. Tentukan waktu yang anda butuhkan untuk istirahat ini agar tidak melenceng dari jadwal dan mengacaukan yang lainnya.

5.    Tambahan

Pemilihan genre lagu yang tepat akan membuat kualitas beristirahat anda lebih baik. Gunakan timer apabila anda kurang terbiasa dengan tidur yang diiringi dengan musik. Selain tidak mengganggu, anda juga melakukan penghematan dengan menggunakan timer. Jadi, tidak ada listrik yang terbuang sia-sia sementara anda tertidur dengan nyaman.

Pastikan semua yang sudah tertulis anda siapkan untuk memulai kegiatan mendengarkan musik relaksasi ini. Jangan lupa untuk memilih sound system dengan kualitas yang terbaik agar waktu istirahat anda tidak terganggu sound system dengan speaker sember atau putus-putus akibat pemasangan kabel yang kurang pas. Selalu cek perlengkapan untuk mendengarkan musik anda, rawatlah secara berkala dan ganti komponen apabila ada yang rusak. Letakkanlah di tempat yang terlindung dari sinar matahari agar tidak mudah rusak dan menjadi lebih awet sehingga anda tidak perlu mengeluarkan budget tambahan hanya gara-gara kelalaian dalam merawat sound system.

Add Comment