Tips Membuat Bioskop Sendiri di Rumah
Customer Care -

Tips Membuat Bioskop Sendiri di Rumah

Tips Membuat Bioskop Sendiri di Rumah
4 July
2019

Menonton di bioskop adalah sebuah pengalaman menonton film dengan fasilitas lengkap dan maksimal. Namun, apadaya apabila isi di dalam dompet berkata tidak.dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, anda sekarang dapat membangun bioskop sendiri di rumah.

Berbagai macam bentuk bioskop dapat dibuat, dimulai dari bioskop sederhana, sampai membangun ruangan yang khusus ditujukan untuk membuat bioskop kecil yang  masih menjadi bagian dari rumah. Banyak referensi di internet mengenai bioskop sederhana. DIY (Do It Yourself) atau membuat sendiri, sampai tiruan bioskop yang menggunakan ruangan kedap suara dan layar lebar.

Produsen elektronik kini telah mengeluarkan satu set home theater yang sudah dapat dikategorikan sebagai bioskop mini. Isi dari seperangkat home theater adalah televisi berlayar lebar, seperangkat audio yang dilengkapi pemecah sinyal suara, dan player  atau pemutar untuk VCD/DVD. Ketiga rangkaian tersebut sudah mencukupi untuk menyulap ruang tengah anda menjadi bioskop kecil.

Namun, kita juga dapat merakit sendiri bioskop kita. Benda-benda yang diperlukan kurang lebih sama dengan home theater, namun kita dapat custom  sendiri pemilihan layar, audio, dan pemutarnya.

Layar

Agar gambar yang terpampang cukup besar, kita butuh layar yang besar pula agar terasa puas menontonnya. Ada dua pilihan untuk membuat jadi layar besar ini. Pertama, membeli televisi yang berlayar besar. Pemilihan layar berukuran 40 inchi ke atas akan memberikan ruang yang lebih besar untuk menonton. Kedua, anda dapat memanfaatkan proyektor dan menembaknya ke arah tembok yang kosong. Ukuran layar yang ditembakkan proyektor dapat diatur sesuai selera dan tempat yang tersedia tentunya.

Audio

Pemilihan audio untuk bioskop di rumah dapat anda rakit sendiri. Pilihlah speaker dengan frekuensi yang berbeda-beda agar dapat menjangkau seluruh suara. Lengkapi dengan pemecah sinyal suara agar suara yang tadinya satu dapat dipecah-pecah sehingga menghasilkan suara yang berpindah-pindah atau surround system. Speaker yang dibutuhkan minimal ada tiga. Satu untuk suara-suara utama diletakkan di depan, speaker yang ditengah untuk menonjolkan dialog, lalu speaker terakhir yang diletakkan di belakang untuk memunculkan suara-suara latar seperti gemericik air dan untuk menangkap dinamika suara dari speaker paling depan ke paling belakang sehingga surround tersebut tercipta. Untuk audio, anda dapat membeli satu set atau secara terpisah sebagaimana kebutuhan dan keinginan anda disesuaikan dengan budget yang anda miliki.

Player

Player atau pemutar untuk memutar kaset dalam format VCD atau DVD sudah banyak jenisnya. Pilihlah player yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Ruangan

Untuk membuat bioskop di rumah, diperlukan ruangan sendiri. Atau, anda juga dapat menyulap kamar anda menjadi bioskop. Carilah referensi di internet untuk bentuk sebuah kamar yang juga berfungsi sebagai bioskop. Speaker yang digunakan cukup yang kecil-kecil dan diletakkan di sudut-sudut ruangan agar tetap mendapatkan surround sound yang membuat beda daripada menonton dengan speaker biasa. Apabila memungkinkan, tambahkanlah pelapis kedap suara pada dinding-dindingnya. Lampu yang digunakan juga sebaiknya tidak terlalu terang agar tidak mengurangi fokus pandangan terhadap layar. Untuk mendapatkan posisi yang nyaman, carilah posisi untuk menembakkan proyektor atau meletakkan layar yang dirasa tepat sehingga anda tidak kerepotan saat sedang menonton. Jarak pandang juga harus diperhatikan agar kepala tidak cepat pegal saat menonton.

Lampu

Sebagai elemen pendukung, pemilihan lampu juga dapat mempengaruhi pengalaman menonton anda. Disarankan untuk memilih lampu yang dapat diubah pengaturan terang-gelapnya. Namun, lampu rumah biasa juga dapat dimanfaatkan, apabila film akan dimulai, kita tinggal mematikan lampunya agar pandangan kita fokus ke layar dan tidak mengurangi kualitas cahaya dari layar.

Anda dapat mencari-cari referensi bentuk dan tata ruang bioskop di internet dengan berbagai tema atau anda dapat merancang sendiri bioskop buatan anda. Yang terpenting, pemilihan alat-alat yang tidak sembarangan dan perawatan secara rutin agar bioskop buatan sendiri tidak mudah rusak dan menimbulkan kerugian di sisi lainnya. Pastikan anda membeli keperluan bioskop di rumah ini dengan kualitas yang baik dan dengan spesifikasi yang pas sesuai dengan selera dan kantong anda.

Add Comment