Langkah Membeli Speaker Aktif terbaik untuk Rumah Anda
Customer Care -

Langkah Membeli Speaker Aktif terbaik untuk Rumah Anda

Langkah Membeli Speaker Aktif terbaik untuk Rumah Anda
25 February
2019

Speaker aktif belakangan ini memang menjadi salah satu topik hangat yang diperbincangkan. Pasalnya jenis ini memiliki banyak sekali keuntungan dibandingkan dengan speaker pasif. Hal ini menyebabkan banyak orang berusaha mencari-cari Speaker aktif terbaik yang cocok untuk digunakan di rumahnya. Bagi anda yang sedang mencari jenis speaker aktif yang terbaik untuk digunakan di rumah anda.

 

Kelebihan dari Speaker Aktif

Sebelum kita masuk ke tips untuk membeli speaker aktif yang terbaik untuk penggunaan dalam rumah, maka terlebih dahulu kita perhatikan apa saja kelebihan yang dimiliki oleh speaker aktif untuk memastikan bahwa anda tidak salah dalam memilih jenis speaker untuk kebutuhan di rumah anda.

 

·         Lebih hemat tempat

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh speaker aktif adalah ia tidak memakan banyak tempat. Seperti yang kita tahu sebuah speaker aktif dilengkapi dengan power ampli sehingga anda tidak lagi membutuhkan power ampli eksternal untuk menggunakannya. Hal ini menyebabkan penggunaan dari speaker aktif ini lebih hemat tempat

 

·         Lebih rapi

Dengan adanya power ampli built in, maka anda tidak perlu repot mencari kabel dan juga menata kabel lebih banyak karena semua settingan kabel antara speaker aktif dengan power ampli sudah di setting di bagian dalamnya.

 

·         Lebih minim pengeluaran

Dengan menggunakan speaker aktif ini, maka yang perlu anda perhatikan hanyalah harga dari speaker ini. Lebih mudah dalam perencanaan dan tentunya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan penyusunan sistem audio dengan speaker pasif.

Ada sangat banyak bukan kelebihan yang dimiliki oleh speaker aktif ini? Jika anda sudah yakin untuk menggunakan speaker aktif ini, maka berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa anda ikuti untuk mendapatkan speaker aktif terbaik di rumah anda.

 

Perhatikan Ukuran Ruangan Anda

Hal pertama yang perlu anda perhatikan ketika akan mencari Speaker aktif terbaik adalah mengenai ukuran ruangan anda. Speaker aktif bisa ditemukan dalam berbagai jenis ukuran. Pada dasarnya setidaknya ada 4 ukuran dari speaker aktif yang bisa anda temukan di pasaran. Jenis speaker aktif ini antara lain bisa ditemukan dalam ukuran 8 inch, 10 inch, 12 inch dan juga 15 inch. Ukuran dari speaker aktif ini akan menentukan seberapa besar suara bass yang bisa dihasilkan. Makin tinggi ukurannya, maka makin rendah nada bass yang bisa diproduksi oleh speaker aktif ini. Untuk anda para penggemar suara dengan debum bass yang kencang tentu akan mencari speaker aktif dengan ukuran yang besar bukan?

 

Tapi jangan terlalu cepat mengambil keputusan. Ukuran speaker aktif yang besar mungkin menjanjikan ukuran bass yang besar. Akan tetapi, ukuran bass yang besar tidak menjamin bahwa suara yang dihasilkan oleh speaker aktif anda nyaman untuk didengarkan. Hal ini kembali lagi dengan ukuran ruangan yang anda miliki. Jika ukuran ruangan anda kecil dan anda menggunakan speaker aktif dengan ukuran yang besar, maka suara yang dihasilkan mungkin tidak akan terdengar nyaman di telinga anda. Jadi pastikan anda memilih speaker aktif dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan ruangan anda.

 

Perhatikan Kekuatan Amplifier

Amplifier merupakan hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ketika anda akan membeli Speaker aktif terbaik. Power ampli merupakan hal yang menyebabkan speaker aktif menjadi banyak diperbincangkan. Tapi juga perlu diperhatikan. Ketika anda akan membeli speaker aktif, perhatikan power ampli yang dimilikinya. Biasanya power ampli dari speaker aktif di sajikan dalam 2 angka yaitu RMS dan juga Peak. RMS merupakan angka yang mewakili nilai dari nilai power rata-rata yang dihasilkan oleh power ampli dari speaker aktif sedangkan nilai Peak adalah nilai power maksimal yang bisa dihasilkan oleh sebuah speaker aktif. Nilai power ampli ini mempengaruhi kekuatan suara yang dihasilkan oleh Speaker aktif terbaik ini. Makin besar ruangan yang anda miliki, maka makin besar juga nilai power ampli yang mungkin anda butuhkan tapi perhatikan juga sebaliknya. Jika anda menggunakan speaker aktif dengan power ampli yang terlalu besar, maka hal ini bisa menyebabkan speaker aktif menghasilkan suara yang tidak anda inginkan. 

Add Comment