Cara untuk Memilih Speaker Aktif Terbaik
Customer Care -

Cara untuk Memilih Speaker Aktif Terbaik

Cara untuk Memilih Speaker Aktif Terbaik
25 February
2019

Untuk memilih Speaker aktif terbaik yang akan digunakan di rumah anda, maka anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini. Apa saja? Mari kita simak ulasannya.

 

Apa itu speaker aktif?

Sebelum berbelanja speaker aktif ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu apa itu speaker aktif. Speaker aktif sering juga disebut dengan powered speaker. Speaker aktif memiliki perbedaan yang cukup besar dengan speaker pasif. Meski begitu banyak yang masih bingung mengenai keberadaan dua jenis speaker ini. Perbedaan yang mendasar dari kedua jenis speaker ini ada pada power amplifier yang dimilikinya. Pada speaker pasif, ia tidak memiliki power ampli di dalam speaker nya. Oleh karena itu, speaker pasif membutuhkan banyak komponen dibandingkan dengan speaker aktif. Sebaliknya, speaker aktif merupakan speaker yang dilengkapi dengan power ampli di bagian dalam nya sehingga memiliki lebih banyak kelebihan. Mulai dari kemudahan dipindahkan, lebih minim tempat penggunaan masih lebih minim komponen yang dibutuhkan untuk menggunakannya. Hal ini menyebabkan lebih banyak orang yang beralih dan mencari Speaker aktif terbaik agar lebih banyak kemudahan yang didapatkan. Terutama bagi mereka yang menggunakan sistem audio untuk kebutuhan rumah tangga.

 

Untuk anda yang ingin membeli speaker aktif, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam pemilihannya.

 

Mengenai Ukurannya

Salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan ketika akan membeli speaker aktif adalah melihat ukurannya. Speaker aktif bisa ditemukan dalam banyak jenis ukuran, mulai dari 8 inch, 10 inch, 12 inch hingga 15 inch. Ukuran-ukuran yang dimiliki oleh speaker aktif ini akan menentukan ukuran woofer yang dimiliki oleh speaker. Woofer biasa juga disebut dengan driver untuk low frekuensi. Ukuran dari speaker aktif ini menentukan seberapa besar suara dengan nada bass yang mungkin anda akan dapatkan dengan menggunakan speaker aktif tersebut. Makin besar ukuran woofer, maka makin rendah nada bass yang bisa anda dapatkan dari speaker aktif tersebut.

 

Penggunaan Daya

Terkadang ketika memilih Speaker aktif terbaik banyak yang terkecoh dengan penggunaan dayanya. Banyak yang berpikir bahwa speaker aktif yang menggunakan daya yang lebih tinggi memiliki kualitas yang lebih baik. Hal ini tidak ada pengaruhnya sama sekali. Untuk anda yang ingin menggunakan speaker aktif dengan volume yang tinggi anda perlu memperhatikan desibel yang dihasilkan oleh speaker aktif. Makin tinggi volume yang bisa dihasilkan, maka makin tinggi desibel yang harus anda pilih.

 

Lalu apa yang dipengaruhi dengan penggunaan daya yang tinggi? Ketika anda memilih speaker aktif dengan penggunaan daya yang tinggi artinya anda memiliki speaker aktif dengan amplifier yang lebih kuat. Pasalnya makin kuat ampli dari sebuah Speaker aktif terbaik, maka makin tinggi penggunaan dayanya. Makin tinggi ampli, maka makin tinggi juga volume yang dihasilkan oleh speaker aktif ini.

 

Mengenal Wattage dari Speaker Aktif

Biasanya produsen speaker aktif akan memberikan 2 jenis wattage dalam spesifikasi speaker aktif yang ia miliki. Spesifikasi wattage yang dimiliki oleh speaker aktif ini antara lain adalah RMS wattage dan juga Peak wattage. Peak wattage merupakan daya maksimal yang dapat dihasilkan oleh sebuah power ampli dalam waktu singkat. Sedangkan RMS wattage merupakan daya rata-rata yang dapat dihasilkan oleh power ampli dalam waktu yang panjang.

 

Biasanya jenis wattage yang paling sering digunakan sebagai ukuran dari Speaker aktif terbaik adalah jenis peak wattage nya. Banyak orang yang juga lebih memilih speaker aktif dengan peak wattage yang tinggi untuk pilihan speaker aktif untuk penggunaannya. Tapi jangan pernah berpikir bahwa speaker yang keras merupakan speaker yang terbaik, untuk penggunaan luar ruangan mungkin hal ini bisa menjadi jaminan, tapi jika anda menggunakannya di dalam ruangan speaker aktif dengan suara yang terlalu kencang dapat menyebabkan suara menjadi mengganggu dan memekakkan telinga. Jadi pastikan anda perhatikan kembali mengenai penggunaan dari speaker aktif ini ketika akan membeli. Selain itu jangan lupakan mengenai kualitas suara dan juga efisiensi ketika akan membeli Speaker aktif terbaik menurut anda.

Add Comment