Panduan Cara Menggunakan Speaker Pasif Tanpa Ampli
Customer Care -

Panduan Cara Menggunakan Speaker Pasif Tanpa Ampli

Panduan Cara Menggunakan Speaker Pasif Tanpa Ampli
14 June
2022

Bagi anda yang tengah mencari cara menggunakan speaker pasif tanpa ampli, sebenarnya hal ini bukanlah tidak mungkin. Meskipun pada dasarnya speaker pasif memang membutuhkan power amplifier terpisah untuk memproduksi suara. Tidak perlu berlama lama lama, yuk langsung saja simak panduannya berikut.

Mengenal Perbedaan Speaker Aktif dan Pasif

Sebelum masuk ke pembahasan bagaimana cara menggunakan speaker tipe aktif tanpa disambungkan ke amplifier terlebih dahulu, sebaiknya anda mengetahui perbedaan antara speaker aktif dan pasif. Sebab tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak pemula yang bingung dalam membedakan kedua jenis tersebut.

  1. Speaker Pasif

Speaker tipe pasif mempunyai fungsi dasar dari speaker, yaitu mengubah sinyal listrik menjadi getaran udara yang bisa didengar oleh telinga manusia. Pada praktiknya, speaker pasif umumnya membutuhkan power amplifier terpisah untuk memproduksi suara yang dihasilkan tersebut.

  1. Speaker Aktif

Berbeda dengan speaker pasif, speaker aktif bisa memproduksi suara tanpa power amplifier terpisah. Pasalnya perangkat ini sudah dilengkapi dengan power amplifier internal, sehingga anda bisa menyambungkannya langsung ke mixer. Itu berarti penggunaannya akan jauh lebih simpel karena mampu mengurangi jumlah kabel yang diperlukan.

Menggunakan Speaker Pasif Tanpa Amplifier

 Apabila dilihat dari pengertian dan perbedaannya dengan speaker aktif, speaker pasif terlihat tidak dapat mengeluarkan suara tanpa adanya tambahan power amplifier. Meski begitu, bukan tidak mungkin jika anda ingin mencari cara menggunakan speaker pasif tanpa ampli.

Caranya yaitu siapkan terlebih dahulu sebuah jack audio, bisa dibeli di tempat jual audio sound system atau jika masih mencoba bisa diambil dari bekas headset yang telah dikupas pembungkusnya. Di bagian jack audio tersebut ada empat pin ataupun tiga gelang, pin pertama untuk L-audio, pin dua untuk R-audio, pin tiga adalah grounding, dan pin empat untuk mikrofon.

Sambungkan kabel positif dan negatif dari speaker ke jack audio. Kabel positif disambung ke pin satu dan dua, sementara kabel negatif disambungkan ke pin tiga. Jika sudah disambungkan, langsung saja coba pasang ke input media player. Misalnya dicoba dengan menggunakan smartphone.

Nantinya anda akan menemukan bahwa speaker memang dapat mengeluarkan suara. Sehingga cara menggunakan speaker pasif tanpa ampli ini memang mungkin dilakukan. Akan tetapi, suara yang dihasilkan memang cukup lemah dan tidak terlalu besar meskipun volume dari media player sudah ditingkatkan.

Kesimpulan Menggunakan Speaker Pasif Tanpa Ampli

Dari percobaan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa speaker aktif memang lebih memerlukan power amplifier tambahan untuk memproduksi suara. Meskipun bisa mengeluarkan suara tanpa dihubungkan ke amplifier, namun suara yang dihasilkan termasuk lemah sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan pengguna.

Sehingga dibutuhkan power amplifier terpisah untuk memproduksi suara yang lebih besar. Dimana menyambung speaker ke power amplifier sendiri caranya sebenarnya tidak susah, bahkan pemasangan yang asal asalan tetap akan membuat speaker menyala. Akan tetapi, akan lebih baik jika pemasangannya dilakukan dengan benar agar suara yang dihasilkan tidak pecah.

Dalam hal ini, ada perlu memahami ukuran speaker yang ingin disambung. Apabila speaker memiliki kapasitas kecil dan power besar, maka sebaiknya disambung dengan cara seri agar tidak membuat speaker rusak. Dan suara yang dihasilkan pun menjadi lebih kuat dan jernih, tidak seperti suara yang dihasilkan dari cara menggunakan speaker pasif tanpa ampli.

Demikian pembahasan singkat mengenai cara menggunakan speaker tipe pasif tanpa dihubungkan dengan amplifier. Meskipun dapat mengeluarkan suara, akan lebih baik jika menghubungkannya dengan power amplifier supaya lebih kuat. Di sini, Bliaudio hadir dengan penawaran berbagai tipe speaker baik pasif maupun aktif. Tersedia juga power amplifier dengan berbagai ukuran daya.

Info untuk speaker passive klik link berikut https://www.bliaudio.com/speaker-c139/pasif-c141

Add Comment