5 Daftar Label Rekaman Terpopuler di Indonesia
Customer Care -

5 Daftar Label Rekaman Terpopuler di Indonesia

5 Daftar Label Rekaman Terpopuler di Indonesia
11 January
2021

Di dalam dunia musik, tentu saja album memiliki peranan yang cukup penting. Selain itu, bisnis dalam bermusik juga kerap kali mengalami pasang surut. Sehingga, tak mengherankan terdapat beberapa album yang berkualitas maupun yang tidak terdengar gaungnya. Tentunya label rekaman Indonesia juga memiliki peranan dalam hal tersebut. Berikut label rekaman Indonesia yang terkenal : 


Daftar Label Rekaman yang Ada di Indonesia


1. Rottrevore Records

Label pertama yang harus anda tahu adalah Rottrevore Records. Label satu ini menaungi musik dengan ciri khas grindcore dan juga death metal. Rottrevore Records juga menjadi salah satu label paling berpengaruh yang ada di Indonesia. Untuk awalannya sendiri, label recording ini didirikan di kota Bandung pada tahun 1999.


Dimana untuk pendirinya sendiri merupakan anggota dari band band death metal. Sebut saja seperti Ferly yang merupakan gitaris Jasad, Rio yang merupakan gitaris Bloody Gore dan juga Andre Tiranda yakni gitaris band Siksakubur. Label ini sendiri berdiri dengan tujuan untuk merilis album dari band death metal lokal dan juga karena sedikitnya peluang bisnis dari band dengan genre tersebut.


2. Aksara Records

Label rekaman Indonesia selanjutnya adalah Aksara Records. Aksara sendiri merupakan salah satu label yang menaungi musik independen di kota Jakarta. Dan untuk pengaruhnya sendiri pun tidak terbatas pada musik saja. melainkan juga pada bidang seni lain, sebut saja seperti film, desain dan juga dalam seni rupa serta busana.


Aksara Records sendiri merupakan salah satu label yang diusung oleh Hanin Sidharta dan juga David Tarigan. Label satu ini pun menjadi salah satu rekaman yang menjadi patokan dari label label independen lainnya yang cukup menjamur di sekitar tahun 2010. Adapun beberapa albumnya antara lain seperti OST Janji Joni dan juga White Shoes and The Couples Company.


3. FFWD Records

Selanjutnya, FFWD Records juga menjadi salah satu label rekaman Indonesia yang cukup berpengaruh pada musik dalam negeri. Label asal Bandung ini memiliki genre independen pada musik indie yang ada di Indonesia. Untuk label recording ini telah berdiri sejak tahun 1999 oleh Didit Aditya, Helvi Sjarifuddin dan juga Achmad Marin Ramdhani.


Tak tanggung tanggung, kualitas yang dimiliki oleh label ini pun sangat bagus. Pasalnya, FFWD Records menjadi salah satu label independen lokal yang bisa menjual album hingga 50 ribu kopi. Tentu saja, hal ini menjadi salah satu pencapaian yang luar biasa pada sebuah label independen di Indonesia.


4. Aquarius Musikindo

Label satu ini memiliki nama yang tidak asing di kancah musik Indonesia. Tak mengherankan, hal tersebut dikarenakan label ini menaungi band besar di Indonesia salah satunya adalah Dewa 19. Telah berdiri sejak tahun 1969, namun nama Aquarius Musikindo baru mulai dipakai pada tahun 1988. Label ini menghasilkan album dari musik ternama pada tahun 80-90 an.


5. Remaco 

Sedangkan untuk label rekaman Indonesia yang paling tua adalah Remaco atau yang memiliki kepanang Republic Manufacturing Company. Remaco sendiri dulunya menjadi salah satu perusahaan rekaman musik yang terbesar di Indonesia. Hal ini tentu saja tidak mengejutkan, sebab musisi ternama seperti Koes Plus hingga The Rollies pernah memiliki album dengan label satu ini.


Itulah beberapa perusahaan rekaman musik di Indonesia yang memiliki pengaruh cukup besar dalam industri musik di tanah air. Meskipun saat ini banyak album yang telah beralih menuju ke digitalisasi, akan tetapi kelima label rekaman tersebut sempat memberi warna dalam musik yang ada di Indonesia.


Add Comment