MUSIK : Definisi, Penemu - Sejarah dan Genre Pada Musik
Customer Care -

MUSIK : Definisi, Penemu - Sejarah dan Genre Pada Musik

MUSIK : Definisi, Penemu - Sejarah dan Genre Pada Musik
28 August
2020

Musik memang menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Hal ini dikarenakan dengan adanya musik dapat membuat perasaan menjadi lebih senang dan membantu untuk memperbaiki mood. Namun, tahukah anda apa itu musik? Musik adalah nada nada yang memiliki satu kesatuan dan menjadi lagu yang indah. Untuk lebih jelasnya, dalam ulasan kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai musik.


Apa Itu Musik? Kenali Disini! 


Musik merupakan kesenian yang memadukan antara beberapa nada menjadi alunan yang indah. Dalam KBBI sendiri, musik sendiri dapat diartikan sebagai ilmu yang menyusun nada atau suara menjadi sebuah kombinasi dan juga hubungan temporal. Sehingga nantinya akan bisa menghasilkan suara yang bersinambung dan juga memiliki kesatuan.

Tak hanya itu saja, musik sendiri dapat berfungsi untuk memadukan instrumental dan juga suara menjadi satu bentuk yang indah. Sehingga, musik adalah suatu hal yang mampu untuk menembus hati setiap masyarakat yang ada di dunia. Pasalnya, dapat dikatakan dengan adanya musik mampu membuat seseorang menjadi lebih merasa memiliki semangat. Seni satu ini juga menjadi hal yang bisa menghasilkan uang dan menghibur semua orang.


Siapa Penemu Musik?


Untuk musik sendiri sebenarnya telah dikenal oleh manusia sejak zaman Homo Sapiens yakni sekitar 180 ribu hingga 100 ribu tahun yang lalu. Sehingga, keberadaan musik di dunia ini telah berjalan dengan sangat lama. Untuk penemu musik yang pertama kali adalah Al Farabi yang memiliki nama lengkap yakni Abu Nasr Muhammad bin Tarkhan bin Uzlag Al Farabi. Dikenal sebagai salah satu pakar musik atau maestro dalam bidang musik. Dimana beliau merupakan orang yang menemukan not not pada musik yang selama ini kita kenal.

Beberapa sumber juga mengatakan bahwa istilah musik adalah ditemukan oleh bangsa Yunani. Hal ini dikarenakan berasal dari perkataan muse muse yang merupakan sembilan dewa Yunani yang berada di bawah Dewa Apollo. Yang mana berfungsi untuk melindungi seni dan juga ilmu pengetahuan. Musik sendiri selanjutnya, dipertegas oleh perkataan Pythagoras.

Disini, ia mengatakan bahwa musik tak hanya sekadar hadiah atau bakat yang berasal dari dewa saja. Namun, musik bisa saja terjadi karena adanya akal dan budi yang dimiliki oleh manusia di dalam membentuk teori yang anda. Untuk itu, Phytagoras sendiri juga dikatakan sebagai numerolog musik yang pertama. Hal ini dikarenakan ia meletakkan dasar untuk akustik dan orang Yunani yang menemukan keserasian antara panjang string dan juga nada pada not.


Genre Pada Musik yang Perlu Anda Tahu

Semakin berkembangnya zaman, maka semakin banyak pula genre musik yang ada di dunia. Genre musik adalah jenis musik yang membuat anda mampu untuk menemukan perbedaan antara ciri ciri yang terdapat pada setiap jenis nada. Ada beberapa genre musik yang bisa anda temui. Diantaranya adalah jazz, blues, pop, rock, classic, gospel, RnB, Hip Hop hingga Techno. Bahkan yang terbaru terdapat pula genre EDM yang menggabungkan nada dengan alat elektronik menjadi satu kesatuan.

Itulah beberapa hal yang perlu untuk anda tahu mengenai musik. Hal ini dikarenakan musik menjadi salah satu bagian penting di dalam kehidupan kita. Sehingga, anda pun perlu tahu tentang seluk beluk musik. Dengan begitu, anda pun akan semakin bisa mendalami jenis musik yang anda dengarkan. Terutama jika anda memiliki profesi sebagai penyanyi atau pun yang bekerja di industri musik.


Add Comment