5 Tips Mudah Merawat Earphone Agar Tahan Lama Dan Awet Digunakan
Customer Care -

5 Tips Mudah Merawat Earphone Agar Tahan Lama Dan Awet Digunakan

5 Tips Mudah Merawat Earphone Agar Tahan Lama Dan Awet Digunakan
7 July
2020

Perangkat audio sound system sangat banyak macamnya, salah satunya yang akrab dengan kita adalah earphone. Rasanya dimanapun berada banyak menemukan orang orang menggunakan earphone untuk mendengarkan musik atau berkomunikasi. Hanya saja benda satu ini seringkali tak berumur panjang atau lebih sering rusak. Untuk merawatnya agar earphone tahan lama, Anda bisa mengikuti beberapa tips dalam ulasan berikut.


Tips Mudah Merawat Earphone Agar Awet Selalu


1. Menggulung Kabel Dengan Benar

Seringkali ketika akan menggunakan, kita masih sibuk untuk mengurai kabelnya. Dan kebiasaan tidak menggulung kabel dengan benar menjadikan earphone menjadi lebih cepat rusak. Anda bisa menggulung dengan menggunakan tiga jari dan memutari jari tersebut. Sebaiknya jangan menggulung semuanya, bisa disisakan sekitar 10 cm. Nantinya sisa kabel bisa dijadikan pengikat dalam menggulung kabel yang tepat dan benar.


2. Menghindari Volume Maksimal

Menggunakan earphone dengan volume maksimal memang banyak dilakukan. Apalagi ketika berada di tempat yang ramai, maka akan otomatis membesarkan volume. Padahal hal ini tak dianjurkan, sebab nantinya komponen pada earphone akan rentan rusak. Suaranya juga akan mengalami penurunan kualitas. Bukan hanya itu, penggunaan perangkat audio sound system satu ini terlalu keras juga tak akan baik untuk pendengaran kita. Sebaiknya atur volume secukupnya saja.


3. Menghindari Air atau Mengeringkan Telinga Terlebih Dahulu

Salah satu faktor yang menyebabkan earphone cepat rusak yaitu adanya air yang masuk pada earbud. Headset atau earphone merupakan benda elektronik sehingga wajar jika bisa terjadi konslet jika terkena air. Pada saat menggunakan earphone juga sebaiknya telinga dalam kondisi yang kering. Memang terlihat sepele, namun kebiasaan ini tak hanya merusak headset atau earphone namun juga berbahaya. Keringkan lebih dahulu setelah mandi atau kehujanan.


4. Rajin Untuk Membersihkan Earphone / Headset

Perawatan selanjutnya yang nantinya bisa menjadikan earphone atau headset menjadi awet adalah rutin membersihkan. Anda bisa membersihkan bagian kabel yang biasanya terkena noda. Untuk membersihkannya bisa menggunakan alkohol agar bakteri dan nodanya hilang. Tidak hanya dari noda, debu juga kerap kali menempel pada perangkat satu ini. Anda bisa memanfaatkan cutton bad untuk membersihkannya.


Tidak hanya pada kabelnya, untuk headset dengan bantalan juga harus rajin dibersihkan. Agar bagian bantalan perangkat audio sound system ini awet, maka sebaiknya menghindarkan dari sinar matahari secara langsung. Kain katun maupun microfiber bisa dimanfaatkan untuk membersihkan bagian bantalannya. Tujuannya agar bantalan ini beba debu maupun keringat.


Sebenarnya menjaga barang agar tetap awet bukanlah hal yang sulit. Namun terkadang ada kebiasaan kebiasaan yang tanpa sadar dilakukan dan membuat barang tersebut cepat rusak. Begitulah yang kebanyakan terjadi ketika merawat headset maupun earphone. Meletakkan sembarangan, menggulung kabel sekenanya dan hanya menggunakan tanpa membersihkan. Jika semua kebiasaan tersebut dilakukan wajar jika umurnya tak panjang. 

Add Comment