4 Cara Mudah Dalam Memasang Perangkat Sound System Yang Benar
Customer Care -

4 Cara Mudah Dalam Memasang Perangkat Sound System Yang Benar

4 Cara Mudah Dalam Memasang Perangkat Sound System Yang Benar
5 June
2020

Untuk anda yang baru saja ingin memasang sound system, tentu saja anda pun akan bingung tentang bagaimana cara pemasangannya. Hal ini dikarenakan sususan perangkat sound system yang benar tentu saja akan bisa untuk menghasilkan suara yang optimal. Untuk menghindari kesalahan di dalam pemasangan, maka anda pun bisa menyimak tentang bagaimana urutan ketika memasang aksesoris dari perangkat satu ini. Simak ulasannya berikut.


Ketahui Urutan Pemasangan Sound System Untuk Hasilkan Suara Optimal


1. Audio Mixer

Di dalam urutan pemasangan sound system maka hal pertama yang perlu untuk anda pasang adalah audio mixer. Hal ini dikarenakan mixer merupakan salah satu alat yang berfungsi untuk mencampurkan seluruh perangkat alat musik ke dalam satu mixer audio. Sehingga nantinya, semua alat musik seperti keyboard, laptop dan juga CD akan dicampur dengan di lanjutkan ke aksesoris lain memalui jalur output.


2. Equalizer

Sususan perangkat sound system selanjutnya adalah equalizer. Perangkat satu ini memiliki tugas untuk memotong frekuensi suara yang tidak anda butuhkan. Hal ini dapat terjadi ketika ketika terdapat suara drum yang sangat kuat dan menonjol, dengan menggunakan equalizer maka anda pun akan dapat dengan mudah untuk memotongnya.


Untuk pemasangannya sendiri, maka output dari L atau R mixer tersebut akan bisa anda masukkan ke equalizer ini. Kemudian, nantinya output dariequalizer ini akan bisa masuk ke power amplifier. Perangkat dalam sound system ini pun sangat cocok digunakan untuk speaker vocal ataupun monitor.


3. Dengan Mengaktifkan Crossofer

Sebelum anda mengaktifkannya, maka anda pun perlu untuk mengetahui jenis dari crossofer ini. Perangkat satu ini memiliki dua jenis yakni yang aktif dan juga pasif. Untuk perangkat crossofer yang pasif tidak perlu untuk menggunakan listrik dan hanya diletakkan di dalam box speaker. Sedangkan untuk sususan perangkat sound system yang aktif ini akan lebih bisa untuk digunakan di semua speaker. 

Untuk fungsinya sendiri, crossofer ini berguna untuk memfilter suara yang tidak anda inginkan. Sehingga suara midle tersebut akan hilang ketika anda menggunakan crossofer untuk speaker dengan 18 sub. Pemasangannya sendiri pun bisa dilakukan setelah memasang equalizer terlebih dahulu. Selain itu, untuk output mixer atau equalizer ini akan masuk dalam in crossofer. Sedangkan untuk outnya sendiri akan masuk ke in power.


4. Power dan Speaker

Sedangkan untuk susunan perangkat selanjutnya adalah power. Power sendiri merupakan alat penerus dari berbagai macam perangkat. Dimana sebelum berlanjut ke speaker, maka perangkat tersebut akan dibawa ke power amplifier. Sedangkan untuk sususan perangkat sound system yang terakhir adalah speaker. Speaker ini berguna untuk menerima sinyal getaran suara. Speaker sendiri memiliki peranan untuk menghasilkan suara dari serangkaian perangkat yang ada.

Ada berbagai macam jenis speaker yang anda butuhkan sesuai dengan keingnan anda. Untuk anda yang menjadi speaker vocal maka anda punbisa dengan menggunakan speaker 12” fullrange. Sedangkan untuk midle maka anda pun bisa memakai speaker 15”. Dan untuk bass, maka anda pun bisa dengan menggunakan speaker yang memiliki ukuran 18”.


Dengan mengetahui urutan dan juga tata cara pemasangan sound system ini pun akan bisa membantu anda di dalam pemasangannya. Sehingga hal ini pun akan bisa untuk membuat anda nantinya akan bisa untuk menghasilkan suara yang jernih dan juga optimal. Hal ini dikarenakan jika anda salah dalam memasang speaker maka akan membuat suara menjadi tidak enak dan membuat perangkat cepat rusak.


Add Comment