4 Penyebab Utama Mengapa Speaker Menjadi Sembar / Pecah
Customer Care -

4 Penyebab Utama Mengapa Speaker Menjadi Sembar / Pecah

4 Penyebab Utama Mengapa Speaker Menjadi Sembar / Pecah
5 June
2020

Sering kali anda pun akan mendengar suara speaker yang sembar. Hal ini tentu saja akan menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan, pasalnya suara tersebut akan membuat musik yang anda dengarkan menjadi tidak enak dan pecah. Bagi anda yang mengalami hal tersebut, maka dalam ulasan kali ini akan dibahas tentang penyebab speaker sembar yang sering kali ditemui. Berikut simak selengkapnya.


Hal Yang Menyebabkan Suara Speaker Menjadi Pecah


1. Spool

Ketika anda ingin untuk memasukkan speaker ke dalam box maka anda pun bisa untuk menggerakkan daun speakernya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pada speaker tersebut terdapat suara gesekan atau tidak. Anda pun bisa melakukannya dengan tangan. Jika di dalam menggerakan daun speaker tersebut, anda menemukan suara gesekan maka kemungkinan ketika anda nantinya akan menghidupkan speaker tersebut akan  bisa memiliki suara yang serak.

Untuk itu, penyebab speaker sembar ini bisa anda akali dengan memukul daun spekaer selama beberapa kali. Kemudian, anda pun bisa menghidupkan speaker tersebut dengan memiliki volume yang sangat keras. Pasalnya ketika anda menghidupkan dengan volume yang pelan, maka nantinya akan terdengar suara speaker yang sembar. Setelah anda memainkan speaker tersebut, maka anda pun bisa memeriksa kembali bagian spool dengan cara menggeser membran.


2. Power Amplifier

Selain itu, penyebab dari suara speaker yang sembar adalah dikarenakan terkadang orang memaksa speaker dengan menggunakan power yang berdaya kecil dan tidak seimbang. Hal ini dikarenakan bukan speaker tersebut memiliki suara yang sembar, namun hal ini dapat menyebabkan speaker anda menjadi rusak karena kurangnya arus. Untuk itu, anda pun bisa menggunakan power yang bagus bukanlah power yang rakitan.


3. Speaker Box 

Hal lain yang bisa juga menjadi penyebab speaker sembar adalah ketika anda menggunakan speaker abal abal. Untuk itu, anda pun bisa menggunakan speaker yang memang benar benar bagus. Hal ini dikarenakan ketika anda menggunakan speaker yang abal abal atau spool ilang maka nantinya anda pun akan mengiran bahwa speaker tersebut yang bermasalah. Sehingga, ketika anda merasa speaker telah bagus maka anda bisa mengetesnya terlebih dahulu sebelum masuk box speaker. Pasalnya, hal tersebut juga bisa menjadi penyebab speaker bersuara pecah.


4. Settingan

Hal lain yang bisa menjadi salah satu penyebab speaker anda mengeluarkan suara yang pecah adalah kesalahan di dalam menyetingnya. Untuk itu, anda pun jangan terburu buru untuk menyalahkan bahwa yang bermasalah adalah komponen speaker anda. Hal ini dikarenakan nantinya akan membuat speaker menjadi mengeluarkan suara yang sembar.

Tentunya penyebab speaker sembar tersebut akan bisa untuk membuat anda menjadi sebal. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut maka anda pun bisa dengan mencoba untuk memilih lagu tanpa aksesoris seperti mixer audio. Kemudian, anda pun bisa memasukkan jack phone langsung ke power audio. Ketika suara masih sembar maka anda pun bisa untuk mencoba ganti power. Hal ini menentukan bahwa suara sembar tersebut berasal dari aksesoris anda atau bukan.


Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab suata speaker anda menjadi sembar. Untuk itu, setelah anda mengetahui hal apa saja yang menjadi penyebabnya maka anda pun nantinya akan bisa untuk mencoba beberapa cara untuk mencari penyebab dan memperbaikinya. Sehingga speaker pun akan bisa untuk  mengeluarkan suara yang jernih dan menjadi lebih enak untuk di dengarkan.


Add Comment