Apa Itu Driver Speaker? Yuk Cari Tahu Di Sini
Customer Care -

Apa Itu Driver Speaker? Yuk Cari Tahu Di Sini

Apa Itu Driver Speaker? Yuk Cari Tahu Di Sini
13 May
2020

Setiap orang memiliki speaker, terutama pada alat alat elektronik yang menghasilkan suara. Pada umumnya speaker memilih driver yang juga memiliki peranan penting. Belum lagi setiap speaker juga memiliki range serta frekuensi yang berbeda. Untuk itulah mengapa anda perlu tahu lebih banyak tentang perangkat audio ini. Ulasan berikut akan membantu anda untuk mengetahui tentang driver speaker lebih jelas. 


Mengenal Lebih Dekat Driver Untuk Speaker serta Cara Kerjanya

  1. Sekilas Tentang Driver Untuk Speaker
    Driver pada speaker ini memiliki fungsi untuk tempat suara yang akan dikeluarkan melalui getaran yang berasal dari eletromagnetik. Umumnya driver memiliki bentuk yang mirip dengan membran yang ada pada speaker. Driver juga akan bekerja secara bolak balik untuk menghasilkan gelombang suara yang bisa didengar. Umumnya driver pada speaker ini jumlahnya lebih dari satu yang biasanya kita lihat pada alat elektronik ada di rumah.

    Terdapat bermacam macam driver pada speaker yang bisa anda temui. Jika secara umumnya biasanya terdiri dari Tweeter dan juga Woofer. Masing masing driver ini memiliki range suara yang berbeda. Ada yang bisa menghasilkan trembe dengan suara yang lebih besar dan juga lebih kecil. Sebenarnya tidak hanya terdiri dari macam saja, karena ada juga driver speaker yang bisa menggapai range suara di kelas midrange maupun full range,

  2. Jenis Jenis Driver Pada Speaker
    Seperti yang sudah disinggung, jika driver ini dikelompokkan berdasarkan kemampuan dalam menggapai frekuensi. Jenis yang pertama adalah full range speaker yang bisa menangkap rentang kerja di 40 HZ sampai 2Khz atau untuk suara bass sampai suara vocal. Biasanya dijumpai pada sistem soun di karaoke. Terdapat juga Tweeter yang dikhususkan untuk nada tinggi  yang rentangnya dari 2000 hingga 20000 Hz dan tergolong kecil.

    Untuk yang selanjutnya adalah jenis midrange speaker yang dibedakan menjadi 2 yakni Midrange high dan Midrange low. Masing masingnya digunakan untuk nada tengah serta untuk nada bass. Jika membahas tentang driver pada speaker maka juga tidak boleh melewatkan woofer. Woofer ini model driver yang dikhususkan untuk suara yang bas dengan gelombang 80Hz hingga 250 Hz. Ukuran driver speaker ini juga terbilang besar.

  3. Cara Kerja Driver Pada Speaker
    Driver pada speaker ini memiliki diafragma yang nantinya akan bergerak secara bolak balik agar menghasilkan gelombang tekanan udara serta suara.  Namun hal ini tergantung pada penempatan di beberapa sudut atau sisi. Untuk diafragma yang dimiliki bentuknya seperti kerucut untuk frekuensi yang rendah atau menengah. Sementara untuk yang tinggi bentuknya seperti sebuah pita yang dilapisi plastic polypropylene atau plastik.

    Umumnya speaker memiliki lebih dari satu driver, namun ada juga speaker yang hanya memiliki satu speaker. Dan untuk speaker dengan satu driver ini biasanya jenis woofer Karena jenis ini yang paling penting untuk menghasilkan suara yang ngebass. Hanya saja speaker dengan satu driver speaker akan memiliki kualitas suara yang tidak begitu sempurna. Mengingat setiap driver akan memegang frekuensi suara yang berbeda dan beragam.


Penjelasan mengenai driver pada speaker ini diharapkan bisa memberikan manfaat untuk pembaca. Dari penjelasan tersebut bisa ditarik kesimpulan jika driver yang ada pada speaker ini memiliki jenis dan jumlahnya biasanya lebih dari satu. Meskipun ada juga speaker yang memiliki satu saja. Mengenali masalah drivernya juga bisa membantu anda untuk mendapatkan speaker yang mampu hasilkan kualitas suara yang paling baik.


Add Comment