4 Tips Cara Memilih Kabel Speaker Terbaik Untuk Anda
Customer Care -

4 Tips Cara Memilih Kabel Speaker Terbaik Untuk Anda

4 Tips Cara Memilih Kabel Speaker Terbaik Untuk Anda
13 May
2020

Mendengarkan musik atau menonton film dengan menggunakan speaker memang sangat menyenangkan. Ada rasa puas karena kita bisa mendengarkan suara dengan lebih keras serta jelas. Dan untuk menghubungkan perangkat yang kita miliki dengan speaker, maka dibutuhkan kabel speaker. Namun tidak semua kabel bisa digunakan untuk speaker yangkita miliki. Untuk itu Anda bisa menyimak cara memilih kabel untuk speaker ini dalam ulasan berikut. 

Cara Mudah Memilih Kabel Untuk Speaker Yang Wajib Diketahui

  1. Memilih Jenis Kabel Yang Sesuai
    Perlu Anda ketahui jika kabel untuk speaker ini ada beberapa jenis sehingga bisa menemukan yang cocok dengan speaker Anda. Kabel yang baik bagi speaker adalah jenis kabel serabut dibandingkan dengan kabel yang isinya tunggal. Sebab kabel serabut akan lebih mudah untuk ditata, dipasang dan juga memiliki kontak yang lebih baik. Hal ini dikarenakan permukaan kontaknya yang lebih luas jika dibandingkan kontak kabel tunggal.

    Tidak hanya itu jenis kabel serabut juga lebih lentur sehingga mudah untuk dilipat. Menariknya lagi jenis kabel ini akan bisa menghasilkan suara yang lebih sempurna. Sementara untuk konduktor tunggal akan lebih berisiko patah serta terlepas. Selain itu konduktor kawat juga sebaiknya dihindari. Sebab akan lebih mudah patah serta susah digulung. Akan lebih baik memilih kabel speaker serabut tembaga karena lebih kuat dan awet.

  2. Ukuran Kabel
    Ukuran kabel juga perlu Anda perhatikan ketika Anda sedang mencari kabel untuk speaker. Pada saat Anda memilih ukuran, Anda juga harus memperhatikan serta mempertimbangkan kualitas dari komponen serta sepaker sendiri. Umumnya satu merk kabel akan bisa menyediakan ukuran serta varian yang beragam. Terutama jika terkait dengan ukuran maupun ketebalan dari kabel. Semakin besar konduktor akan semakin baik penghantar gelombangnya.

    Yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk menentukan kabel untuk speaker yang baik adalah ukuran speakernya, ukuran amplifier dan juga jarak yang dibutuhkan nantinya. Ada banyak faktor yang nantinya menentukan ukuran dari konduktor kabel yang paling efisien. Langkah yang paling mudah dan aman adalah memilih kabel yang paling tebal. Hanya saja akan berdampak pada harga kabel speaker nantinya. Semakin tebal semakin mahal harganya.

  3. Kualitas Kabel
    Kualitas dari kabel juga harus menjadi pertimbangan bagi Anda. Kabel yang berkualitas memiliki kualitas logam dengan tingkat konduktivitas yang tinggi. Beberapa juga dilengkapi konstruksi khusus yang mampu untuk melindungi komponen yang dimiliki. Di pasaran banyak sekali merk kabel yang bisa Anda buru. Salah satu yang memiliki kualitas baik adalah merk S2CeB yang bisa dijadikan sebagai referensi. Harga yang dijual juga beragam serta bisa didapatkan secara online.

  4. Panjang Kabel
    Point yang tidak kalah penting yang dalam memilih kabel untuk speaker adalah panjangnya. Semakin panjang kabel biasanya kualitas suara yang dihasilkan tidak terlalu baik. Sehingga lebih baik menggunakan kabel yang sependek mungkin. Dengan begitu kabel tersebut bisa menghasilkan kualitas suara yang lebih bagus. Terutama bagi Anda yang sedang menginstalasi untuk home theater atau karaoke. Kabel speakernya gunakan yang paling dekat atau pendek saja.

Dengan sedikit tips sederhana memilih kabel untuk speaker, maka Anda bisa mendapatkan kabel yang memiliki kualitas baik. Meskipun untuk panjang kabel tidak bisa menjadi patokan, terutama untuk audio lapangan. Dimana audio jenis ini membutuhkan kabel yang panjang. Untuk memudahkan Anda bisa memperhatikan bagian yang lain seperti ukuran dan juga jenis yang dibutuhkan speaker Anda.


Add Comment