Cara Memilih dan Menggunakan Kabel RCA Dengan Mudah
Customer Care -

Cara Memilih dan Menggunakan Kabel RCA Dengan Mudah

Cara Memilih dan Menggunakan Kabel RCA Dengan Mudah
13 May
2020

Sudah Tahu Cara Memilih dan Menggunakan Kabel RCA? Simak Di Sini

Bagi anda yang memiliki perangkat elektronik audio visual, tentunya tidak asing dengan keberadaan kabel yang memiliki 3 warna. Warna yang ada kabel ini adalah putih, kuning dan juga merah yang biasanya dihubungkan dari DVD menuju TV.  Kabel satu ini disebut dengan kabel RCA yang merupakan kepanjangan dari Radio Corporation of Amerika. Kabel satu ini memiliki peranan penting sehingga anda harus tahu cara memilihnya. Simak ulasannya berikut.


Berkenalan Dengan Kabel Tiga Warna Yang Banyak Digunakan

  1. Sekilas Tentang Kabel 3 Warna RCA
    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya RCA kepanjangan dari Radio Corporation of Amerika. Kabel satu ini merupakan kabel yang konvensional yang biasanya digunakan untuk mengirim sinyal analog dari perangkat audio maupun video ke perangkat lainnya. Umumnya kabel ini memiliki ukuran yang cenderung besar dengan setiap kabel yang dipisahkan. Hal ini dikarenakan setiap kabel memiliki sinyal yang berbeda dan agar memudahkan.

    RCA ini pertama kali dikenalkan kepada khalayak pada tahun 1940 an awal. Dimana pada tahun tersebut RCA digunakan untuk koneksi internal pickup menuju sasi di konsol fonograf atau radio di rumah rumah. Sementara saat ini keberadaan kabel ini bisa digunakan antara DVD dengan TV. Selain itu juga digunakan pada LCD proyektor untuk kemudian dihubungkan dengan perangkat lainnya. Mengingat kabel RCA ini memang bisa menghubungkan ke banyak perangkat.

  2. Fungsi RCA
    Untuk kabel dengan warna kuning biasanya digunakan untuk visual yang akan membawa sinyal analog pada video. Untuk kabel warna merah dan juga putih digunakan untuk audio. Warna merah berfungsi untuk sinyal analog pada audio channel kanan sementara yang sebelah kiri berfungsi sebagai analog audio channel yang bagian kiri. Dengan warna warna ini anda akan mudah untuk mengenali kabel dengan tiga warna ini ketika akan menggunakannya.

  3. Cara Memilih RCA yang Baik
    Memang kabel satu ini sangat mudah untuk ditemui dan sering digunakan. Karena tersedia banyak, maka anda harus tahu cara memilih yang terbaik. Dimana kabel yang baik akan memiliki bahan pelindung yang lebih kuat. Bahan pelindung yang kuat dan baik pada kabel RCA akan membantu untuk mencegah terjadi interferensi frekuensi radio. Jika hal ini terjadi maka bisa mempengaruhi kualitas dari audio yang dihasilkan antara kedua perangkat yang tersambung.

    Anda juga sebaiknya memilih RCA yang memiliki penghantar dari bahan tembaga atau perak. Karena bahan bahan tersebut merupakan jenis konduktor yang paling baik. Jika semua kriteria ini dipenuhi maka anda bisa mendapatkan RCA dengan kualitas yang baik.  Tidak menutup kemungkinan jika kualitasnya baik maka akan bertahan lama. Kabel satu ini seringkali terjadi kerusakan terutama apabila cara penyimpanan atau kualitasnya tak baik.

  4. Cara Menggunakan RCA
    Seperti yang kita ketahui kabel satu ini banyak digunakan untuk menghubungkan audio dan video yang berbasis multimedia. Untuk menggunakannya cukup masukkan kabel pada port yang sudah sesuai. Perhatikan warna dan juga fungsi dari masing masing warna ketika memasangnya. Anda juga harus memastikan kekencangan agar hasil dari audio maupun video maksimal. Penggunaan kabel RCA ini sangat mudah asal anda tahu fungsi warnanya.


Dari penjelasan singkat mengenai kabel dengan 3 warna atau RCA diharapkan bisa membantu anda. Anda juga bisa melakukan tips sederhana ketika akan membeli kabel satu ini dengan kualitas yang paling baik. Untuk mendapatkan kabel ini terbilang mudah, dan bisa dibeli di toko offline maupun online. Dengan adanya kabel ini anda akan mudah untuk menikmati audio video yang akan disambungkan pada perangkat lain.


Add Comment