Mengenal Audio Jack Atau Konektor Audio Serta Fungsinya
Customer Care -

Mengenal Audio Jack Atau Konektor Audio Serta Fungsinya

Mengenal Audio Jack Atau Konektor Audio Serta Fungsinya
23 March
2020

Kita barangkali sering mendengarkan musik ataupun menelepon dengan memakai earphone ataupun headphone, baik earphone yang termasuk ke dalam paket penjualan handphone/smartphone maupun earphone yang Anda beli secara terpisah. Di ujung earphone, terdapat suatu konektor yang bermanfaat untuk menghubungkan speaker dan microphone earphone dengan handphone/ smartphone kita.


Konektor tersebut tidak jarang kita sebut dengan istilah 'audio jack'. jadi yang dimaksud dengan audio jack ialah konektor yang menghubungkan earphone atau headphone dengan perlengkapan yang bisa menghasilkan audio layaknya audio player, smartphone/handphone, komputer PC, laptop dan alat-alat musik listrik atau perangkat yang menerima input audio dari mikropon layaknya amplifier (pengeras suara). nama-nama lain dari audio jack diantaranyaialah phone jack, phone connector, headphone jack, earphone jack ataupun jack plug.


Jika dilihat dari ukurannya, audio jack ini ada yang berukuran 2,5mm (3/32 inci), 3,5mm (1/8 inci) dan 6,35mm (ΒΌ inci). namun jika dilihat dari jumlah konduktornya, audio jack ini dapat dipisahkan menjadi audio jack ts, trs dan trrs. apa yang dimaksud dengan ts, trs dan trrs? silakan baca ulasan singkatnya di bawah ini.


Jenis Jack / Konektor Audio 


1. Audio Jack tipe TS (Tip-Sleeve)

audio jack ts (tip-sleeve) ialah audio jack yang terdiri dari dua konduktor saja yakni bagian konduktor tip dan unsur konduktor sleeve. tip seringkali dihubungkan ke signal audio sementara bagian sleeve dihubungkan ke ground. audio jack ts ini seringkali digunakan untuk mikrofon ataupun audio yang bermodel mono (suara kanan dan suara kiri sama saja).


2. Audio Jack tipe TRS (Tip-Ring-Sleeve)

audio jack trs (tip-ring-sleeve) ini mempunyai tiga unsur konduktor yakni konduktor tip, konduktor ring dan konduktor sleeve. pada umumnya, unsur konduktor tip dihubungkan ke kanal kiri audio (left channel) dan unsur ring dihubungkan ke kanal kanan audio (right channel) sementara bagian konduktor sleeve dihubungkan ke ground. audio jack trs ini menyokong audio dengan mode stereo.


3. Audio Jack tipe TRRS (Tip-Ring-Ring-Sleeve)

audio jack tipe trrs (tip-ring-ring-sleeve) ialah tipe audio jack yang sangat lengkap sebab ada empat unsur konduktor yakni 1 konduktor tip, 2 konduktor ring dan 1 konduktor sleeve. biasanya, audio jack trrs yang berukuran 3,5mm ini dipakai untuk mendengarkan musik dan berkomunikasi di nyaris semua jenis smartphone yang beredar di pasaran saat ini. konfigurasi audio jack trrs ini pada umumnya ialah konduktor tip bagi audio kanal kiri (left channel), konduktor ring pertama bagi audio kanal kanan (right channel), konduktor ring kedua bagi ground dan konduktor sleeve bagi mikrofon.


4. Jack XLR atau xlr connector

Konektor XLR yang seringkali ada dalam satu paket mikrofon SHURE berperan aktif dalam kegiatan rekaman. Karena item kecil tersebut ialah sebuah komponen pelengkap dalam sebuah susunan audio yang dipakai untuk menghubungkan kabel dengan mikrofon.


Terdapat dua jenis Konektor XLR audio yang tidak sedikit di pasaran yakni yang mempunyai 3 kaki tetapi ada pula yang memiliki 2 kaki, ada jenis male atau laki-laki dengan ciri yang umum yakni mempunyai konektor besi yang memanjang dan berjumlah 3, sedangkan untuk jenis female atau wanitanya mempunyai lubang dengan rangkaian 3 lubang pun untuk pasangannya.


Di samping jenis konektor Jenis Jack atau sambungan, ada pula yang diperuntukan bagi penempatan pada body casing dan lainnya layaknya pada penerapan Mixer audio, soundcard dan perlengkapan koneksi audio lainnya.


Konektor XLR ditemukan oleh seorang ilmuwan bernama James H. Cannon. Perusahaannya mempunyai nama "Canon Electric" dengan hasil buatan sejenis konektor yang diberi nama Cannon X. Lalu dikembangkan menjadi latch-nya, sampai-sampai part nya diberi nama XLR pada akhirnya. Di kalangan masyarakat dikenal dengan sebutan "Jack Cannon", layaknya nama penemunya.


Konektor ini biasa dipakai pada mikrofon, dimana dia bekerja pada mic level, yakni pada 0.1 V, dan dengan konektor ini pun disebut dengan balanced signal. Didalamnya terdiri dari 2 (dua) buah kabel, yang nantinya bakal dibalik fasenya, dan lantas pada ujungnya bakal dibalik berubah menjadi satu fase, sampai-sampai akan meningkatkan kekuatan dari sinyalnya. Bagi sinyal balanced ini ditandai dengan label +4dB. Kesimpulannya ialah konektor XLR seperti ini seringkali digunakan untuk kabel mikrofon.

Di BLIAUDIO anda bisa menemukan berbagai produk kabel dan konektor yang lengkap dan berkualitas untuk kebutuhan audio, video hingga profesional.

Itulah informasi mengenai pengenalan jack audio beserta fungsinya. 

Add Comment