Macam-Macam Jenis Aksesoris Untuk Microphone - Bliaudio.com
Customer Care -

Macam-Macam Jenis Aksesoris Untuk Microphone - Bliaudio.com

Macam-Macam Jenis Aksesoris Untuk Microphone - Bliaudio.com
23 March
2020

Mikrofon, yang dikenal dengan nama mic atau mike adalah perangkat transduser yang mengubah suara menjadi sinyal listrik. Mikrofon digunakan dalam banyak aplikasi seperti telepon, alat bantu dengar, sistem alamat publik untuk ruang konser dan acara publik, produksi gambar bergerak, rekayasa audio langsung dan direkam, rekaman suara, radio dua arah, megafon, siaran radio dan televisi, dan dalam komputer untuk merekam suara, pengenalan suara, VoIP, dan untuk tujuan non-akustik seperti sensor ultrasonik atau sensor ketukan.


Selayaknya alat musik, microphone juga memiliki banyak aksesoris yang harus diketahui oleh pemakainya. Dalam artikel ini akan dijelaskan berbagai jenis aksesoris microphone.


Jenis-Jenis Aksesoris Microphone


1. Kabel Audio


Kabel audio bertolak belakang dengan kabel listrik, sebab kabel audio ini bermanfaat untuk menghantarkan sinyal-sinyal audio ke komputer/software kita. Jernih tidaknya sinyal audio pun tergantung dari pemilihan, sambungan, dan konfigurasi kabel ini. Ada dua macam kabel yaitu single core dan double core.

Single Core, kabel jenis ini dipakai untuk unbalanced audio. Bisa dibilang bahwa unbalanced audio ialah sinyal-sinyal audio yang tidak seimbang, banyak noise dan sebagainya. Dengan memakai kabel ini untuk unbalanced audio, maka kita bisa mendapatkan audio yang optimal. Sebaliknya untuk Double Core, digunakan untuk balanced audio.


2. Konektor XLR


Konektor XLR sering dipakai sebagai colokan untuk kabel mic, dan colokan pada mixer untuk tempat mic.


3. Konektor Jacks 6.5 mm, 3.5 mm, 2.5 mm


Konektor ini seringkali di sebut sebagai ‘Jack’ saja.


4. Stand mic


Stand mic berguna untuk menopang microphone ketika digunakan. Biasanya stand mic dipakai saat seorang penyanyi memakai alat musik saat bernyanyi yang membuat mic harus diletakkan di stand agar dapat ditopang. Ada berbagai macam jenis stand mic antara lain :

  • Short boom stand
  • Long boom stand
  • Long straight atau single mic stand
  • Short single atau straight mic stand

5. Wind Screen


Windscreen Tascam WS-11

  • Pop Filter
    Ini adalah salah satu windscreen yang dipakai untuk meredam 'popping' atau letupan kecil dari udara yang dihembuskan dari huruf P,B,D,H

  • Busa microphone
    Ini tergolong sebagai Pop Filterjuga , yaitu dapat meredam suara popping.

  • Windscreen Bulu
    Jenis yang ini tidak jarang disebut Fuzzy Muff, Dead Cat atau Dead Wombat. di Indonesia, biasanya disebut dengan windscreen bulu.

  • Boom mic 
    Umumnya dilapisi oleh windscreen yang berbahan keras. Windscreen jenis ini dinamakan Blimp atau Zeppelin, sebab bentuknya yang serupa dengan balon udara jenis Blimp/Zeppelin di jaman Perang Dunia I dahulu.

  • Windscreen Untuk Clip On 
    Ummnya juga ada dan biasanya sama seperti windscreen bulu seperti gun mic, namun hanya saja ukurannya kecil, oleh sebab itu tidak sedikit yang menyebutnya dengan Mini Wombat atau Mini Fuzzy.


6. Shock Mount


Shock Mount bermanfaat untuk meredam getaran yang berasal dari stand micnya. Supaya getaran itu tidak merambat ke mic, maka dibuatlah shock mount yang terbuat dari tali berbahan karet yang elastis, sampai-sampai microphone menjadi terlihat seperti 'melayang' di tengahnya. Ada banyak jenis shock mount tergantung jenis mic yang digunakan, shock mount untuk mic condenser tentu berbeda dengan shock mount untuk gun mic.


7. Fish Pole


diberi nama 'Fish Pole' sebab serupa dengan tongkat yang dipakai untuk memancing, dapat dipanjangkan dan dipendekkan. Tetapi Fish Pole yangdi maksud disini ialah tongkat boom yang di ujungnya terpasang gun mic.

Fish Pole ini bermanfaat mendekatkan gun mic ke aktor/aktris tanpa audio person harus mendekat, sampai-sampai meminimalisir kemunculan audio person yang 'bocor' ke dalam frame gambar (inframe).


Itu tadi beberapa aksesoris mikrofon yang mungkin belum Anda tahu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Add Comment