Jenis-Jenis Stand Untuk Alat Musik - Bliaudio.com
Customer Care -

Jenis-Jenis Stand Untuk Alat Musik - Bliaudio.com

Jenis-Jenis Stand Untuk Alat Musik - Bliaudio.com
23 March
2020

Stand ialah barang wajib yang dibutuhkan untuk menyandarkan perangkat musik, salah satunya ialah gitar atau bass atau keyboard. Jenisnya sendiri sangat beragam, mulai dari tipe simple stand, hang stand, multi stand, bahkan yang bisa dilipat! Anda mungkin bingung memilih mana yang terbaik salah satu produk-produk keluaran dari berbagai merek.

Sebelum membicarakan jenis stand, kami akan menjabarkan terlebih dahulu poin yang harus diperhatikan sewaktu memilih stand terutama gitar. Guitar stand diciptakan untuk menopang bodi utama dan leher gitar ketika diletakkan. Mari cek masing-masing poin pemilihannya!


Tips Memilih Stand Alat Musik Gitar

Pilih yang stabil agar bisa menahan bodi

Gitar dan bass memiliki bodi yang berat. Oleh karena itu, penting untuk memilih stand gitar yang bisa menopang alat musik itu dengan stabil. Stand gitar yang mudah goyah dapat mengakibatkan alat musik mudah terjatuh dan lecet. Jadi, pilihlah stand gitar yang bobotnya lumayan berat dan tidak gampang goyah.


Cek ukurannya

Mengecek ukuran stand gitar ketika dipakai juga adalah hal yang penting. Sekilas nyaris semua produk barangkali terlihat berukuran sama. Akan tetapi, realitanya ialah bagian kaki-kaki pengampu yang besar dan penopang neck yang panjang di luar dugaan mungkin bakal memakan tempat.


Jenis Stand Untuk Alat Musik Gitar dan Keyboard

Lalu selanjutnya mengetahui jenis stand untuk alat music gitar dan keyboard.


  • Guitar Simple stand

Simple stand atau tipe sandar adalah jenis stand untuk alat musik gitar yang sangat konvensional. Strukturnya paling sederhana, yaitu bisa dengan menempatkan bagian bodi dan neck perangkat musik pada penopangnya. Tipe ini umumnya dipasarkan dengan harga yang lumayan terjangkau. Cocok untuk Anda yang hendak membeli stand gitar untuk pertama kalinya.


  • Guitar Hang stand

Hang stand adalah salah satu stand yang mantap untuk menggantung neck dan ramah bagi bodi gitar. Tipe hang stand barangkali terlihat serupa dengan tipe simple stand. Namun, pada tipe ini, bodi gitar tidak disandarkan, melainkan ditopang dengan menggantungkan bagian neck gitar pada stand. Tipe ini pun mempunyai kestabilan yang baik dan tidak menyebabkan beban tambahan pada neck gitar sampai-sampai efektif mencegahnya untuk melengkung.


  • Guitar Multi stand

Bila Anda mempunyai lebih dari satu gitar maka menggunakan guitar multi stand menjadi solusi yang tepat. Bagi Anda yang mempunyai lebih dari dua gitar, mempersiapkan stand untuk masing-masing gitar pasti akan memakan banyak tempat. Oleh karena itu, pilihlah stand yang bisa menyangga banyak gitar sekaligus.

Stand tipe ini bakal menghemat tempat sebab hanya diperlukan satu stand untuk bisa meletakkan gitar-gitar Anda. Namun demikian, berhati-hatilah bila stand dicat pernis sebab bodinya berpotensi membuat lecet gitar bila saling terbentur. Untuk menangkal hal itu, gunakanlah kain pelindung agar bodi gitar tetap terlindung. 


  • Guitar Wall hanger

Wall hanger ialah tipe stand untuk guitar dan bass yang ditempelkan pada tembok. Tidak seperti stand tipe lainnya, tipe ini menopang kepala gitar sehingga leher gitar tidak perlu menyangga beban ekstra. Dengan demikian, risiko gitar berubah bentuk dapat dikurangi. Wall hanger didesain agar dapat menghemat tempat sebab tidak diletakkan di lantai layaknya tipe stand gitar lain. Jadi, sangat cocok bagi Anda yang tidak mempunyai sisa tempat di dalam ruangan. Jika Anda tidak bisa melubangi dinding kamar, pilihlah jenis yang dapat dikaitkan pada panel.


  • Stand keyboard Z Style

Stand dengan desain Z ini biasa dipakai untuk meletakkan keyboard atau piano digital diatasnya. Memiliki sistem pengampu telescopic sehingga dapat ditata ketinggiannya antara 54 cm sampai 82 cm supaya nyaman ketika digunakan. Stand ini mempunyai perangkat sebagai berikut : 

  1. Removable Part
    Stand keyboard ini dapat dirombak bagian-bagiannya ketika tidak digunakan, sehingga gampang untuk disimpan dan dibawa pada saat dibutuhkan. 

  2. Adjustable Height
    Stand keyboard ini mempunyai sistem pengampu telescopic sehingga dapat ditata ketinggiannya antara 54 cm sampai 82 cm supaya nyaman ketika digunakan.

  3. High Quality Material
    Stand piano digital ini biasanya dibuat dari bahan material besi terbaik untuk memastikan kualitasnya. Tahan lama dan tidak gampang rusak walaupun digunakan dalam jangka waktu yang berkepanjangan.


Beberapa stand untuk alat musik bisa Anda dapatkan di website BLIAUDIO kategori aksesoris lalu pilih sub kategori stands. Terdapat berbagai pilihan stand untuk alat musik terutama bagi Anda yang senang bermain musik atau memiliki studio band musik dan sedang mencari stand untuk alat-alat musik kesayangan Anda, mulai dari stand gitar, keyboard, hingga mikrofon.


Add Comment