Ini Bedanya Headset, Earphone dan Headphone
Customer Care -

Ini Bedanya Headset, Earphone dan Headphone

Ini Bedanya Headset, Earphone dan Headphone
23 January
2020

Headset, headphone, dan earphone bukanlah istilah baru untuk kita, bahkan sudah tidah asing didengar. Apalagi untuk kita yang sering menikmati musik atau berkomunikasi dengan perlengkapan wearable ini. Namun ternyata, masih tidak sedikit lho orang yang tidak tau perbedaan ketiga benda ini. Secara umum, ketiganya memang memiliki kegunaan yang tidak jauh bertolak belakang yaitu sebagai perlengkapan untuk mendengarkan suara langsung ke telinga. Meski begitu, ketiga perlengkapan audio ini memiliki perbedaan. Bedanya apa ya? Nah upaya anda makin tau, simak dulu yuk ulasannya di bawah ini!

1.       Headset

Perangkat audio yang satu ini merupakan campuran dari dua device yakni headphone/earphone (perangkat output audio) dan mikrofon (perangkat input audio). Biasanya, headset dihubungkan dengan sound card pada komputer melewati kabel input dan output audio. Bentuknya yang besar paling memudahkanmu untuk menikmati suara dengan lebih maksimal. Di samping itu, headset dapat digunakan untuk kebutuhan seperti video call, skype, dan game online. Di sebelah kanan atau kirinya, biaanya terdapat mikrofon kecil sebagai output dari headset ini.

2.       Headphone

Selain headset, ada pula headphone dengan format dan desain yang sekilas tampak tidak jauh bertolak belakang dengan headset. Bedanya, headphone tidak mempunyai mikrofon dan hanya dapat digunakan untuk mendengarkan tapi tidak dapat untuk berkomunikasi. Biasanya, headphone dipakai untuk kebutuhan seperti editing audio atau video, serta menikmati musik dari PC, MP3 Player, dan CD Player. Dari ukurannya, terdapat dua tipe headphone, yaitu:

·         Full Size/Over Ear Headphone

Headphone ukuran ini seringkali menutupi seluruh telinga secara sempurna. Kelemahannya, headphone ini bisa mengganggu pendengaran bila dipakai terlalu lama, serta susah dibawa ke mana-mana sebab ukurannya besar. Sementara keunggulannya tentu dapat mendengarkan suara dengan lebih jelas.

·         On Ear Headphone

Headphone tipe ini seringkali lebih portabel sebab ukurannya lebih kecil. Hanya saja, On Ear Headphone tidak cukup nyaman dipakai.

3.       Earphone

Earphone nyaris sama dengan headset dan headphone. Bedanya, earphone bentuknya lebih simpel, kecil, dapat dibawa ke mana-mana, dan perlu menyumbatkannya ke dalam lubang telinga. Biasanya, earphone dipakai untuk hiburan seperti menikmati musik atau menyaksikan video di smartphone. Selain itu, perangkat ini tidak dapat dipakai untuk berkomunikasi, biasanya lebih digunakan untuk menikmati musik saja. Yang dapat dipakai berkomunikasi sekaligus mendengarkan ialah handsfree. Dilihat dari bentuknya, terdapat dua tipe earphone yaitu:

·         In-Ear Monitor (IEM)

Biasanya, earphone jenis ini memakai karet dan nantinya disumbatkan lebih dalam ke lubang telinga, sampai-sampai suara akan terdengar lebih jelas tanpa gangguan dari luar.

·         Earbud

Berbeda dengan IEM, earphone tipe ini memakai plastik bundar yang keras karena selalu ditempel saja di telinga. Jadi, suara dari luar masih bisa terdengar.

4.       Handsfree

Handsfree ini adalah earphone yang diberi ekstra tertentu layaknya mikrofon dan tombol fungsi. Lewat tombol dengan fungsi tersebut, pemakai dapat menaikkan atau menurunkan volume dan menerima atau memutus panggilan.

Handsfree juga seringkali disertakan dalam dashbook smartphone seperti yang anda miliki. Berkembangnya teknologi, kini tidak sedikit pula bluetooth handsfree yang dapat digunakan tanpa kabel yang dirasakan mengganggu. Tapi memang earphone dan handsfree nyaris sama, tidak sedikit orang yang sering menyebut earphone ketimbang handsfree.

Add Comment