Perangkat DAW yang Cocok untuk Pemula
Customer Care -

Perangkat DAW yang Cocok untuk Pemula

Perangkat DAW yang Cocok untuk Pemula
2 October
2019

 

Digital Audio Workstation atau sering disingkat menjadi DAW adalah software untuk melakukan rekaman, editing, mixing, hingga mastering sebuah karya audio. DAW merupakan bentuk digital dari perangkat rekaman analog. Biasanya, para musisi yang baru merintis kariernya akan memilih merekam lagu-lagunya di tempat rekaman rumahan atau home recording studio dengan pertimbangan dana yang dikeluarkan. Namun, ada juga yang bertekad mempelajari software DAW sendiri mulai dari nol hingga dapat melakukan rekaman sampai proses mixing sendiri. Apa sajakah rekomendasi perangkat DAW yang cocok untuk pemula?

Audacity

Software ini dapat dijadikan langkah paling awal bagi para pemula sebab software ini dapat diunduh secara gratis ke komputer anda. Tampilannya yang sederhana dan tidak terlalu banyak tetek-bengek kerumitan yang biasa terdapat di dalam Digital Audio Workstation (DAW) lainnya menjadikan Audacity sebagai software yang paling mudah dimengerti. Kekurangannya, software ini hanya menyediakan sedikit tools dan effect. Jadi, software ini sangat cocok digunakan dalam langkah pengenalan sebelum mengenal software-software DAW yang lebih rumit. 

GarageBand

Software bawaan Apple ini juga memiliki tampilan sederhana dan sangat mudah digunakan. Apabila dilihat sekilas, seperti software biasa dengan tools seadanya. Namun, ternyata GarageBand memiliki segudang fasilitas yang dapat digunakan untuk proses rekaman hingga menggodok sebuah lagu menjadi karya yang berkualitas dan tidak kalah dengan penggunaan software yang bertaraf profesional. Banyak hal yang dapat dikulik dari software ini asalkan rajin-rajin mencari tahu dan mencoba-coba sendiri.

FL Studio

Bagi orang-orang “lama” dalam musik digital atau Electronic Dance Music pasti mengenal software ini. Kita dapat memasukkan plug-in berupa suara-suara instrumen atau suara yang lainnya ke dalam FL studio untuk kemudian dimasukkan ke dalam komposisi musik yang kita buat. Tools yang diberikan oleh FL Studio juga terbilang sangat lengkap dan variatif. Kualitas suara dan hasil akhir dari pengerjaan di dalam FL Studio juga dapat diatur sehingga kita dapat menentukan bagaimana hasil akhirnya.

Ableton

Ableton dapat dikatakan “adik” dari FL Studio namun berbeda produsen. Apa yang ada di dalam Ableton seperti bentuk penyempurnaan dari FL Studio dan sering dikatakan sebagai software DAW yang paling mudah digunakan juga paling lengkap fasilitasnya. Ableton juga merupakan software yang banyak sela-selanya sehingga bagi mereka yang haus variasi dapat melakukan eksplorasi.

Deretan software di atas masih memiliki beberapa saingan dari perusahaan lain yang kurang lebih isinya serupa. Namun, nama-nama di atas sudah cukup lama berkecimpung di dunia software permusikan, maka seharusnya kualitasnya tidak diragukan lagi. Selain itu, perangkat keras seperti PC dengan spesifikasi untuk standar rekaman dan soundcard juga menjadi elemen penting dalam proses perekaman agar dapat saling terhubung dan bekerja dengan baik.

Add Comment