Software-Software DAW yang Sering Digunakan untuk Home Recording
Customer Care -

Software-Software DAW yang Sering Digunakan untuk Home Recording

Software-Software DAW yang Sering Digunakan untuk Home Recording
23 August
2019

Bagi para musisi pemula, home recording adalah salah satu pilihan yang paling ideal mengingat budget yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan bila harus rekaman ke studio profesional. Memang, kualitas studio profesional dengan sound engineer yang ahli akan menghasilkan karya yang berkualitas. Namun, kualitas tersebut berbanding lurus dengan kocek yang harus dirogoh. Bagi orang-orang yang belum berpengalaman dan baru mencoba untuk bermusik, tidak ada salahnya untuk mendalami home recording yang semakin marak digunakan. Seiring berkembangnya zaman, banyak produsen software yang mengeluarkan software DAW atau Digital Audio Workstation yang diciptakan khusus untuk pemula. Dengan tampilan yang mudah dimengerti, software-software tersebut memiliki tempat tersendiri bagi para penggunanya. Tak jarang para pekerja profesional pun masih menggunakan software-software ini untuk melakukan recording dalam keadaan darurat ataupun hanya untuk iseng-iseng belaka. Mari berkenalan dengan beberapa software yang sering digunakan untuk home recording.

Pro Tools

Pro Tools memiliki fasilitas paling lengkap, dapat dikatakan software ini adalah perangkat rekaman yang dibungkus dalam bentuk digital. Pro Tools dapat digunakan mulai dari pemula hingga kelas profesional sebab sangat user friendly.

Cubase

Software ini juga sudah tidak asing bagi para perintis home recording ataupun para musisi-musisi yang ingin iseng-iseng merekam namun agak terdengar profesional sebab software ini dapat melakukan mulai dari perekaman hinggga mixing dan mastering. Software keluaran Steinberg ini juga memiliki produk lain yang bernama Nuendo. Kabarnya, Nuendo lebih banyak lagi digunakan para pemula yang baru ingin mencoba dan mengenali Digital Audio Workstation (DAW).

Audacity

Audacity adalah software gratis yang dapat melakukan perekaman dan beberapa efek-efek sederhana. Umumnya audacity digunakan untuk keperluan teater yang tidak memerlukan editing yang kompleks dan mixing ataupun mastering yang profesional.

GarageBand

Software atau aplikasi bawaan Apple ini sederhana namun cukup ajaib. Kualitas suara yang jernih dan ternyata banyak hal-hal yang dapat dilakukan di dalam GarageBand dari mulai rekaman hingga menjadi suatu lagu yang dapat dikatakan karya jadi dan rapi alias sudah dimixing dan mastering. Banyak hal yang bisa dikulik dari software ini, namun sayangnya hanya khusus bagi pengguna Apple.

Bagus atau tidaknya sebuah hasil rekaman memang tergantung dari beberapa aspek. Mulai dari talenta sang musisi hingga campur tangan sang sound engineer saat melakukan proses perekaman. Home recording adalah alternatif bagi para musisi yang belum memiliki dana untuk melakukan rekaman profesional ataupun ingin menjajal terlebih dahulu sebelum masuk ke dapur rekaman sesungguhnya dengan perangkat rekam analog. Bagi para sound engineer yang baru belajar, home recording merupakan wadah untuk belajar dan mengulik serba-serbi tentang software Digital Audio Workstation sebagai langkah awal menuju karier profesional.

Add Comment