Perbedaan Speaker Aktif dan Home Theater
Customer Care -

Perbedaan Speaker Aktif dan Home Theater

Perbedaan Speaker Aktif dan Home Theater
4 July
2019

Di zaman serba modern ini, pengalaman seperti menonton di bioskop dapat dibuat di rumah dengan bantuan teknologi canggih yang sudah dengan mudah kita dapatkan di pasaran. Sederhananya, speaker aktif adalah pengeras suara yang dapat mengubah sinyal suara dari sumber suara agar suara yang dihasilkan lebih keras. Home theater adalah sebuah rangkaian yang menyerupai bioskop dan dapat dirakit sendiri di rumah dengan kualitas yang tidak kalah jauh dengan aslinya. Namun, masih banyak yang sulit membedakan apa itu speaker aktif dan home theater. Mari simak penjelasan singkat berikut.


Speaker Aktif

Speaker aktif adalah sebuah benda yang digunakan untuk mengeraskan suara berupa rangkaian yang terdiri dari speaker pasif dan amplifier (penguat suara) di dalamnya. Fungsinya adalah untuk menambah daya dalam sistem elektronik dari sumber suara agar sinyal suara yang masuk dapat dibuat lebih nyaring dari sumbernya. Untuk menyalakan speaker aktif, dibutuhkan kabel tambahan ke aliran listrik agar speaker aktif dapat menyala dan berfungsi dengan baik. Output yang dikeluarkan oleh speaker aktif hanyalah berupa suara.

Speaker aktif memiliki beberapa jenis menurut frekuensinya. Mulai dari tweeter, subwoofer, woofer, midrange, dan fullrange. Ada juga yang sudah dirangkai dan disebut dengan 2 way, 3 way, atau 4 way speaker. Semua dapat digunakan secara terpisah sesuai kebutuhan, atau dirangkai agar suara yang keluar lebih spesifik dan mencakup frekuensi yang cukup luas sehingga suara yang terdengar akan lebih kompleks dan lengkap.

Pada penjelasan ini, speaker aktif mengarah kepada yang digunakan untuk keperluan umum atau diperdengarkan kepada orang banyak. Pasalnya, earphone dan headphone juga termasuk speaker aktif jika dilihat dari pengertiannya. Bedanya, kedua benda tersebut untuk penggunaan pribadi.

Baca Juga : Tips Membeli Speaker Aktif


Home Theater

Home theater adalah kumpulan dari beberapa benda yang membentuk suatu rangkaian untuk menikmati pengalaman menonton seperti di bioskop. Home theater terdiri dari layar yang besar, speaker aktif, pemecah sinyal suara, dan player untuk memutar film atau video.

Berikut benda-benda yang harus disiapkan demi keberlangsungan kesenangan duniawi bertema bioskop di rumah.


Layar

Layar yang digunakan pada rangkaian home theater disarankan minimal 27 inchi agar dapat menikmati pemandangan luas bak di bioskop.


Speaker Aktif

Untuk keperluan suara dalam rangkaian home theater dapat diterapkan sistem surround yang memberikan pengalaman suara seperti berpindah-pindah sumbernya mengikuti tampilan visual. Di sinilah pemecah sinyal suara dibutuhkan perannya. Penempatan speaker pada rangkaian home theater juga sangat berpengaruh pada suara yang dihasilkan. Rangkaian speaker aktif yang digunakan untuk home theater ini dapat dikombinasikan sesuai dengan keinginan. Dengan empat speaker aktif yang mencakup berbagai frekuensi sudah dapat memberikan anda suasana seperti di bioskop, dengan catatan pemecah sinyal suara bekerja dan penempatannya sudah sesuai. Mulai dari peletakan speaker di depan untuk suara-suara utama, di tengah untuk menonjolkan dialog, dan di belakang untuk suara latar dan dinamika suara dari depan ke belakang seakan suara yang terdengar benar-benar bergerak. Dengan begitu, urusan untuk output suara seperti di bioskop pun beres.


Player

Pemutar atau player yang digunakan tergantung dari kebutuhan pengguna. Umumnya, DVD player dengan kualitas rata-rata sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan menikmati bioskop home made.

Menikmati pengalaman menonton seperti bioskop sekarang dapat anda rangkai sendiri di rumah dengan pemilihan alat-alat yang dibutuhkan dengan baik. Ada yang menawarkan satu set rangkaian home theater, namun anda juga dapat merakitnya sendiri dengan pilihan jenis dan merk alat-alat tersebut. Jangan lupa untuk mencari referensi sebelum membeli alat-alat tersebut agar menghasilkan rangkaian yang baik dan tidak mudah rusak.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa speaker aktif adalah benda yang berfungsi hanya untuk kebutuhan suara, home theater adalah sebuah rangkaian yang membutuhkan speaker aktif sebagai salah satu elemen penting di dalamnya. Perbedaan yang cukup jelas antara speaker aktif dan home speaker sudah dijabarkan dengan jelas berdasarkan pengertian dan fungsinya. Semoga setelah membaca tulisan ini anda tidak lagi kebingungan membedakan antara keduanya.

Add Comment