Tips Memaksimalkan Kualitas Suara Pada Speaker Aktif
Customer Care -

Tips Memaksimalkan Kualitas Suara Pada Speaker Aktif

Tips Memaksimalkan Kualitas Suara Pada Speaker Aktif
17 May
2019

Memiliki speaker aktif tentu sangat menyenangkan, kita bisa memaksimalkan penggunaan speaker dengan berbagai macam aktivitas mulai dari menonton film di rumah hingga konser musik di tempat terbuka yang luas. Tetapi, tak jarang juga kita menemukan kendala, padahal speaker aktif yang dimiliki dirasa sudah sesuai kebutuhan ketika membeli. Maka kita harus pintar memilih dan mengondisikan speaker aktif agar suara yang dihasilkan bisa maksimal dan sesuai dengan keinginan. Ternyata, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitas suaranya. Mari simak beberapa tips memaksimalkan kualitas suara pada speaker aktif.


Memilih Speaker Aktif

Speaker aktif memiliki berbagai macam kriteria yang bisa kita bandingkan dan kombinasi sendiri. Kita bisa memilih speaker aktif berdasarkan daya, bahan dasar kotak speaker, jenis speaker, dan pengatur audionya. Di pasaran banyak sekali jenis-jenis speaker aktif yang dikelompokkan berdasarkan kriterianya masing-masing. Biasanya, semakin besar daya yang dibutuhkan, semakin bagus performanya. Bahan yang digunakan juga harus cukup ketebalannya. Jika terlalu tebal, suara tidak akan keluar secara maksimal, jika terlalu tipis pun, suaranya akan menggetarkan kotak dan menghasilkan suara-suara yang tidak diperlukan. Berbagai jenis speaker ditawarkan di pasaran dari harga murah hingga yang mahal. Kadang, harga speaker yang mahal juga belum tentu memenuhi semua kriteria tersebut, maka kita harus benar-benar teliti memperhatikan kriteria yang ditawarkan oleh merk-merk speaker aktif dan melakukan pengetesan. Ada juga cara lain jika budget pas-pasan, kita bisa mengakalinya dengan membeli yang tidak terlalu mahal lalu mengganti hal-hal yang dibutuhkan saja dari speaker tersebut seperti: menaikkan daya, melapisi dengan kasa sebagai filter suara, menambahkan papan untuk ketebalannya, dan mengubah atau mengganti pengatur audionya jika dirasa belum sesuai. Pemilihan speaker aktif juga disesuaikan dengan kebutuhan, apakah untuk menonton film dengan perangkat home theater, untuk acara indoor atau outdoor, acara untuk di lapangan terbuka atau semi terbuka. Sebab masing-masing venue memerlukan speaker aktif yang berbeda-beda kriterianya agar hasil suara yang dikeluarkan bisa sangat maksimal.


Jenis-jenis Speaker Aktif

Ada berbagai macam speaker aktif sesuai kebutuhan. Mulai dari tweeter, woofer, subwoofer, hingga fullring. Speaker aktif fullring biasanya digunakan untuk kebutuhan luar ruangan (outdoor), sementara woofer, subwoofer, dan tweeter cukup untuk kebutuhan di dalam ruangan. Untuk ruangan yang sempit, bisa menggunakan bookshelf speaker.


Penempatan Speaker Aktif

Tempat yang dipilih untuk meletakkan speaker aktif sangatlah berpengaruh, sebab speaker aktif memancarkan getar dan benda-benda di sekelilingnya bisa saja menyerap, atau memantulkan suara dari speaker aktif tersebut. Contohnya dengan meletakkan berurutan dari depan kiri, tengah, speaker surround, kemudian subwoofer. Dengan penempatan yang pas, maka hasil suara yang dihasilkan akan lebih optimal. Speaker aktif juga sebaiknya diletakkan di tempat yang bisa menyerap panas, sehingga tidak menimbulkan speaker aktif yang cepat panas. Jangan letakkan speaker di dekat sumber panas seperti perapian ataupun terkena cahaya matahari langsung. Juga jangan meletakkan di tempat yang suhunya bisa berubah drastis secara tiba-tiba karena akan mengakibatkan lensa speaker rusak.

Penempatan speaker juga dipengaruhi oleh jenis speaker yang kita gunakan, maka kita wajib double-check apakah sudah sesuai speaker yang kita gunakan dengan kebutuhan dan penempatannya.

 

Menggunakan Inter-koneksi dan Kabel

Selain itu, ada lagi tips memaksimalkan kualitas suara pada speaker aktif. Salah satunga menggunakan inter-koneksi dan kabel agar sumber suara dan sinyal audio dapat ditransfer ke speaker dengan baik. Sinyal audio dapat dinaikkan dan diturunkan kualitas suaranya, maka penting sekali untuk memperhatikan kabel yang digunakan agar dapat menghubungkan sumber suara dengan speaker aktif dengan baik.


Pemeriksaan dan Perawatan Berkala

Peralatan elektronik memerlukan perawatan agar dapat digunakan jangka panjang, termasuk speaker aktif. Sesekali perlu juga dilakukan pemeriksaan di seluruh bagian untuk menemukan apakah ada bagian yang sudah tidak berfungsi dengan baik atau butuh diganti. Jangan lupa juga untuk membersihkan speaker aktif agar tidak penuh oleh debu sehingga mengganggu kualitas suara yang dihasilkannya. 

Add Comment