Teknik Penempatan Speaker yang Baik Untuk Acara Outdoor
Customer Care -

Teknik Penempatan Speaker yang Baik Untuk Acara Outdoor

Teknik Penempatan Speaker yang Baik Untuk Acara Outdoor
17 May
2019

Datang ke acara musik adalah salah satu hiburan yang dapat kita nikmati di sela-sela kesibukan sehari-hari. Bisa menjadi sebuah quick escape bagi yang ingin hiburan tanpa persiapan yang merepotkan dan jarak yang terlalu jauh bila dibandingkan dengan harus pergi berlibur ke gunung atau ke pantai untuk melepas kepenatan.

Di dalam konser musik tentu banyak hal-hal yang harus diperhatikan agar tidak mengecewakan, terutama untuk penataan panggung dan suara. Untuk menghasilkan suara yang tidak membuat telinga pendengar mudah lelah, diperlukan teknik penempatan speaker yang baik untuk acara outdoor maupun indoor.

Ada beberapa hal yang bisa kita perhatikan untuk menghasilkan suara yang bagus, mulai dari jarak antar speaker, ketinggian penempatan speaker dari lantai, hingga frekuensi suara yang dihasilkan.


Jarak Antar Speaker

Penempatan speaker harus diperhatikan agar pendengar bisa merasakan kualitas suara yang baik, titik dengar dan speaker harus membentuk segitiga sama sisi. Jarak antar speaker sebaiknya lebih dekat daripada jarak speaker dengan pendengar. Sebab, semakin besar jarak antar speaker akan memberikan nuansa latar musik yang semakin luas, sementara jarak speaker dengan pendengar yang semakin besar akan menghasilkan fokus suara yang lebih baik. Kombinasi dari latar musik yang pas dan fokus musik yang ciamik ini bernama sweet spot. Pendengar yang peka biasanya suka untuk mencoba berbagai macam posisi, bahkan bisa sampai berebutan tempat dengan pendengar lain untuk mendapatkan sweet spot ini.


Macam-macam Penempatan Speaker

Teknik penempatan speaker yang baik untuk acara outdoor bisa berbagai macam, seperti penempatan speaker secara terpusat, menyebar, atau kombinasi. Semua bisa diatur sesuai dengan kebutuhan mengingat masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya. Beberapa di antaranya adalah:

 

1.    Penempatan Speaker Terpusat (Sentralisasi)

Speaker diletakkan  di bagian depan pendengar. Kelebihan dari penempatan speaker secara terpusat ini salah satunya adalah menghemat biaya karena speaker yang dibutuhkan hanya sedikit. Waktu yang dibutuhkan terhitung cepat untuk proses pemasangannya. Untuk mengontrol suara dan peralatannya pun tidak terlalu sulit.

Namun, penempatan speaker seperti ini juga memiliki kekurangan, yaitu penyebaran suara yang kurang merata sehingga di depan terdengar sangat keras namun di belakang kurang terdengar jelas. Ada juga kemungkinan menimbulkan suara dengung dan suara pantulan yang lebih besar.

 

2.    Penempatan Speaker Menyebar (Desentralisasi)

Menempatkan speaker secara merata di beberapa titik dengar sehingga memperluas area dengar. Teknik ini cocok untuk acara di lapangan terbuka, penata suara juga harus menyiapkan kabel yang cukup panjang untuk menghubungkan antar speaker yang jaraknya lumayan jauh disesuaikan dengan kondisi lapangan.

 

3.    Penempatan Speaker Kombinasi

Penempaatan jenis ini bisa jadi menjadi salah satu yang paling ideal untuk teknik penempatan speaker yang baik untuk acara outdoor. Namun kembali lagi, tergantung pada kebutuhan tema dan tempat acara. Teknik ini bisa diaplikasikan untuk tempat yang masih memiliki sedikit ruang dan sisanya tempat terbuka seperti di pelataran masjid.

 

Frekuensi Suara yang Dihasilkan

Speaker memiliki kemampuan menghasilkan berbagai macam frekuensi, umumnya dibagi menjadi dua, yaitu rendah dan tinggi. Frekuensi suara rendah dikenal sebagai bass, untuk yang tinggi dikenal sebagai tweeter. Untuk menghasilkan suara yang pas bagi para pendengar, maka kombinasi kedua hal tersebut haruslah diracik sedemikian rupa. Frekuensi ini memerlukan perhitungan yang dikenal dengan golden ratio. Perhitungan tersebut memerlukan berbagai faktor seperti penempatan ketinggian speaker dari lantai agar bass dan tweeter terdengar seimbang agar sampai dengan baik ke telinga pendengar.

Pada dasarnya tidak terlalu rumit, hanya butuh ilmu-ilmu dasar yang sudah dipaparkan di atas. Namun, penata suara juga bisa saja mengalami trial and error selama pemasangan tergantung kondisi lapangan. Diperlukan juga pengalaman untuk menguasai teknik pemasangan speaker untuk acara outdoor untuk memuaskan telinga pendengar dan menyenangkan hati musisi dalam acara musik sehingga apa yang disampaikan musisi dari permainan musiknya, sampai dengan baik ke telinga pendengar berkat bantuan penata suara dengan teknik yang baik.

Add Comment