Mengenal Alat Musik Keyboard dan Jenisnya
Customer Care -

Mengenal Alat Musik Keyboard dan Jenisnya

Mengenal Alat Musik Keyboard dan Jenisnya
17 May
2019

Beda Piano, Organ, Dan Keyboard.

Ketika orang menyebutkan keyboard, bisa menjadi dua arti. Satu mengartikan sebagai keyboard untuk menulis di komputer, lainnya sebagai alat musik karena namanya memang sama. Sebagai orang awam, kadang kita tidak dapat membedakan keyboard, organ, dan piano.

Piano adalah alat musik yang diciptakan untuk permainan solo, cakupan nadanya sangat luas dari nada rendah hingga yang tinggi. Memainkannya pun butuh skill dan keseimbangan tangan kanan serta tangan kiri. Ada dua jenis piano, yaitu grand piano dan upright piano. Piano dilengkapi dengan tiga pedal di bawahnya yang memiliki fungsi masing-masing seperti memanjangkan nada atau melembutkan suara.

Pemain organ biasanya hanya memainkan trinada (chord), mengiringi melodi dari piano. Organ terdiri dari dua jenis yaitu organ pipa atau biasa disebut dengan orgel, dan organ electronic atau lebih familiar dikenal dengan nama electone. Orgel memiliki lebih dari satu deretan tuts (bisa lebih dari dua), electone hanya memiliki 2, pedal yang dimiliki organ juga lebih banyak dibandingkan dengan piano.

Nah, saatnya masuk ke keyboard. Keyboard adalah alat musik yang menyerupai piano, tetapi tidak memiliki pedal di bawahnya. Keyboard memiliki bentuk yang lebih sederhana sehingga lebih mudah dibawa ke mana-mana. Keyboard memiliki kelebihan yaitu bisa mengeluarkan suara-suara instrumen lain selain piano. Bisa suara drum, suling, kastanyet, dan lain-lain. Biasanya keyboard juga dilengkapi dengan fasilitas style (musik iringan), untuk karaoke, bahkan ada juga yang menyertakan alat rekam.


Jenis-jenis Keyboard

Keyboard memiliki beberapa jenis, di antaranya:

-       Accompaniment Keyboard

Keyboard yang cocok dijadikan teman untuk di rumah. Sesuai namanya, accompaniment keyboard berfungsi untuk “menemani” karena disertai dengan fasilitas style yang biasa digunakan untuk organ tunggal ataupun karaoke. Pemain tidak perlu memencet banyak tombol dan memikirkan chord, keyboard ini membantu untuk memainkannya. Bagi pemula yang baru ingin memulai belajar keyboard, jenis ini bisa dijadikan pilihan.

 

-       Keyboard Mono Timbral

Keyboard jenis ini hanya bisa mengeluarkan satu suara dalam satu waktu meski ia memiliki berbagai macam suara. Biasanya keyboard jenis ini memiliki kualitas suara yang bagus.

 

-       Keyboard Multi Timbral

Keyboard ini cocok untuk menggarap aransemen, sebab ia bisa mengeluarkan berbagai macam suara dalam satu waktu seperti piano, drum, gitar, dan bass. Keyboard jenis ini biasanya digunakan untuk kegiatan rekaman.

 

-       Digital Piano Keyboard

Sesuai dengan namanya, digital piano keyboard bisa disebut sebagai pengganti piano. Biasanya keyboard jenis ini memiliki suara-suara yang menyerupai piano dengan kualitas suara yang cukup baik, kadang dilengkapi dengan suara instrumen lain namun dengan kualitas yang kurang baik. Digital piano biasanya memiliki banyak tuts dan agak berat sehingga kurang cocok untuk dibawa bepergian. Bisa ditempatkan di rumah, tempat les, studio, atau di gereja.

 

-       Digital Synthesizer & Workstation Keyboard

Digital synthesizer adalah keyboard yang memiliki suara yang lebih banyak juga bisa diubah-ubah dan digabungkan dengan suara lain, bahkan bisa membuat suara yang baru. Workstation keyboard dilengkapi dengan teknologi canggih seperti sebagai sequencer, looping, membuat arpegio, tracking vokal, bahkan merekam. Workstation keyboard bisa dibilang merupakan studio dalam bentuk keyboard karena bisa melakukan berbagai macam dalam satu instrumen saja. Dengan keyboard jenis ini kita bisa membuat berbagai macam genre lagu dari pop, hip hop, jazz, dan lain-lain. Workstation juga memudahkan penggunanya untuk menghemat tempat dan waktu.

 

-       Keyboard Hybrid

Keyboard hybrid memiliki dua fungsi keyboard sekaligus seperti piano dan accompaniment atau piano dengan digital synth/workstation. Belum banyak jenis keyboard hybrid karena penggunanya pun terbatas pada yang pro saja.

 

Mengenal alat musik keyboard dan jenisnya bukanlah sesuatu yang sulit karena kita bisa mendapatkan informasinya dari berbagai sumber. Jenis-jenis keyboard yang beredar di pasaran juga sudah mulai beragam menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Jenis-jenis keyboard di atas bisa dijadikan sebagai acuan untuk memilih keyboard mana yang paling pas untuk anda. Pilihlah keyboard sesuai dengan kebutuhan.

Add Comment