Tips Memilih Sound System untuk Home Theater Rumah
Customer Care -

Tips Memilih Sound System untuk Home Theater Rumah

Tips Memilih Sound System untuk Home Theater Rumah
23 April
2019

Perangkat home theater memungkinkan Anda untuk merasakan kekuatan sound system layaknya bioskop atau konser musik sungguhan. Perangkat sound system untuk home theater ini sering dipilih sebagai pelengkap interior ruangan dan membuat suasana rumah jadi lebih nyaman ketika memutar VCD atau DVD. Mengingat harganya cukup mahal, Anda harus benar-benar teliti saat memilih sound system home theater rumah demi mendapatkan output suara yang sempurna.

 

Mempertimbangkan Struktur Ruangan

Biasanya sound system home theater ditempatkan di ruangan tersendiri yang dikhususkan sebagai ruangan hiburan. Ruangan ini didesain secara khusus agar suara tetap terfokus di ruangan tersebut dan tidak bocor ke ruangan lainnya. Oleh karena itu, ketika memilih sound system baru hendaknya mempertimbangkan penempatan komponennya agar bisa menghasilkan suara yang jernih tidak banyak noise. Itu sebabnya, kebanyakan ruangan home theater memiliki ukuran yang luas dengan dinding yang mampu menyerap pantulan suara.

 

Mempertimbangkan Produk Keluaran Terbaru

Apabila Anda tak ingin kerepotan mengatur penempatan sound system, alangkah baiknya mempertimbangkan menggunakan produk sound system keluaran terbaru. Produk sound system terbaru umumnya bisa menggunakan sistem automatic sound field correction yang mampu menciptakan surround sound yang optimal secara otomatis. Perangkat ini sangat cocok bagi Anda yang tak memiliki waktu luang untuk memasang komponen sound system.  

 

Pertimbangkan Bar Type yang Mudah Diaplikasikan

Speaker home theater terbaru umumnya memiliki bentuk bar type dengan speaker yang menyatu. Sound system ini mendukung sistem 2.1 ch, 5.1 ch dan 7.1 ch. Dari ketiga sistem tersebut, versi sistem 7.1 ch dianggap lebih praktis karena sudah memiliki fungsi AV amplifier. Sound system tipe ini juga mudah dipasang setelah Anda menyiapkan peralatan lainnya. Meski terbilang praktis, audio system bar type cenderung mengeluarkan suara bertipe virtual surround dengan efek berbeda daripada sound system dengan speaker terpisah.

 

Cek Kelengkapan Amplifier Surround

Untuk memiliki home theater yang bagus umumnya memiliki komponen amplifier surround yang baik pula. Keberadaan amplifier surround mampu membuat suara yang dihasilkan dari audio system terasa lebih kuat dan mantap. Anda bisa menemukan perangkat amplifier surround untuk sound system dalam format Digital Theater System (DTS) atau Dolby Digital.

 

Add Comment