Ingin Speaker Aktif Anda Awet? Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini!
Customer Care -

Ingin Speaker Aktif Anda Awet? Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini!

Ingin Speaker Aktif Anda Awet? Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini!
5 April
2019

Speaker aktif ini banyak dimanfaatkan untuk memaksimalkan audio sehingga cocok bagi Anda yang menyukai memutar musik baik di dalam rumah maupun di mobil. Karena penggunaan yang terlalu sering akan membuat kinerja speaker tersebut menjadi menurun bahkan bisa menjadi rusak. Supaya bisa tahan lama Anda disarankan tidak hanya melakukan beberapa cara perawatan saja namun juga mengetahui kebiasaan buruk apa saja yang bisa membuat speaker tersebut menjadi rusak. Kebiasaan tersebut akan menyebabkan speaker menjadi rusak komponennya sehingga Anda harus mengganti beberapa komponennya. Harga dari komponen speaker tersebut pun beragam namun semakin vital komponen tersebut harganya juga bisa semakin mahal. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan perangkat elektronik speaker aktif Anda cepat rusak:

 

Membiarkan di Tempat Terbuka

Kebiasaan buruk yang pertama adalah membiarkan speaker Anda ditempatkan di ruang yang terbuka. Ruangan yang terbuka ini akan menyebabkan speaker Anda menjadi berdebu dimana debu tersebut bisa membuat speaker menjadi rusak. Cara terbaik agar speaker yang Anda miliki awet adalah dengan menyimpannya di tempat yang tertutup terutama jika tidak digunakan. Namun jika terpaksanya speaker tersebut harus selalu terhubung dengan perangkat keras lainnya seperti televisi dan lain-lain, Anda harus sering membersihkan speaker tersebut menggunakan vacuum cleaner atau kuas.

 

Tidak Melepas Kabel

Kebiasaan buruk selanjutnya adalah sehabis digunakan speaker tersebut tidak dilepaskan kabelnya dari stop kontak. Kebiasaan tersebut akan membuat kualitas dari speaker menjadi menurun, sehingga jangan sering membiarkan kabel tersebut sering tertancap di stop kontak. Selain menyebabkan penurunan suara, hal tersebut juga akan menyebabkan tagihan listrik Anda menjadi membengkak. Selalu cabut dan simpan speaker Anda setelah tidak digunakan.

 

Inter-koneksi yang Buruk

Speaker ini terdiri dari dua kotak yaitu kotak kiri dan kotak kanan dimana salah satunya menjadi letak dari speaker pasif. Speaker pasif tersebut akan mendapatkan sinyal dari amplifier yang mana koneksinya menggunakan kabel RCA. Jika suatu saat Anda memindahkan atau menggunakan speaker aktif pertama kali usahakan speaker pasif tersebut sudah terhubung dengan baik sebelum Anda membuat speaker aktif dalam kondisi ON. Hal itu dikarenakan bisa memungkinkan terjadinya ground loop yaitu membuat speaker menjadi berdengung. Speaker yang sering berdengung akan rentan cepat rusak sehingga Anda harus meminimalisir hal ini. Tidak hanya itu saja Anda juga harus tahu bagaimana cara melakukan inter-koneksi dengan baik. Inter-koneksi yang buruk dan salah akan membuat kinerja dari speaker menjadi menurun.

 

Perangkat Elektronik Level rendah

Jika Anda menghubungkan DVD player atau komputer dengan speaker aktif usahakan power atau kondisi dari DVD player tersebut lama kondisi off terlebih dahulu, berulah setelah terhubung dengan baik Anda bisa menghidupkan DVD player tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya feedback yang mana akan mengakibatkan kerusakan terjadi di speaker aktif tersebut.

 

Frekuensi yang Rendah

Penyebab speaker aktif tidak awet dan mengalami penurunan kualitas adalah Anda mengatur frekuensi yang terlalu rendah.  Berdasarkan frekuensinya yang bisa dicover oleh speaker ini terbagi dari woofer, midrange, dan juga tweeter. Masing-masing memiliki karakter sendiri-sendiri misalnya adalah woofer digunakan untuk nada rendah atau bass, agar tidak terjadi feedback penting bagi Anda untuk tidak mengatur nada tersebut terlalu rendah. Selain itu mengatur nada terlalu rendah pada bagian trebelnya akan menyebabkan kerusakan di bagian konus speaker.

 

Hal yang sering terjadi saat penggunaan speaker dan microphone adalah terjadinya feedback. Oleh sebab itu agar feedback tersebut tidak terjadi dan speaker aktif terbaik Anda awet hindari beberapa kebiasaan buruk yang telah disebutkan di atas.

Your Comments

Vigi Segara
15/04/2019
Thanks untuk informasinya, ternyata kalau sering dibiarkan di tempat terbuka bisa bikin speaker cepat rusak ya..

Add Comment