4 Cara Memaksimalkan Kinerja Speaker Aktif
Customer Care -

4 Cara Memaksimalkan Kinerja Speaker Aktif

4 Cara Memaksimalkan Kinerja Speaker Aktif
5 April
2019

Speaker merupakan perangkat keras yang mana bisa digunakan untuk memaksimalkan suara yang dihasilkan dari audio. Jika tanpa menggunakan speaker audio tersebut hanya bisa menjangkau beberapa orang saja, berbeda jika menggunakan speaker ini dimana bisa menjangkau dengan audient puluhan, ratusan, bahkan ribuan. Semakin besar watt dan daya RMSnya tentu speaker tersebut akan memiliki suara yang keras pula.  Bisa dikatakan speaker ini juga menjadi kunci output audio sehingga agar outputnya maksimal penting bagi Anda untuk tahu bagaimana cara memaksimalkan kinerja speaker tersebut. Ada beberapa kasus dimana sudah menggunakan speaker aktif dengan kualitas terbaik namun output audionya belum maksimal dikarenakan kinerja dari speaker tersebut belum dimaksimalkan. Bagi Anda yang merasa kinerja speaker aktif belum maksimal, simak cara yang bisa dilakukan berikut ini:

 

Inter-Koneksi

Cara memaksimalkan kinerja yang pertama adalah Anda harus memperhatikan inter-koneksi yang dimilikinya. Hal ini penting mengingat bahwa sinyal audio tersebut akan ditransfer ke beberapa sumber atau bagian speaker untuk bisa mendapatkan audio output yang terbaik.  Untuk bisa menciptakan inter koneksi yang baik penting bagi Anda untuk menggunakan kabel yang bagus dan sesuai dengan spesifikasi dari speaker aktif tersebut. Jika tidak sesuai dengan spesifikasinya maka speaker aktif tidak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Jika diperlukan Anda bisa menggunakan enhancer kontak yang bisa membuat koneksi berjalan dengan baik.

 

Perhatikan Dayanya

Memaksimalkan kinerja speaker aktif bisa dengan memperhatikan dayanya. Banyak sekali ditemukan speaker aktif yang dijual dayanya tidak sesuai dengan apa yang tertulis dalam box. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk mengecek di dalamnya apakah menggunakan TR final jenis TI atau IC. Jika watt atau daya masih kurang Anda bisa menggantinya dengan kit power amplifier dengan daya yang lebih besar. Selain itu untuk memaksimalkan output suara dari speaker tersebut Anda bisa dengan menambah data dan juga tegangan bagian power supply. Untuk trafo ukuran 3A gunakanlah power maksimum 80 watt saja, namun jika powernya lebih dari itu Anda bisa menggantinya dengan Trafo 5A.

 

Desain Box

Agar speaker aktif menjadi maksimal Anda bisa menambahkan ke bagian desain box dengan papan kayu. Kapan menambahkan papan kayu pada desain box tersebut? Saat Anda merasa jika box bawaan yang dimiliki oleh speaker aktif tersebut terlalu tipis sehingga membuat suara yang dikeluarkan kurang enak terdengar. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menambahkan kasa atau sejenis kapas untuk melakukan filter suara di dalamnya. Hal ini bertujuan untuk membuat speaker aktif tidak bergetar saat digunakan.

 

Peletakan yang Tepat

Untuk bisa mendapatkan audio dengan suara terbaik Anda bisa memperhatikan peletakannya. Peletakan speaker yang tepat akan menghasilkan kinerja yang baik dan suara yang lebih enak didengar.  Untuk di dalam ruangan Anda bisa meletakkan speaker yang tidak melawan arah angin yang mana membuat suara speaker bisa terdengar sampai jauh. Meski begitu Anda tidak boleh meletakkannya di dekat sinar matahari langsung karena akan merusak komponen yang ada di speaker. Hindarkan pula peletakan speaker di ketinggian karena suara yang dihasilkan tidak akan maksimal.

 

Yang bisa tahu dan mengerti apakah speaker aktif yang Anda miliki sudah maksimal atau belum adalah Anda sendiri. Jika dirasa kurang dan suara belum maksimal Anda bisa melakukan beberapa cara yang disebutkan di atas yang mana bisa disesuaikan dengan speaker Anda. Dengan beberapa cara di atas perangkat Anda akan menjadi speaker aktif yang berkualitas dibandingkan dengan yang sebelumnya.

Add Comment