6 Masalah Audio Sound System Lapangan yang Sering Terjadi
Customer Care -

6 Masalah Audio Sound System Lapangan yang Sering Terjadi

6 Masalah Audio Sound System Lapangan yang Sering Terjadi
5 April
2019

Di dalam dunia audio dan sound system ada yang indoor dan juga outdoor. Jenis speaker yang digunakan khusus untuk indoor outdoor memiliki karakter dan spesifikasinya sendiri-sendiri. Selain itu banyak yang beranggapan bahwa speaker yang boxnya besar memiliki suara yang lebih besar dibandingkan dengan yang boxnya kecil, padahal hal tersebut tidak selamanya benar. Speaker dengan watt yang kecil terlebih lagi jika tidak dipasang box sesuai dengan nilai volumenya yang tertera di magnit atau karton akan membuat suara speaker tersebut akan memiliki suara yang kecil. Bagi Anda yang akan menggunakan audio sound system outdoor lapangan, ada beberapa masalah yang harus Anda perhatikan seperti berikut ini:

 

Suara yang Kecil

Masalah audio sound system yang pertama adalah suara yang kecil.  Suara yang kecil akan menyebabkan audient tidak bisa mendengarkan apa yang disampaikan oleh pembicara. Oleh sebab itu untuk mengatasi hal ini penting bagi Anda untuk menyesuaikan wattnya dengan jumlah audient yang ingin dijangkau. Semakin besar dan banyak audient yang akan dijangkau tentunya watt yang Anda butuhkan semakin besar. Meski begitu speaker dengan watt yang besar harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan yang wattnya kecil.


Power Amplifier atau PA yang Tidak Sesuai

Masalah yang sering dialami oleh audio dan sound system lapangan adalah Power Amplifier atau PA yang tidak sesuai. Hal ini akan menyebabkan speaker tidak akan bisa mengeluarkan audio sebagaimana mestinya. Agar Anda bisa mendapatkan audio yang keluar dari sound system sesuai dengan keinginan sebaiknya berkonsultasi kepada ahlinya terlebih dahulu.

 

Desain Box yang Tidak Sesuai

Masalah audio dan sound system yang sering ditemukan adalah desain box speaker yang tidak sesuai. Pilihlah audio dan juga sound system yang sesuai dengan karakter dan juga speaker yang digunakan. Box speaker dengan model dan juga ukuran volume yang sesuai tersebut akan menghasilkan kualitas audio yang sempurna dimana sesuai dengan karakter dari speaker tersebut.

 

Kabel yang Tidak Sesuai

Jangan menganggap remeh kabel pada bagian sound system ini terutama jika digunakan untuk outdoor. Banyak yang menganggap enteng masalah kabel ini sehingga mengakibatkan audio yang dikeluarkan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kabel ini ada berbagai macam misalnya untuk kabel listrik, kabel speaker, kabel untuk input maupun output audionya, dan masih banyak lagi lainnya. Pastikan jika Anda sudah menyiapkan kebel tersebut secara lengkap dan sesuai dengan yang dibutuhkan.

 

Sumber Arus Tidak Memadai

Masalah teknik pada audio dan sound system khusus lapangan atau outdoor harus bisa diminimalisir dengan baik. Jangan sampai kesalahan-kesalahan tersebut membuat apa yang sudah direncanakan menjadi gagal dan menjadi tidak berarti. Salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah sumber arus untuk sound system tersebut dimana sumber arus harus disesuaikan dengan watt yang ada. Misalnya adalah sound Anda memiliki daya 10 ribu watt maka  Anda membutuhkan kurang lebih 15 ribu watt diesel.

 

Penempatan

Masalah pada audio sound system di lapangan yang terakhir adalah penempatannya. Penempatan yang salah akan membuat suara yang dikeluarkan menjadi tidak enak.  Letakkanlah speaker yang tidak melawan arah angin agar suara yang dikeluarkan dari audio dan sound system terdengar dengan jelas dan bisa menjangkau seluruh audient yang ada di tempat tersebut.

 

Demikianlah beberapa masalah audio sound system lapangan yang harus Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Add Comment