6 Cara Membuat Headset dan Kabelnya Awet Jangka Waktu Panjang
Customer Care -

6 Cara Membuat Headset dan Kabelnya Awet Jangka Waktu Panjang

6 Cara Membuat Headset dan Kabelnya Awet Jangka Waktu Panjang
14 June
2022

Perangkat elektronik seperti headset kerap menjadi andalan bagi masyarakat untuk menikmati lagu hingga menunjang aktivitas gaming. Banyaknya manfaat headset membuat benda ini dijadikan favorit dan mudah ditemukan di keseharian. Sayang, tidak banyak yang tahu cara merawatnya dengan benar. Oleh karena itu, berikut simak cara membuat headset dan kabelnya awet jangka waktu panjang

Cara Merawat Headset dengan Benar

  1. Gulung Kabel dengan Benar

Headset umumnya dilengkapi dengan kabel yang cukup panjang, sehingga membuatnya rentan terbelit dan kusut apabila tidak digulung dengan benar dan rapi. Jika sudah seperti itu, anda akan lebih pusing ketika ingin merapikannya. Oleh karena itu, pastikan selalu menyimpan headset dengan kabel yang digulung secara rapi.

Adapun cara menggulung kabel headset yang direkomendasikan yaitu gunakan tiga jari tangan, yakni telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Gulung kabel memutari tiga jari tangan tersebut dan sisakan sepanjang kurang dari 10 cm. Setelah itu lepaskan tiga jari anda sampai menyisakan ruang kosong di tengah, kemudian sisa kabelnya bisa dijadikan sebagai pengikat. 

  1. Hindari Volume Maksimal

Cara membuat headset dan kabelnya awet jangka waktu panjang selanjutnya yaitu dengan menghindari volume maksimal. Ketika mendengarkan lagu atau menggunakan headset untuk menonton film dan lainnya, anda mungkin ingin mendengarkan dengan suara yang maksimal. Akan tetapi, sebaiknya segera mulai hilangkan kebiasaan tersebut.

Pasalnya mengatur suara dengan volume maksimal terlalu sering dapat membuat komponen komponen yang ada pada headset menjadi lebih rentan rusak. Lama kelamaan suara jernihnya akan memudar dibandingkan pada awal penggunaan. Bukan hanya itu saja, namun volume maksimal juga dikhawatirkan memberi efek pada yang tidak baik pada telinga anda.

  1. Jangan Tarik Kabelnya

Ketika hendak melepas headset dari sumber suara, tidak jarang banyak yang menarik kabel untuk melepasnya. Padahal cara ini akan membuat kabel menjadi lebih rentan rusak karena adanya beban tambahan. Sebagai cara membuat headset dan kabelnya awet jangka waktu panjang, sebaiknya tarik di bagian steker alih alih pada kabel.

Info mengenai produk headphone bisa klik link berikut : https://www.bliaudio.com/headphone-c161

 

  1. Jangan Digoyang Ketika Menarik

Selain kebiasaan menarik bagian kabel ketika melepas, kebiasaan buruk lainnya yang sering dilakukan oleh masyarakat yaitu menggoyangkan kabel untuk melepaskan sesuatu yang erat. Padahal cara ini pun tidak dianjurkan lantaran dapat merusak steker. Bahkan tidak hanya itu saja, tapi menggoyang steker saat melepas kabel juga dapat berpotensi merusak port headphone jack.

Maka dari itu, untuk menghindari kerusakan sebaiknya tarik lurus steker ketika hendak melepaskan headset dari sumber suara. Walaupun steker terpasang erat dan sedikit sulit melepasnya, usahakan anda tetap menarik lurus dengan lembut. Sehingga potensi kerusakan pada steker maupun port headphone jack dapat diminimalisir.

  1. Membersihkan Secara Rutin

Sama halnya seperti peralatan elektronik lainnya, headset juga perlu dibersihkan secara rutin supaya kinerjanya tetap optimal. Untuk membersihkan kabel dari kotoran, noda, dan bakteri, anda bisa menggunakan alkohol serta kain. Sementara pada bagian earbud bisa dibersihkan menggunakan cotton bud untuk menghilangkan debu yang menempel.

  1. Menyimpan Headset di Tempat Khusus

Cara membuat headset dan kabelnya awet jangka waktu panjang yang tidak boleh dilewatkan yaitu menyimpannya di tempat khusus. Jangan letakkan perangkat di sembarang tempat agar tidak mudah kotor dan rusak. Misalnya anda bisa menggunakan kantong tertentu atau kotak kemasan tertentu sebagai wadah penyimpanan.

Dengan menerapkan berbagai cara di atas, maka headset akan lebih awet dan tahan dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu, anda perlu memilih perangkat yang berkualitas supaya headset tidak gampang rusak. Seperti deretan headset yang ditawarkan di Bliaudio, tersedia beragam pilihan dari berbagai merk terkenal yang sudah terjamin kualitasnya sehingga dapat anda jadikan pilihan. Info mengenai produk earphone bisa klik link berikut https://www.bliaudio.com/earphone-c165

Add Comment