Tips Menggunakan Amplifier Speaker Agar Suara Jernih
Customer Care -

Tips Menggunakan Amplifier Speaker Agar Suara Jernih

Tips Menggunakan Amplifier Speaker Agar Suara Jernih
11 January
2022

Untuk Anda yang akrab dengan perangkat audio, pasti tidak akan asing dengan bagian yang dikenal dengan amplifier. Alat satu ini memiliki fungsi agar suara menjadi jernih dan juga kuat sehingga lebih jelas didengarkan. Namun apabila digunakan dalam waktu yang lama bisa menurunkan kualitas. Berikut tips menggunakan amplifier speaker agar suara jernih yang perlu Anda tahu.

Sekilas tentang Amplifier

Walaupun termasuk alat yang familiar, namun bukan berarti semua orang akan mengetahui alat ini. Perangkat satu ini adalah alat yang berfungsi untuk mengubah sinyal input yang memiliki amplitudo rendah dan sinyal outputnya menjadi lebih tinggi. Tetapi tidak akan mengubah frekuensinya dan hasil sinyalnya akan lebih kuat serta berbentuk analog.

Umumnya amplifier akan bisa ditemukan pada perangkat audio yang memiliki sound speaker. Dan agar bisa bekerja dengan baik, maka dibutuhkan tranduser agar suara bisa dikonversi menjadi listrik. Sinyal listrik ini juga harus bertipe arus bolak balik sehingga tegangannya stabil. Output dari amplifier akan lebih besar atau yang dikenal gain.

Dengan begitu suara yang dihasilkan bisa berkualitas baik dan juga lebih berkarakter. Karena memang fungsi dari amplifier pada audio untuk menguatkan sekaligus mengatur karakteristiknya. Maka dari itu Anda harus tahu tips menggunakan amplifier speaker agar suara jernih. Apalagi amplifier juga bisa menyesuaikan suara dari output dari perangkat audio.

Tips Membuat Amplifier Speaker Menjadi Lebih Jernih

1. Melakukan Pemasangan Power Supply Dengan Teliti

Power supply seringkali menjadi masalah yang membuat suara dari amplifier tidak jernih namun tidak disadari. Sehingga dalam memasang power supply tentu tidak boleh sembarangan agar suaranya tetap berkualitas. Dalam merakitnya, Anda sebaiknya teliti dan juga hati hati. Mengingat nantinya akan berkaitan dengan faktor kualitas dari suara yang dihasilkan.

2. Pakai Trafo dan Elco Terbaik

Tidak hanya memperhatikan pemasangan power supply, Anda juga harus memperhatikan masalah trafo dan elco. Pastikan keduanya menggunakan yang berkualitas tinggi. Karena akan sangat bagus mengatasi adanya suara amplifier yang kurang jernih. Keduanya menjadi komponen utama yang akan menyesuaikan sinyal output dan input.

3. Perhatikan Perihal Ground

tips menggunakan amplifier speaker agar suara jernih selanjutnya adalah mengecek bagian groundnya. Ground yang dipasang dengan tidak tepat akan mempengaruhi suaranya menjadi tidak jernih. Maka dari perlu memperhatikan secara hati hati dan teliti ketika memasang ground. Misalnya pastikan potensio menempel secara sempurna pada body box besi.

4. Gunakan Pendingin Transistor yang Bagus

Tidak hanya cara yang telah disebutkan, Anda juga bisa menyiasati amplifier yang tidak jernih dengan menggunakan pendingin transistor yang memiliki kualitas jempolan. Tujuannya agar final power amplifier bertahan lama, mengingat semakin bagus pendingin maka final power amplifiernya juga akan menjadi lebih aman, dalam hal ini juga bisa ditambahkan kipas.

5. Perhatikan Kondisi Kabel

Penyebab dari amplifier yang tidak prima juga bisa dikarenakan kabel. Maka dari itu tips menggunakan amplifier speaker agar suara jernih adalah dengan cek bagian kabelnya. Karena kabel yang digunakan tidak boleh sembarangan, terutama untuk arus dari power supply. Bagian tersebut memiliki arus besar dan jika tidak tepat bisa menyebabkan alirannya tidak stabil.

Dengan mengintip beberapa langkah tersebut, Anda juga tidak bisa mengabaikan beberapa penyebab gangguan pada amplifier. Penyebabnya juga bisa disebabkan tone control rusak, ada komponen yang putus dan lain sebagainya. Maka dari itu harus rutin untuk dicek dan segera diganti. Bliaudio, hadir untuk memenuhi kebutuhan akan audio Anda dengan kualitas prima.

Add Comment