Mengenal Bagian-Bagian dari Speaker Aktif
Customer Care -

Mengenal Bagian-Bagian dari Speaker Aktif

Mengenal Bagian-Bagian dari Speaker Aktif
10 November
2021

Mengenal Bagian-Bagian dari Speaker Aktif 

Kinerja dari speaker aktif tentu tidak terlepas dari komponen penting yang ada di dalamnya. Bagian-bagian dari speaker aktif ini memiliki peran yang penting agar performa dari speaker aktif berjalan dengan lancar dan baik. Untuk itu, ada baiknya anda juga mengetahui bagian-bagian dari speaker aktif ini. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, yuk simak ulasan berikut!


Mengenal Komponen di dalam Speaker Aktif

1. Pre-Amp

Komponen penting pertama yang ada di dalam speaker aktif adalah pre-amp dan berfungsi untuk menyeleksi sumber audio, baik itu dari mikrofon, DVD, atau perangkat lain. Sensitivitas dari sinyal input yang berbeda-beda akan diolah dan dikuatkan, kemudian baru diarahkan ke tone control. Saat ini, koneksi pre-amp sudah dapat digantikan menggunakan USB.

2. Tone Control

Sinyal suara dari pre-amp akan diteruskan ke tone control untuk diatur karakteristik frekuensi sinyal audionya. Dengan begitu, akan muncul suara dengan nada yang berbeda, yaitu nada bass atau rendah dan nada tinggi atau treble. Di bagian tone control ini anda juga bisa mengatur seberapa kuat suara bass dan treble yang anda inginkan, namun tegangan output-nya masih lemah.

3. Power Amplifier

Komponen penting dari speaker aktif terbaik selanjutnya adalah power amplifier yang bertugas untuk menguatkan sinyal suara yang dibawa oleh tone control. Dengan komponen ini, sinyal suara yang masuk akan diperkuat dalam satuan Watt atau yang lebih akurat dinyatakan dalam RMS. Semakin kecil nilai distorsi power amplifier, distorsi dari audio juga akan semakin kecil.

Baca Juga : Daftar Speaker Aktif Terbaik di BLIAUDIO

4. Loudspeaker

Loudspeaker menjadi komponen penting dari speaker aktif selanjutnya yang bertugas untuk mengubah getaran listrik menjadi getaran suara. Di dalam loudspeaker ini tertanam jenis speaker yang digunakan oleh speaker aktif, seperti woofer, midrange, dan tweeter. Masing-masing jenis speaker ini memiliki frekuensi yang berbeda dan menghasilkan nada yang berbeda pula.

Speaker woofer diletakkan di bagian paling bawah untuk menghasilkan suara yang rendah atau bass, kemudian disusul oleh midrange di bagian tengah sebagai penyeimbang. Sementara itu, tweeter diletakkan paling atas dengan ukuran paling kecil untuk menghasilkan suara yang paling tinggi. loudspeaker sendiri terdiri dari rangka logam, kertas membran, magnet, dan kumparan.

5. Catu Daya

Catu daya di dalam speaker aktif berfungsi untuk menghidupkan speaker yang terdiri dari trafo, kapasitor, dan penyearah. Trafo di sini berfungsi untuk mengubah tegangan AC dari PLN menjadi lebih rendah yang kemudian diubah menjadi tegangan DC oleh kapasitor. Kapasitor juga bertugas memperhalus tegangan agar tidak ada distorsi suara.


Berbagai komponen yang dimiliki oleh speaker aktif tersebut memiliki peran yang penting di dalam menunjang kinerja speaker aktif. Masing-masing komponen memiliki tugas yang berbeda-beda untuk memaksimalkan kinerja speaker aktif. Untuk itu, setiap bagian ini juga harus dijaga kondisinya.

Anda bisa membeli produk speaker aktif berkualitas dengan harga terjangkau hanya di BLIAUDIO dengan transaksi mudah dan cepat melalui website kami. Temukan juga produk lainnya dari kami untuk melengkapi kebutuhan Anda di website kami.

Add Comment