Cara Membersihkan Headset Untuk Jaga Kualitas Suara
Customer Care -

Cara Membersihkan Headset Untuk Jaga Kualitas Suara

Cara Membersihkan Headset Untuk Jaga Kualitas Suara
11 June
2021

Melakukan kegiatan video call, mendengarkan musik hingga gaming rasanya tidak lengkap jika tanpa headset. Suara yang ditangkap memang akan lebih jelas jika menggunakan alat satu ini. Hanya saja, tidak banyak yang tahu jika alat ini juga perlu untuk dibersihkan agar suaranya tetap berkualitas. Berikut cara membersihkan headset yang harus anda tahu.


Cara Mudah Untuk Membersihkan Headset


1. Membersihkan Bagian Bantalan

Bantalan Headset menjadi bagian yang paling banyak menyimpan debu dan juga keringat. Tak jarang headset yang kotor akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Anda bisa melepas bagian bantalan jika memang bisa dilepas. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kain lembut yang sudah dibasahi dengan sabun.

Setelah itu pastikan bagian ini kering, anda bisa mengelap dengan menggunakan kain bersih. Ada baiknya tidak langsung mencelupkan bagian bantalan ini ke dalam air. Karena jika tidak kering total, maka akan membuatnya lembab dan bau tidak sedap muncul. Dengan cara di lap saja sudah bisa membersihkan bantalan asalkan setelahnya benar benar kering.

Pada cara membersihkan headset di  bagian bantalan, anda juga bisa menggunakan kain lap yang telah diberikan alkohol ataupun hand sanitizer. Usap dengan lembut bagian bantalan telinga ini dengan kain tersebut. Selanjutnya, anda bisa merendam cotton bud dengan pembersih, dan menggunakannya untuk membersihkan bagian celah celahnya.


2. Mengeringkan Bagian Bantalan

Memang bantalan menjadi bagian paling krusial pada headset karena menjadi jalan keluarnya suara. Bagian ini jugalah yang langsung bersentuhan dengan kulit sehingga bisa terkena keringat. Apalagi jika penggunaannya dalam waktu lama dan setiap hari. Untuk itu setelah melakukan langkah yang pertama, anda bisa mengeringkan bagian ini dengan menggunakan tisu.

Selain menggunakan tisu, anda juga bisa mengeringkan bagian bantalan ini di bawah sinar matahari. Tujuannya selain membuatnya benar benar kering, juga bisa membunuh bakteri yang hinggap di bagian bantalan. Tidak perlu terlalu lama, anda bisa melakukannya hingga benar benar kering. Cara membersihkan headset satu ini sangat penting untuk dilakukan.


3. Membersihkan Bagian Mic

Beberapa headset ada yang dilengkapi dengan bagian mic di bagian luarnya. Bagian ini juga menjadi bagian yang harus dibersihkan. Jika ada bantalannya dan bisa dilepas, anda bisa melakukan hal yang sama dengan bagian di telinga. Apabila tidak, anda bisa melapnya dengan alkohol atau sanitizer untuk membunuh bakteri sekaligus membersihkan debu.


4. Membersihkan Bagian Colokan Headset

Colokan headset juga menjadi bagian yang bisa kotor. Anda bisa membersihkannya, tapi pastikan anda melakukannya secara hati hati. Mengingat jika terlalu kasar, bisa menyebabkan headset tidak berfungsi dengan baik. Anda bisa menggunakan sikat kecil yang lembut, atau lap pada bagian colokan dengan hati hati. Sekalian saja anda bersihkan bagian kabelnya.


5. Menyimpan Dengan Tepat

Setelah anda melakukan beberapa cara membersihkan headset yang disebutkan, maka anda harus menyimpannya dengan tepat. Anda harusnya menyimpannya di tempat yang kering dan anti lembab. Jika di dalam box anda bisa menambahkan silica gel. Hal ini karena penyimpanan yang tidak tepat akan membuat headset menjadi berbau tidak sedap dan muncul jamur.

Beberapa langkah untuk membersihkan headset yang disebutkan perlu untuk anda terapkan. Dengan begitu headset akan tetap wangi dan juga memiliki kualitas suara yang terjaga. Tidak hanya itu, umur headset juga akan lebih panjang jika perawatannya benar. bagi anda yang berniat meminang headset baru, Bliaudio bisa jadi pilihan. Selengkapnya kunjungi situs resminya. Klik disini untuk informasi lebih lanjut : Bli Audio

Add Comment