Mengenal 6 Istilah Dalam Music Yang Bikin Bingung
Customer Care -

Mengenal 6 Istilah Dalam Music Yang Bikin Bingung

Mengenal 6 Istilah Dalam Music Yang Bikin Bingung
17 May
2021

Ketika anda ingin mendalami dunia musik atau terjun di dalam profesi yang berhubungan dengan musik, anda pun akan dibuat bingung dengan istilahnya yang jarang dipahami oleh orang awam. Oleh karena itu, kali ini akan diulas beberapa istilah dalam music yang harus anda pahami.


Istilah Musik Yang Perlu Anda Ketahui


1. Vibrato 

Vibrato adalah sebuah istilah yang menandakan terdapat perubahan pada getaran suara secara teratur. Istilah satu ini sering kali digunakan untuk menambahkan ekspresi, baik dari segi musik instrumental ataupun musik vokal. Untuk vibrato sendiri, ditandai dengan dua hal yakni jumlah variasi getaran dan juga kecepatan dari variasi getaran tersebut.


2. Tremolo

Meskipun tremolo dalam praktiknya kerap kali digunakan secara bergantian dengan vibrato, namun kedua istilah ini sebenarnya memiliki jenis getaran yang berbeda. Jika vibrato merupakan getaran dalam bermusik dengan modulasi berupa frekuensi, maka tremolo adalah modulasi amplitudo


3. Glissando

Glissando adalah istilah dalam music yang perlu anda ketahui selanjutnya. Istilah yang berasal dari Italia ini memiliki arti yakni meluncur. Dimana istilah ini merupakan perpindahan dari nada satu ke nada yang lain dalam bermusik. Dalam beberapa konteks istilah ini merupakan kelanjutan dari portamento.


4. Portamento

Sedangkan untuk portamento sendiri adalah istilah musik lanjutan dari glissando. Hal yang menjadi pembeda jelas antara kedua istilah tersebut adalah adanya batasan pada bagian pitch, terutama pada alat musik seperti harpa, piano dan instrumen lain seperti timpani dan trombon.


5. Overdub dan Punch In

Istilah dalam music lain yang perlu anda ketahui adalah overdub dan punch in. Kedua jenis istilah tersebut umumnya telah dipahami oleh musisi di era modern saat ini. meskipun terkadang masih yang merasa bingung dengan perbedaan keduanya, terutama orang orang batu yang terjun di dunia rekaman.

Overdub atau yang sering kali dikenal dengan istilah over dubbing adalah istilah dalam bermusik yang mana memiliki arti penambahan layer ke dalam rekaman. Sedangkan yang dimaksud dengan punch ini adalah perbaikan. Istilah satu ini sering kali digunakan untuk memperbaiki kesalahan di dalam rekaman.

Contohnya saja, ketika proses rekaman berlangsung tidak sengaja seorang vokal atau pemain instrumen melakukan kesalahan ketika melakukan rekaman. Saat mengalami hal tersebut, pihak rekaman akan melakukan punch out agar rekaman yang asli tetap bisa didengarkan setelah melakukan koreksi.


6. Distorsi Harmonik 

Distorsi harmonik adalah salah satu istilah yang digunakan ketika suara menghasilkan nada kabur. Pada umumnya, distorsi ini akan sering kali digunakan pada gitar listrik. Namun tak menutup kemungkinan juga dapat digunakan pada instrumen listrik lainnya. Sebut saja seperti piano listrik hingga bass listrik dan juga orgen.

Distorsi merupakan istilah dalam music yang paling sering anda temui ketika bermusik. Bahkan beberapa musisi akan sengaja menambahkan distorsi ini pada instrumen musik dan juga vokal. Sehingga nantinya akan menciptakan gaya musik dan juga efek dalam bermusik. Sebagai orang yang terjun di dunia musik atau rekaman, anda pun nantinya akan akrab dengan istilah satu ini.

Itulah beberapa istilah dalam bermusik yang perlu anda ketahui. Ketika anda ingin lebih berfokus untuk meniti karir di dunia musik, beberapa istilah dalam bermusik tersebut pastinya akan anda temukan. Oleh karena itu, di dalam bermusik sebaiknya anda mengetahui maksud dan arti dari istilah istilah tersebut yang berguna untuk menambah pengetahuan dan menghindari kesalahan dan pengucapan.

Add Comment