Tips Musisi : 3 Cara Membuat Lagu Sendiri Di Rumah Dengan Mudah
Customer Care -

Tips Musisi : 3 Cara Membuat Lagu Sendiri Di Rumah Dengan Mudah

Tips Musisi : 3 Cara Membuat Lagu Sendiri Di Rumah Dengan Mudah
17 May
2021

Menulis lagu kerap kali menjadi hal yang sulit, terutama untuk pemula. Sebab banyak hal yang menjadi penghalang, mulai dari tidak ada inspirasi hingga tidak tahu mau dibawa kemana lagu tersebut. Oleh karena itu, kali ini akan diulas beberapa cara membuat lagu sendiri. Dengan begitu, anda pun bisa mulai menulis lagu dan belajar menjadi musisi.


Tahapan Yang Perlu Anda Lakukan Dalam Membuat Lagu


1. Tentukan Tipe dan Genre Lagu

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika ingin membuat lagu adalah menentukan tipe dan juga genre dari lagu yang akan anda buat. Setelah anda mendapatkan inspirasi, maka tentukan tipe lagu apa yang anda inginkan. Sebut saja seperti lagu tentang tema romantis, patah hati atau tentang kebahagiaan.

Selanjutnya, anda juga bisa menentukan genre dari lagu yang akan anda buat. Genre musik tersebut akan lebih baik apabila anda telah menghubungkannya dengan tipe lagu yang anda buat. Semisal tipe lagu sedih dengan genre pop mellow atau balad. Sehingga lagu tersebut akan lebih easy listening dan mempunyai jiwa bagi yang mendengarkannya.


2. Membuat Lirik dan Struktur Lagu

Langkah dan cara membuat lagu sendiri selanjutnya adalah dengan membuat lirik lagu. Setelah anda menentukan tipe dan genre dari lagu yang ingin anda buat, maka buatlah lirik lagu sesuai dengan tipe lagu yang anda ingin buat. Fungsi lirik dalam sebuah lagu adalah memberikan efek dramatis dalam kata kata.

Dengan adanya inspirasi yang anda miliki, dapat menjadi modal awal di dalam membuat lirik tersebut. Kemudian, untuk struktur lagunya sendiri nanti akan otomatis anda buat ketika menuliskan litik. Pasalnya, ketika anda menulis lirik maka secara tidak langsung akan menentukan struktur dari lagu tersebut.

Bagi anda yang belum tahu, struktur lagu adalah seperti chorus, reff dan juga lainnya. Namun, saat ini anda bisa bebas berkreasi. Sehingga, struktur lagu bisa anda buat seunik mungkin. Akan tetapi, bagi anda yang masih pemula ada baiknya untuk membuat struktur lagu yang simpel terlebih dahulu.


3. Menentukan Nada

Disini, anda bisa menentukan nada kuncinya terlebih dahulu. Tahapan satu ini termasuk cara membuat lagu sendiri ini yang paling penting. Kunci dan juga nada dasar berperan sebagai range dari nada nada yang nantinya akan dijangkau. Kunci nada juga akan menentukan tinggi nada vocal yang menyanyikan lagu tersebut.

Selanjutnya, anda bisa membuat intro atau nada awal. Gunakan kreatifitas anda di dalam tahapan ini. untuk lebih mudah anda bisa menggunakan instrumen berupa piano atau gitar untuk membuat lagu. Anda bisa membuat intro yang simpel dengan sedikit nada melodi. Kemudian, dilanjut dengan membuat nada untuk melodi atau middle. 

Untuk ciri ciri dari nada ini adalah terdapat alat musik yang menonjol namun tetap dengan melodi yang simpel dan cocok. Lalu, anda pun bisa membuat nada akhir atau outro. Untuk tahapan dari cara membuat lagu sendiri ini bersifat opsional. Sebab, anda bisa memberikan klimaks lagu pada akhir ataupun pada reffrain. Namun anda tidak boleh menghilangkan bagian ini ketika membuat lagu.

Ketika proses telah selesai, anda bisa mencoba untuk menyanyikan lagu tersebut. Kombinasikan lirik dan juga nada yang telah anda buat. Apabila terdapat nada atau lirik yang kurang pas anda bisa melakukan variasi untuk membuat lagu lebih enak untuk didengar. Cara satu ini bisa anda terapkan sebagai ajang berlatih untuk membuat lagu sendiri.


Add Comment