4 Tips Mudah Untuk Menghasilkan Suara Yang Bagus
Customer Care -

4 Tips Mudah Untuk Menghasilkan Suara Yang Bagus

4 Tips Mudah Untuk Menghasilkan Suara Yang Bagus
17 May
2021

Ketika anda ingin menjadi penyanyi, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Diantaranya adalah memiliki suara yang bagus dan merdu untuk didengarkan. Ternyata ada beberapa cara agar suara bagus. Bagi anda yang ingin mempelajarinya, simak ulasan dari tipsnya berikut ini.


Tips Untuk Menghasilkan Suara yang Bagus


1. Menghindari Konsumsi Makanan Berminyak dan Pedas

Seorang penyanyi, tentunya harus menjaga pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsinya. Salah satu tips untuk bisa menghasilkan suara yang bagus adalah dengan menghindari konsumsi makanan yang mengandung minyak dan pedas. Bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsinya, anda bisa tetap memakannya namun dengan porsi yang sedikit.

Selain itu, makanan yang mengandung minyak berlebih ternyata juga tidak baik untuk tenggorokan. Hal ini dikarenakan ketika anda mengkonsumsi makanan dengan minyak yang banyak, nyatanya mampu meningkatkan suhu yang ada di tenggorokan. Hal ini akan mampu menyebabkan tenggorokan alami disfungsi pita suara. Begitu pula dengan makanan yang pedas.


2. Rajin Berolahraga

Cara agar suara bagus juga bisa dilakukan dengan rutin berolahraga. Kegiatan satu ini memiliki manfaat untuk melatih pernafasan anda. Sehingga, ketika anda rutin melakukan olahraga akan membuat pernafasan menjadi lebih panjang dan kuat. Hal ini tentu saja yang dicari oleh penyanyi.

Ketika anda rajin melakukan olahraga, hal ini juga akan membuat kekebalan tubuh menjadi meningkat. Anda pun tidak akan mudah sakit dan badan tetap bugar. Dengan melakukan olahraga secara teratur, tentu saja kegiatan ini akan memiliki dampak yang besar untuk pernafasan anda. Sehingga anda bisa menghasilkan suara yang stabil ketika bernyanyi.


3. Konsumsi Air Putih Secukupnya

Konsumsi air putih juga menjadi hal penting sebagai cara agar suara bagus. Pasalnya, lipatan yang ada pada pita suara haruslah diberikan pelumas yakni lendir sehingga mampu bergetar dan mengeluarkan suara. Salah satu cara agar suara bisa merdu, anda perlu melumasinya dengan cairan lendir.

Cairan pada lendir ini akan didapatkan ketika anda rutin mengonsumsi air putih yang cukup. Untuk itu, anda bisa mengkonsumsi air putih yakni sekitar 2 liter setiap harinya. Selain mampu melumasi lendir pada pita suara, dengan mengkonsumsi air putih yang cukup akan membuat tubuh tetap terhidrasi.


4. Melatih Pernapasan

Saat anda ingin menghasilkan suara yang bagus, hal yang penting untuk dilakukan adalah melatih pernapasan dalam. Cara satu ini dapat anda lakukan dengan melakukan pernapasan pada diafragma dan paru paru. Anda bisa mengambil udara secara dalam, selanjutnya keluarkan.

Cara agar suara bagus bisa anda dapatkan dengan berlatih secara rutin setiap harinya. Disini, anda bisa melatihnya dengan berbagai macam posisi. Pertama dengan duduk dan berdiri, dimana anda bisa menempatkan tangan di atas perut dan paksalah udara yang anda hirup agar bisa keluar semua.

Kemudian, anda juga bisa untuk berlatih pernafasan dalam agar bisa menghasilkan nada yang tinggi. Cara ini bisa anda awali dengan mengkonsumsi segelas air putih hangat dahulu. Lalu, anda pun bisa melakukan pemanasan dengan tangga nada yang mudah dahulu. Selanjutnya, anda bisa melanjutkan ke nada yang tinggi secara bertahap.

Saat anda ingin menghasilkan suara yang bagus, tentu saja terdapat beberapa teknik yang bisa anda lakukan. Hal ini bertujuan agar nantinya suara yang anda keluarkan akan terdengar merdu dan bagus. Oleh karena itu, di dalam menghasilkan suara yang enak didengar, anda pun perlu melakukan banyak latihan dan menerapkan tips tips tersebut.


Add Comment