Cara Membuat Cover Youtube Yang Menarik Tanpa Clickbait
Customer Care -

Cara Membuat Cover Youtube Yang Menarik Tanpa Clickbait

Cara Membuat Cover Youtube Yang Menarik Tanpa Clickbait
8 April
2021

Mungkin Anda pernah melihat kata kata clickbait di dalam sesi komentar video Youtube. Maksud dari kata tersebut sebenarnya adalah ketidaksinambungan antara gambar cover dan isi. Karena itulah, penting untuk membuat thumbnail atau cover yang menarik tapi tidak bohong. Untuk membantu Anda, cek cara membuat cover Youtube yang satu ini. 


Cara Pintar Membuat Cover Video Youtube Menarik 


1. Pilih Ide Yang Paling Sesuai 

Banyak sekali video Youtube yang mendapat dislike dan thumbdown karena cover tidak nyambung apalagi clickbait. Karena itu, Anda harus pintar pintar memilih gambar yang paling sesuai. Bisa saja mengambil gambar foto salah satu karakter di dalam video, inti dari isi rekaman, atau melakukan capture frame (screenshot). 

Opsi terakhir adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan, karena Anda tidak perlu melakukan tahap foto atau mencari gambar tambahan. Anda hanya perlu membuat gambar cuplikan tersebut pop-out atau tampil lebih dominan di halaman rekomendasi. Salah satu caranya adalah melakukan edit sederhana dengan aplikasi edit gambar. 


2. Pakai Gambar Berkualitas Dan Edit

Sempat disinggung tentang edit atau menyunting gambar dengan aplikasi tertentu. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan aplikasi semacam photoshop untuk membuat gambar cover lebih menarik. Cara membuat cover Youtube ini sudah sangat lazim, jadi bukan hal yang perlu diragukan lagi. Sebelum melakukan edit, pastikan gambar yang digunakan berkualitas. 

Yang dimaksud berkualitas merujuk pada tampilan yang tampak profesional, tidak buram, dan detail. Dengan begitu, Anda akan dimudahkan dalam proses editing. Jika Anda baru dalam dunia edit gambar, lakukan saja langkah sederhana. Seperti memotong objek inti pada video, memberi highlight, dan tambahan efek. 


3. Gunakan Dimensi Yang Tepat  

Agar thumbnail terlihat lebih profesional, pastikan gambar yang digunakan punya dimensi yang sesuai dengan kebutuhan Youtube. Meski nanti muncul sebagai gambar kecil, gunakan cover dengan ukuran 1280 x 720 atau minimal lebar 640 pixel. Selain itu, pakai rasio 16:9 sehingga gambar cover tidak akan tampak pecah atau buram. 


4. Konsisten Dalam Membuat Thumbnail 

Konsisten dalam membuat cover tidak hanya membuatnya lebih menarik dan mudah diingat, tapi juga mempermudah proses ke depannya. Konsistensi ini bisa dijadikan default untuk cara membuat cover Youtube di kanal yang dimiliki. Anda tidak perlu bingung berpikir tentang desain atau font pada setiap video, karena sudah memiliki desain dasar. 

Ide ini juga baik dalam membangun kesan yang kuat di mata penonton. Bahkan, tidak sedikit pembuat konten yang identitasnya dapat diidentifikasi dari tampilan covernya. Lantas apa yang harus digunakan? Anda bisa menggunakan font, karakter, hingga style desain tertentu. Dengan begitu audiens akan dengan mudah mengenali brand dan karakter kanal.  


5. Libatkan Judul Atau Inti Video 

Banyak sekali yang merasa gambar saja sudah cukup untuk thumbnail atau cover. Sayangnya ide tersebut tidak selalu benar. Pasalnya, tampilan gambar tersebut hanya mampu memberi segelintir informasi mengenai video. Tanpa adanya informasi yang tepat, audiens bisa saja berpaling.

Cara membuat cover Youtube terakhir yang bisa dicoba adalah melibatkan judul dan inti video. Biasanya Anda bisa memberi judul yang dipersingkat, nomor seri, atau inti dari highlight video itu sendiri. Dengan begitu penambahan teks pada thumbnail akan lebih berkesan dan membuat gambar tampak lebih kaya. 

Inti dari membuat cover atau thumbnail Youtube sebenarnya ada di bagaimana Anda menarik perhatian penonton. Namun, bukan berarti harus clickbait. Anda bisa atasi dengan mengambil cuplikan gambar dari video, melibatkan judul, menggunakan dimensi terbaik, konsisten, dan pakai gambar berkualitas. Dengan begitu video Anda akan tampak lebih profesional. 


Add Comment