Cara Mudah Menggunakan Mic Bluetooth Dengan Benar
Customer Care -

Cara Mudah Menggunakan Mic Bluetooth Dengan Benar

Cara Mudah Menggunakan Mic Bluetooth Dengan Benar
8 April
2021

Teknologi wireless memang sedang ramai akhir akhir ini. Mulai dari charger handphone, mouse komputer, sampai microphone pun tidak perlu pakai kabel lagi. Menggunakan teknologi Bluetooth, perangkat microphone pun dapat dipakai dengan lebih leluasa dimana pun dan kapan pun. Tertarik untuk mencoba? Cek cara menggunakan mic bluetooth anti ribet berikut.


Tahapan Penyambungan Saluran Mic Bluetooth Dengan Benar Dan Mudah 


1. Pastikan Perangkat Yang Ingin Dihubungkan Memiliki Fitur Bluetooth 

Pada perangkat apa Anda ingin sambungkan microphone tersebut? Pastikan perangkat yang dipilih memiliki fitur bluetooth, seperti smartphone, laptop, tablet, atau dashboard hiburan mobil. Tanpa adanya bluetooth, maka Anda tidak akan dapat melakukan pairing. Pada umumnya, microphone wireless juga akan dilengkapi port AUX atau kabel audio sebagai alternatif. 


2. Mengaktifkan Bluetooth Pada Mic Dan Perangkat 

Apabila sudah yakin bahwa perangkat memiliki fitur bluetooth, maka aktifkan fitur tersebut. Dalam peranti gawai, umumnya opsi bluetooth muncul di drop bar notifikasi atau menu pengaturan. Cari opsi bluetooth dan pastikan fitur tersebut diatur agar dapat ditemukan oleh perangkat lainnya. Dengan begitu Anda akan dapat melihat nama mic wireless yang digunakan. 

Sama halnya dengan peranti laptop atau tablet. Cara menggunakan mic bluetooth bisa dimulai dengan aktivasi fitur bluetooth pada kedua perangkat (mic dan laptop/tablet). Untuk peranti seperti komputer yang tidak memiliki bluetooth bawaan, Anda bisa memasang dongle bluetooth untuk menangkap sinyal wireless ke piranti komputer. 


3. Proses Searching (pencarian perangkat)

Setelah aktif, lihat tampilan peranti yang digunakan dan klik search. Proses mencari ini biasanya akan diikuti dengan list bluetooth yang pernah tersambung. Sedangkan untuk sambungan baru, maka Anda perlu melakukan search terlebih dahulu. Ingat! Pastikan kedua peranti telah memiliki fitur bluetooth on. Dengan begitu keduanya akan saling menemukan satu sama lain.  


4. Proses Penyandingan (Pairing)

Proses searching akan memakan durasi yang tidak menentu, tergantung dengan tipe bluetooth perangkat. Apabila nama microphone wireless yang digunakan muncul dalam list available devices pada smartphone, maka klik untuk pairing. Dengan demikian, kedua perangkat akan berusaha untuk saling terhubung satu sama lain. 

Cara menggunakan mic bluetooth ini tidak akan optimal jika Anda meletakkan kedua perangkat di jarak yang terlampau jauh. Umumnya sinyal bluetooth juga dapat terhalang oleh tembok atau benda, karenanya pastikan mic dan smartphone berdekatan. Selain itu, tidak sedikit mic yang hanya dapat terhubung setelah memasukkan kombinasi tombol tertentu. 


5. Memasukkan Pin Atau Kode Untuk Syarat Menghubungkan Perangkat

Perhatikan apa yang muncul di dalam layar smartphone. Apabila muncul permintaan memasukkan kombinasi pin untuk pairing, maka lakukan sesuai permintaan. Umumnya, PIN yang digunakan adalah default 1234. Anda juga dapat cek dokumen manual yang tersedia di kardus produk mic tersebut untuk menemukan pin atau kode pairing. 

Dengan memasukkan kode yang benar, maka proses pairing telah selesai dan perangkat terhubung. Tidak jarang microphone akan memberi notifikasi bluetooth telah terhubung dalam bentuk suara tertentu. Anda juga bisa melihat hasil pairing dengan tulisan terhubung pada layar smartphone. Dengan begitu cara menggunakan mic bluetooth pun selesai dan mic siap dipakai. 

Perlu Anda ketahui, bahwa setiap microphone memiliki cara yang berbeda satu sama lainnya. Namun, prinsip konektivitas bluetooth yang digunakan tidak jauh berbeda. Anda dapat menggunakan runtutan cara yang terlampir di atas pada produk microphone wireless yang dimiliki. Tahap tersebut mencakup searching, pairing, dan setting yang cukup sederhana. 


Add Comment