Mengenal Apa Itu Otodidak Dan Bagaimana Cara Belajarnya
Customer Care -

Mengenal Apa Itu Otodidak Dan Bagaimana Cara Belajarnya

Mengenal Apa Itu Otodidak Dan Bagaimana Cara Belajarnya
8 April
2021

Di dalam suatu ketika, mungkin Anda pernah mendengar kata belajar secara otodidak. Sering kali kemampuan ini dikaitkan dengan kemampuan dalam dunia seni, teknologi, bahasa, dan hal lain yang hasilnya tampak mata.  Namun sebenarnya apa yang dimaksud dengan cara belajar tersebut? Untuk itu, berikut ulasan apa itu otodidak, contoh, dan caranya. 


Mengenal Arti Kata Otodidak 


Banyak sekali pengertian akan kalimat ini. Jika diartikan secara harfiah, KBBI menuturkan bahwa otodidak atau autodidak adalah orang yang mampu mendapat keahlian dengan belajar sendiri. Tanpa adanya guru atau pembimbing tertentu. Sebutan ini juga tidak lepas dengan kemampuan daya serap otak akan suatu hal yang dipelajari sendiri. 

Pada dasarnya, otodidak tidak dapat dilakukan dengan mudah tanpa adanya tekad yang kuat dan disiplin. Cara belajar ini juga akan berkaitan erat dengan kemampuan untuk menjadi mandiri dalam mencari ilmu dan informasi. Dengan absennya seorang pembimbing, Anda juga dituntut untuk lebih kreatif, penasaran, dan mampu menghadapi rintangan. 

Jika dirinci, otodidak juga kerap dikaitkan dengan talenta terpendam. Cara memahami yang begitu kompleks tidak lepas dengan daya serap otak akan suatu hal tertentu. Namun, tidak menutup kemungkinan otodidak akan berkaitan dengan hal yang 100% baru. Seperti nama besar Leonardo da Vinci yang belajar melukis secara mandiri dan menjadi contoh apa itu otodidak.     


Cara Belajar Otodidak 

Tidak sedikit yang mengasosiasikan sebutan ini pada dunia seni, seperti tari, musik, hingga lukis. Nama leonardo da vinci adalah salah satu contohnya. Namun ada juga deretan ilmuwan, seperti Granville T. Woods hingga Kato Lomb, seorang penerjemah simultan pertama dunia. Bagaimana mereka mendapat skill dan karya tentu diikuti dengan cara yang tidak mudah. 

Di era dunia yang semakin modern ini, metode belajar ini akan semakin mudah dilakukan. Anda yang ingin mencoba, bisa mengawali dengan menentukan subjek yang ingin dipelajari. Seperti contohnya adalah berlatih olah vokal. Temukan dan pertimbangkan segala aspek yang terkait, termasuk tantangan dan halangan yang ada. 

Kemudian, manfaatkan teknologi terbaik untuk menunjang kebutuhan belajar. Dalam dunia olah vokal, Anda dapat memulai dengan mendengar teknik tarik suara, musik, hingga menggunakan peranti terbaik. Buatlah catatan dan terus belajar mendalami hal tersebut. Dan akhirnya, praktekkan ilmu yang didapat sehingga Anda pun akan tahu apa itu otodidak.    


Teknik Bernyanyi Otodidak 

Dalam dunia tarik suara, Anda dapat memulai langkah dengan mempelajari dasarnya. Anggap saja posisi dan sikap tubuh yang harus dengan punggung tegak untuk bernyanyi lantang. Belajar juga teknis bernafas agar dapat merangsang otot perut dan mengeluarkan suara yang lebih keras. 

Rekam, dengarkan, dan kenali suara Anda sendiri adalah tahap selanjutnya. Gunakan alat perekam untuk melihat sebaik apa Anda bernyanyi, kemudian perbaiki dan tingkatkan. Jangan ragu untuk mencoba hal baru. Anda dapat belajar dari video di media sosial, mempelajari teknik dari internet, dan tingkatkan rasa percaya diri. 

Apa itu otodidak tidak akan ada artinya jika Anda tidak berusaha keras. Dalam hal bernyanyi, percaya diri dan teknik adalah poin utama. Anda pun dapat meminta pendapat orang lain akan hasil latihan bernyanyi. Sebagai panutan, coba cek musisi ternama seperti Luciano Pavarotti atau Eminem sebagai contohnya. 

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kemampuan belajar dan talenta kerap dijajarkan satu sama lain. Dalam hal ini, otodidak justru sering diartikan sebagai cara belajar sendiri tanpa adanya pembimbing. Ilmu tersebut kemudian digunakan untuk terus mengembangkan diri yang tampak dari suatu karya. Seperti dalam dunia seni tarik suara, dunia musik, hingga tari. 


Add Comment