Tips dan Cara Mudah Bernyanyi Dengan Suara Perut
Customer Care -

Tips dan Cara Mudah Bernyanyi Dengan Suara Perut

Tips dan Cara Mudah Bernyanyi Dengan Suara Perut
15 March
2021

Bagi anda yang suka bernyanyi atau pernah les vokal, pastinya sudah tahu tentang teknik pernafasan pada perut. Dengan menggunakan suara perut ini disinyalir akan membuat penyanyi lebih bisa memiliki waktu yang lama untuk bernyanyi. Sebab suara yang dihasilkan tidak akan menjadi serak seperti anda bernyanyi dengan tenggorokan. Lantas, bagaimana cara bernyanyi dengan suara perut? Simak ulasannya.


Tahapan Bernyanyi Dengan Baik Yang Perlu Anda Tahu


1. Pastikan Untuk Membuka Mulut Dengan Lebar

Di dalam bernyanyi, anda harus membuka mulut dengan lebar. Hal ini memiliki tujuan agar nantinya anda bisa melafalkan huruf dengan lebih jelas. Untuk itu, pertama tama anda bisa menyebut huruf vokal dengan jelas. Kemudian, perhatikan dengan pasti bahwa bibir anda telah berdekatan.

Selain itu, jika anda ingin membuat suara lebih terdengar merdu maka anda bisa membuka mulut dengan lebih panjang. Caranya adalah dengan menarik rahang ke bawah bukan ke samping. Sehingga cara melatihnya adalah dengan membuka mulut dan memasukkan dua jari sembari menyebutkan huruf vokal. Cara ini dapat berfungsi untuk menghasilkan suara yang lebih bulat dan merdu.


2. Bernafas Dengan Menggunakan Perut

Cara bernyanyi dengan suara perut, tentunya anda perlu mengetahui teknik bernafas dengan perut. Sebab, pernafasan di dalam bernyanyi adalah salah satu hal yang penting. Dengan teknik pernafasan yang tepat, anda pun akan bisa lebih berpower dan menghasilkan suara yang merdu.

Di dalam melatih teknik pernafasan, terdapat dua cara yang bisa untuk anda lakukan. Pertama, anda bisa bernafas dengan menggunakan perut. Dimana cara ini adalah dengan mengisi udara yang ada di dalam perut. Hal ini membuat perut anda nantinya akan menggembung.

Sebaliknya, anda jangan menaikkan bagian dada maupun pundak ketika bernyanyi. Bagi anda yang masih pertama kali melakukan teknik ini, maka anda bisa menaruh tangan pada bagian perut dan bernafaslah seperti biasa. Perbedaan cara bernyanyi dengan suara perut adalah nantinya anda akan mendapati perut anda menggembung dan mengempis.

Perut yang menggembung ketika mengambil nafas dan perut yang mengempis saat menghembuskan nafas menandakan bahwa anda telah bernafas dengan perut. Sehingga, anda pun bisa mulai bernyanyi dengan menggunakan teknik satu ini. selain itu, anda juga bisa untuk menyebut huruf vokal dengan nada yang panjang.

Lakukan hal ini semampu anda atau sebisa yang anda bisa. Dengan melakukan teknik satu ini akan mengetahui seberapa lama kekuatan pernafasan anda di dalam bernyanyi. Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, anda pun bisa melakukan kedua jenis latihan tersebut secara terus menerus.


3. Mencoba Bernyanyi Dengan Nada Tinggi

Setelah mengetahui cara bernyanyi dengan suara perut, anda juga bisa berlatih dengan nada tinggi. Hal ini dikarenakan nada ini membutuhkan teknik pernafasan yang stabil dan juga tenaga lebih besar. Untuk itu, anda pun bisa mulai mencoba skill satu ini untuk latihan bernyanyi yang anda lakukan di rumah. 

Tips yang perlu anda lakukan untuk bisa menghasilkan nada tinggi dengan merdu adalah dengan kepala yang sedikit menunduk. Anda bisa menahan dagu dekat dengan leher. Hal ini dikarenakan ketika menyanyikan nada yang tinggi, maka otomatis kepala anda akan mendongak. Jika anda berhasil, maka anda pun tak akan kesulitan di dalam bernyanyi nada tinggi.

Beberapa tips tersebut dapat mempermudah anda di dalam bernyanyi. Bagi anda yang ingin mempelajari teknik bernyanyi dengan baik, pastikan anda bisa melakukan pernapasan dengan menggunakan perut. Sehingga, nantinya anda pun akan lebih stabil di dalam menyanyikan lagu, bahkan lagu dengan nada tinggi sekalipun.


Add Comment