Yuk Kenalan Dengan 4 Band Indie Yang Populer Di Indonesia
Customer Care -

Yuk Kenalan Dengan 4 Band Indie Yang Populer Di Indonesia

Yuk Kenalan Dengan 4 Band Indie Yang Populer Di Indonesia
11 January
2021

Musik di Indonesia saat ini banyak mengalami kemajuan. Hal tersebut lantaran banyaknya jenis musik baru dan munculnya band band atau musisi indie yang bertebaran di Indonesia. Band indie sendiri merupakan salah satu band yang independen yang berdiri sendiri tanpa adanya label musik rekaman. Untuk anda yang penasaran, berikut daftar band indie Indonesia terpopuler.


Deretan Band Indie yang Populer di Tanah Air


1. Mocca

Untuk urutan yang pertama terdapat Mocca yang telah melalang buana di kancah musik Indonesia sejak tahun 1997. Band satu ini memiliki anggota yakni Arina Ephipania Simangunsong, Achmad “Toma” Pratama, Roko Prayitno dn juga Indra Massad. Mocca mulai menggebrak musik tanah air di tahun 2002 dengan albumnya yang berjudul My Diary.


Banyak single single melejit yang dihasilkan pada album ini. sebut saja seperti Me and My Boyfriend, Secret Admirer yang cukup ngehits pada masa itu. Selanjutnya, di tahun 2003 Mocca pun menandatangani kontrak dengan salah satu indie records di Jepang yakni Excellent Records dan menghasilkan album yakni Pop Renaisance.


Untuk genre musik dari band indie Indonesia satu ini pun swing jazz, 60 an hingga twee pop. Bagi anda yang menggemari musik dengan genre tersebut, maka Mocca dapat menjadi salah satu band favorit yang wajib untuk anda dengarkan. Hingga saat ini, Mocca sendiri telah berhasil merilis beberapa album, diantaranya My Diary, Friends, Colours, Gome dan juga Lima.


2. Efek Rumah Kaca

Siapa sih dari anda yang tidak mengenal ERK atau Efek Rumah Kaca? Band satu ini cukup dikenal lantaran liriknya yang cukup satir akan kebijakan politik dan juga kehidupan sosial di tanah air. Beranggotakan Cholil Mahmud, Akbar Bagus Sudibyo, Airil “Poppie” Nir Abadiansyah dan juga Adrian Yunan Faisal.


Band Indie Indonesia satu ini memiliki genre musik yakni pop dan juga rock alternative. Di awal kemunculan, band ini sebenarnya memiliki nama Hush dan berganti menjadi Superego. Akan tetapi, nama Efek Rumah Kaca mulai dipakai ketika mengeluarkan album pertamanya yakni di tahun 2007 hingga saat ini dikenal oleh publik.


3. Fourtwnty

Fourtwnty termasuk salah satu band yang cukup baru. Namanya mulai dikenal ketika mengisi salah satu soundtrack film Indonesia yang terkenal yakni Filosofi Kopi 2 dengan singlenya yang berjudul Zona Nyaman. Lambat laun, band satu ini pun banyak diminati khususnya anak muda.


Beranggotakan Ari Lesmana, Roots dan Nuwi, band ini telah mengeluarkan album dengan bergenre pop folk sebanyak 4 kali sejak tahun 2010. Album tersebut antara lain adalah seperti Setengah Dulu, Lelaku, Jangan Minta Nambah dan yang paling terbaru dirilis yakni di tahun 2018 adalah Fungsi Otak. 


4. Rocket Rockers

Rocket Rockers juga menjadi salah satu band Indie Indonesia yang namanya cukup banyak dikenal oleh penikmat musik hingga sekarang. Dibentuk pada tanggal 17 Agustus 1999 di kota Bandung, band ini awalnya terdiri dari 5 personil. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu hanya menyisakan tiga personil yakni Aska, Bisma dan juga Ozom.


Meskipun kerap kali gonta ganti personil, akan tetapi band satu ini tetap eksis di musik tanah air. Hal tersebut ditandai dengan dirayakannya momen anniversary 21 tahun di bulan Agustus 2020 lalu. Meskipun sempat mencicipi label rekaman, namun pada tahun 2007, band ini memutuskan untuk membentuk manajemen sendiri yakni Reach & Rich Records.


Itulah beberapa deretan band indie di tanah air yang namanya masih eksis hingga sekarang. Meskipun tanpa menggunakan label rekaman, hal tersebut menunjukkan bahwa sebuah band juga bisa berdiri. Bahkan hingga berpuluh puluh tahun lamanya seperti Mocca dan Rocket Rockers yang memiliki tempat tersendiri di hati penikmat musik Indonesia.


Add Comment