5 Cara Mixing Lagu Yang Wajib Anda Tahu, Simak Disini!
Customer Care -

5 Cara Mixing Lagu Yang Wajib Anda Tahu, Simak Disini!

5 Cara Mixing Lagu Yang Wajib Anda Tahu, Simak Disini!
11 January
2021

Di dalam bermusik dan membuat lagu sendiri, tentu saja mixing lagu memiliki peranan yang sangat penting. Hal tersebut bertujuan untuk menggabungkan beberapa suara menjadi satu bunyi yang harmonis. Tentu saja, proses ini cukup rumit dan susah. Namun, bagi anda yang ingin belajar, berikut cara mixing lagu yang perlu anda perhatikan.


Langkah Langkah Untuk Mixing Lagu Dengan Mudah



1. Membuka File Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika ingin memulai mixing lagu adalah membuka semua file terlebih dahulu yang ingin untuk anda mix. Anda bisa membuka track atau project yang sebelumnya telah anda rekam. Disini, anda bisa membukanya pada sebuah software Daw atau software lain yang multi track recording.

Setelah anda berhasil untuk membukanya, maka anda bisa untuk mencoba memainkan dan klik Play. Hal tersebut bertujuan untuk melihat meter pada master track maupun master fadernya. Namun bagi anda yang menggunakan software steinberg nuendo dan juga steinberg cubase, maka anda bisa menekan tombol shortcut F3 atau bagian kanan pada mixer tersebut.

Sehingga ketika anda telah melihat tidak ada clip atau peak yang biasanya ditandai dengan warna merah ataupun meternya yang melebihi 0db. Setelah dirasa tidak ada, maka anda pun bisa menurunkan masing masing track, mulai dari gitar, bass dan juga vokal dan juga lain sebagainya.


2. Melakukan Proses Balancing

Cara mixing lagu selanjutnya, anda bisa memasuki tahapan balancing. Setelah dirasa pada track tersebut telah aman dan tidak terdapat peak ataupun clip, mak anda bisa melakukan balance. Tahapan ini dilakukan dengan cara menaikkan ataupun menurunkan volume pada masing masing track.

Dengan begitu, pada proses ini nantinya anda pun tidak perlu untuk membalance kan secara lebih detail. Hal yang perlu untuk anda perhatikan adalah apakah suara tersebut telah pas dan enak didengarkan, maka anda pun tak perlu untuk memixingnya. Sehingga, kepekaan suara yang dihasilkan juga menjadi faktor penting yang harus anda miliki.


3. Dengarkan Lagu Dengan Baik dan Mengelompokkannya

Hal selanjutnya yang bisa anda lakukan sebagai tahapan dan cara mixing lagu adalah mendengarkan lagu secara beberapa kali. Hal tersebut memiliki tujuan agar anda bisa mengenal materi yang ingin anda mixing. Setelah itu, anda pun bisa mengelompokkannya. Sehingga tidak akan membuat anda bingung dalam mixing lagu.


4. Lakukan Panning

Ketika anda telah mengelompokkan jenis jenis suara tersebut, maka anda bisa melakukan panning. Dengan begitu, akan membuat track instrument yang sedang di mixing akan tercipta stereo imager. Selain itu, ketika anda melakukan proses satu ini, maka anda perlu memperhatikan bahwa tidak ada instrumen atau suara yang terlalu timpang.


5. Mute Semua Channel Kecuali Drum

Setelah anda melakukan panning, maka hal yang dapat anda lakukan sebagai cara mixing lagu selanjutnya adalah memute semua channel kecuali drum. Disini, anda bisa menyiapkan plugin compressor dan mengkompres semua track pada drum yang memiliki dinamika luas. Pasalnya, biasanya drum seringkali memiliki suara yang besar dan juga kecil.

Kemudian, barulah anda bisa membuka satu persatu track yang lain seperti track vokal dan track bass. Stabilkan track tersebut dengan menggunakan efek compressor maupun plugins. Namun perlu diingat, dalam melakukan proses mixing ini anda jangan sampai mengkompres terlalu berlebihan.

Itulah beberapa cara awal yang bisa anda lakukan untuk mixing lagu. Anda pun bisa menambahkan proses lainnya hingga menghasilkan lagu yang sempurna. Ketika mixing telah selesai, anda pun bisa melanjutkan ke proses mastering pada lagu. Sehingga, nantinya akan menghasilkan kualitas suara yang lebih jernih.


Add Comment